Raih Kesuksesan Bisnis dengan POS Integrated Payments

Dalam menjalankan bisnis contohnya bisnis retail, salah satu prioritas utama yang harus diperhatikan adalah pemilihan layanan pembayaran terutama Integrated Payments.

Dengan menggunakan POS tentunya akan meningkatkan efisiensi bisnis, meningkatkan akurasi akuntansi dan bahkan menurunkan costs. Maka dari itu, keuntungan tersebut tentu akan memberikan kepuasan untuk pelanggan serta meningkatkan profit perusahaan.

Gimana sih cara mendapatkan keuntungan-keuntungan tersebut? Gampang banget! Kuncinya adalah Integrated Payment atau Pembayaran Terintegrasi.

Baca Juga : 5 Alasan Cerdas Menggunakan Software POS berbasis Cloud

Apa itu Integrated Payment?

Integrated Payment atau Pembayaran Terintegrasi adalah penyatuan sistem dan platform yang memfasilitasi pembayaran dalam bisnis. Pada bisnis retail, Integrated Payment berarti menghubungkan sistem POS (Point of Sales) dengan Payment Prosesor sehingga data dapat terintegrasi dengan baik dari satu platform ke platform lain.

Seperti contoh Kasir Pintar yang sudah terintegrasi dan terhubung dengan pembayaran melalui ovo, tentu hal ini sangat memudahkan para merchant dalam menjalankan transaksi

Apakah Integrated Payments itu?

Integrated Payments adalah tentang menyelaraskan sistem dan platform yang memfasilitasi sisi pembayaran bisnis. Untuk pengecer, ini biasanya berarti menghubungkan sistem titik penjualan (POS) dengan pemroses pembayaran Anda, sehingga data mengalir dengan lancar dari satu platform ke platform lainnya.

Pengaturan ini dapat mengurangi kerja manual berupa memasukkan informasi pelanggan dan kartu kredit secara manual di kasir. Karena POS terintegrasi dengan pemroses pembayaran, semua informasi yang diperlukan siap ketika Anda membutuhkannya

Kenapa harus menggunakan Integrated Payment?

1. Meningkatkan efisiensi bisnis

Dalam bisnis retail, biasanya pelanggan diharuskan untuk menunggu 5-10 menit untuk dilayani sebelum meninggalkan toko.

Semakin lama waktu tunggu yang harus dialami oleh pelanggan, semakin menurun pula kepuasan pelanggan akan pelayanan di toko tersebut.

Dengan POS Integrated Payment, anda dapat mengurangi waktu pembayaran sehingga pelanggan tidak akan menunggu lama dan tentunya akan meningkatkan efisiensi bisnis anda. 

Baca Juga : 5 Strategi Upselling Restoran dengan Aplikasi POS

2. Integrated Payments Menurunkan kemungkinan human error

Sistem yang dilakukan manual terutama dengan bantuan manusia akan lebih rentan mengalami human error. Kesalahan tersebut mungkin sepele seperti salah meletakkan koma desimal.

Namun tentu membawa dampak besar terhadap jalannya proses bisnis. Meskipun kesalahan ini jarang terjadi namun sebagai pebisnis kita harus tetap meminimalisir terjadinya human error.

Dengan POS yang terhubung dengan pembayaran, anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan terjadinya human error. Selain dapat mengurangi pekerjaan manual, pembayaran yang terintegrasi juga dapat menghilangkan kebutuhan akan rekonsiliasi akhir secara manual sehingga kesalahan akan berkurang.

3. Dapatkan laporan yang lebih detail dan akurat

Memiliki pembayaran yang terintegrasi dapat memberikan data dan wawasan tentang bisnis Anda. Anda dapat melihat semua data penjualan dan pembayaran di satu tempat, dibandingkan harus memeriksa laporan di berbagai platform.

Laporan pembayaran POS dapat membantu melacak arus kas, pembayaran kartu kredit, dan inefisiensi yang mempengaruhi keuntungan anda.

Dengan menggunakan informasi dari laporan pembayaran, anda dapat membantu mencegah pencurian dan kesalahan karyawan, menentukan metode pembayaran yang disukai oleh pelanggan, dan mencari tahu berapa banyak penjualan yang didiskon atau dijual dengan harga penuh.

4. Menurunkan cost

Mengintegrasikan POS dengan berbagai platform dan metode pembayaran tentu dapat menghasilkan penghematan besar-besaran baik dalam segi waktu maupun uang.

Selain itu biasanya payment processor menawarkan tarif khusus untuk pedagang yang menjadi mitranya sehingga anda berpotensi untuk mendapatkan tarif yang lebih baik dengan mengintegrasikan POS dengan pembayarannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *