Perhatikan 5 hal ini saat New Normal agar bisnis tetap lancar

Perhatikan 5 hal ini saat New Normal agar bisnis tetap lancar – Kita masih berada di masa Pandemi saat ini. COVID19 telah merubah banyak hal yang berkaitan dengan kegiatan kita sehari-hari. Banyak kegiatan bisnis yang terhambat dikarenakan oleh pandemi ini.

Masih belum diketahui secara pasti kapan pandemi ini akan berakhir. Beberapa daerah di Indonesia telah menetapkan keadaan New Normal. Apa itu New Normal? menurut Pemerintah Indonesia New Normal adalah tatanan baru untuk beradaptasi dengan COVID-19.

Konsepnya adalah mencoba untuk beradaptasi serta kembali beraktivitas, namun dengan menerapkan protokol ketat agar tetap selamat.

Maka dengan kondisi ini, seoran pebisnis perlu untuk mempertimbangkan banyak hal yang berkaitan dengan new normal. Lalu apa sajakah hal yang perlu dilakukan saat ini? Berikut kami jelaskan

Baca Juga : 5 Poin Penting hadapi New Normal dan Next Normal untuk bisnis

Evaluasi kembali perkembangan bisnis

Kondisi New Normal ini merupakan transisi. Anda harus bisa beradaptasi agar bisnis anda bisa bertahan. Maka saat ini lah yang paling tepat untuk melihat kembali dan mengevaluasi yang berkaitan dengan bisnis anda.

Tinjau kembali hal sepert bagaimana pertumbuhan bisnis anda disaat seperti ini, hambatan apa yang harus anda hadapi saat ini dan kedepannya. Lalu yang terpenting adalah potensi apa yang bisa dimanfaatkan kedepan dari bisnis anda. Cari tahu hal apa yang ingin anda lakukan untuk bisa bertahan dan kembali stabil.

Terapkan Protokol Kesehatan saat new normal

Banyak bisnis offline yang harus tutup karena COVID-19. Saat new normal, beberapa sektor usaha diizinkan untuk kembali beroperasi, misalnya toko dan tempat makan. Tentunya, pemilik usaha perlu menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Bersihkan lokasi dengan sterilisasi menggunakan cairan desinfektan, terutama untuk permukaan-permukaan yang sering terkena sentuhan. Hendaknya, jumlah orang di dalam lokasi dibatasi agar tidak terjadi kerumunan dan meningkatkan risiko kontaminasi COVID-19.

Lakukanlah cek suhu setiap ada orang yang memasuki lokasi, baik karyawan maupun pelanggan. Selain itu, sediakan hand sanitizer atau sabun cuci tangan di beberapa titik.

Pastikan bahwa karyawan melakukan perilaku bersih sehat, yakni dengan rajin mencuci tangan dan menggunakan masker. Selain itu, berilah imbauan kepada karyawan untuk membawa alat makan serta alat ibadah pribadi, agar nyaman beraktivitas di kantor.

Pelanggan juga perlu dijaga dengan baik. Pastikan bahwa pelanggan juga memakai masker dan menjaga jarak selama berada di lokasi toko atau kedai.

Mengatur kembali anggaran dan siapkan dana darurat

Aktivitas transisi new normal tentunya berbeda dengan bagaimana kita menjalankan aktivitas sebelumnya. Anggaran yang dikeluarkan pun akan jadi berbeda, menyesuaikan dengan kondisi sekarang.

Baca Juga : 4 pengeluaran bisnis yang wajib ada saat perencanaan keuangan

Kegiatan bisnis yang terhambat membuat kita perlu pintar-pintar dalam mengatur keuangan dan menjaga cash flow. Kita juga perlu menyadari bahwa akan ada kebutuhan logistik baru, misalnya menyediakan hand sanitizer, masker, sabun, dan perlengkapan lainnya yang dibutuhkan.

Oleh karenanya, gunakanlah dana dengan bijak serta bersiaplah dengan segala kemungkinan yang ada. Hendaknya, Anda memiliki dana darurat untuk bersiaga.

Pemulihan bisnis mungkin butuh waktu. Tata kembali ekspektasi yang Anda miliki, hingga semua ini akhirnya terlewati.

Andalkan berjualan dan promosi secara online

Pandemi ini mengajarkan kita bahwa mau tak mau, kita harus siap go online. Hal tersebut yang membuat banyak bisnis bertahan. Walaupun transisi new normal memberikan kesempatan untuk kembali menjalankan aktivitas bisnis offline, hendaknya tetap maksimalkan layanan bisnis secara online.

Layanan online bisa jadi lebih ideal. Sebagian orang masih merasa belum nyaman untuk kembali beraktivitas, apalagi kasus COVID-19 di beberapa wilayah Indonesia belum menunjukkan penurunan yang signifikan.

Selalu pantau kebijkan Pemerintah

Bagaimana kita menjalankan bisnis sangat bergantung kepada kebijakan yang ditetapkan. Siapkan juga gambaran strategi untuk skenario kebijakan yang mungkin terjadi, agar kita dapat sigap menyesuaikan. Pastikan bahwa bisnis berjalan sesuai dengan kebijakan, untuk menjamin keselamatan bersama.

Pandemi ini bukanlah situasi yang mudah. Kita perlu berkontribusi sesuai dengan kemampuan masing-masing, agar dapat melewatinya bersama-sama. Semoga situasi segera membaik.

Jangan lewatkan berbagai tips bisnis yang tak kalah menarik di Kasir Pintar. Selamat berbisnis, sehat selalu, dan salam sukses!

www.kasirpintar.co.id
Instagram : @kasirpintar
Facebook : Kasir Pintar