Kasir wajib lakukan 7 Hal ini Agar Bisnis Lancar

Pekerjaan menjadi kasir tidak hanya sekedar melayani pembayaran aja loh, berbagai tugas lainya di toko juga biasa dilakukan oleh kasir.

Untuk Pengusaha yang masih single fighter atau kata lain masih belum mempunyai karyawan, terkadang selain sebagai owner juga merangkap tugas menjadi kasir.

Menjalankan tugas Kasir harus dilakukan secara baik dan benar karena dari situlah tempat masuk dan keluar cash yang ada di usaha Kamu . 

Sebelum bahas tipsnya, mari kita bahas terlebih dahulu apa sih sebenarnya kasir itu?

Apa itu kasir?

Kasir adalah individu yang bertanggung jawab untuk melayani pembayaran yang dilakukan pelanggan dan memasukkan uang kedalam mesin kasir.

Pekerjaan ini biasanya dapat kamu jumpai di toko swalayan, minimarket, restoran, dan berbagai usaha lainnya.

Selain itu, kasir juga memfasilitasi transaksi yang dilakukan oleh pelanggan dengan bentuk pembayaran berupa uang tunai dan non-tunai.

Role menjadi kasir tak semudah seperti yang kita bayangkan, karena profesi ini sangat penting dalam suatu usaha menyangkut pertemuan langsung dengan pelanggan.

setiap pelanggan yang membeli produk di toko harus melalui kasir untuk melakukan pembayaran

Pelayanan yang diberikan oleh kasir dapat mempengaruhi penilaian dari pelanggan terhadap usaha kita. Lalu apa saja yang harus dilakukan seorang kasir untuk memberikan pengalaman yang baik untuk pelanggan saat belanja? Berikut ulasanya.

1. Kasir Melayani proses transaksi penjualan

Hal ini merupakan tugas utama dari seorang kasir. Melayani pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan mulai dari tunai, debit, atau kredit.

Dalam proses transaksi, kamu harus memiliki ketelitian yang baik. Kesalahan dalam memberikan uang kembalian dapat mempengaruhi laporan pada penjualan nantinya. 

Baca Juga : Solusi Contactless Dining untuk Restoran saat Pandemi

2. Memberikan informasi tentang kebutuhan pelanggan

Selain melayani pembayaran, kasir juga harus mengetahui hal lainya seperti posisi tempat barang, menu dalam restoran dan informasi promo atau diskon.

Hal ini bertujuan agar ketika ada pelanggan yang menanyakan informasi produk, Kasir dengan mudah memberitahukannya.

Informasi seperti di atas sangat dibutuhkan pelanggan saat ingin belanja, pastikan kasir bisa menjelaskan dengan tepat sehingga pelanggan puas dengan informasi yang disampaikan.

Ingat kepuasan pelanggan menjadi prioritas, tak hanya kualitas produk tapi pelayanan saat memesan juga sangat urgent diperhatikan.

Selain itu, kamu harus mengetahui sistem pembayaran dalam rangka diskon yang dilakukan oleh management. Apakah ada syarat tertentu atau tidak. Sehingga ketika ada pelanggan yang menanyakan hal tersebut, kamu dapat menjelaskannya dengan mudah.

3. Melayani packaging barang pelanggan

Walaupun terlihat mudah, kasir tidak bisa sembarangan dalam membungkus barang belanjaan dari pelanggan. Sehingga kasir harus memiliki pengetahuan produk yang baik.

Karena tidak semua barang bisa berada dalam satu bungkus yang sama. Misalnya, peralatan pembersih tidak bisa berada dalam bungkus yang sama dengan produk makanan.

4. Memeriksa dan mencatat data penjualan

Nantinya kasir juga akan mencatat setiap barang yang telah terjual. Dengan mencatat data penjualan, kamu akan mengetahui barang mana yang paling banyak terjual dan paling menguntungkan. Sehingga bagian management bisa merencanakan untuk menambah stok barang tersebut.

Namun tak perlu khawatir lagi, pekerjaan kasir akan dimudahkan dengan aplikasi pos seperti Kasir Pintar free dan Kasir Pintar Pro. dengan aplikasi pos dapat mencatat transaksi penjualan secara cepat dan mudah.

Baca Juga : Tingkatkan Penjualan dengan Fitur Promosi di Kasir Pintar Pro

5. Memeriksa daftar harga produk

Sebagai kasir, kamu nantinya juga akan bertugas untuk memeriksa daftar harga pada masing-masing produk dan menu. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadi kesalahan penjualan barang yang tidak sesuai harga.

Misalnya, shampo A yang seharusnya memiliki harga 20.000 malah menjadi 10.000. Jika dijumlahkan dengan total penjualan, ini bisa menjadi hal yang merugikan.

6. Memeriksa stok barang

Selain memeriksa data penjualan, nantinya kamu juga harus memeriksa ketersedian stok barang yang akan dijual. Jika stok barang sudah menipis, kamu nantinya perlu untuk melakukan request kembali agar barang tersebut tidak kehabisan.

7. Membuat laporan penjualan

Selanjutnya merupakan tugas yang tidak boleh kamu lupakan sebagai kasir, yaitu membuat laporan penjualan. Laporan ini biasanya berisi total transaksi penjualan yang dicatat berdasarkan waktu seperti per hari, per minggu, per bulan, dan per tahun. 

Pada penerapannya hal ini lebih seperti pembukuan, namun untuk saat ini, kasir lebih banyak menggunakan software digital untuk membantu aktivitas kasir dan mencatat laporan penjualan.

Kabar Baik untuk Para pengusaha!!

Selanjutnya merupakan tugas yang tidak boleh kamu lupakan sebagai kasir, yaitu membuat laporan penjualan. Laporan ini bi

dari 7 tugas penting kasir yang sudah kita jelaskan tadi, Kasir Pintar Pro dapat membantu semuanya sekaligus. Pelajari fitur lengkap dari Kasir Pintar untuk penuhi kebutuhan kasir Kamu.

  • Catat Transaksi Penjualan otomatis
  • Cetak struk dan Kirim struk secara online mudah
  • Tampilan mudah dipelajari bahkan untuk kasir baru
  • Laporan stok barang real time
  • Cocokan stok dengan stok opname
  • Laporan usaha Lengkap di Aplikasi dan Backoffice

Coba Gratis selama 30 Hari untuk mengetahui kinerja Kasir Pintar Pro selengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *