Hal-Hal Yang Harus Kamu Tahu Sebelum Memulai Berwirausaha!

Memiliki usaha sendiri merupakan impian bagi sebagian orang. Banyak orang yang ingin memulai berwirausaha karena menginginkan keuntungan yang besar dan dapat bekerja secara lebih fleksibel.

Tapi tahukah kamu bahwa menjadi wirausahawan bukan merupakan hal yang mudah. Ada banyak hal yang harus kamu ketahui sebelum memulai usaha.

Pada artikel kali ini kami sudah merangkum hal-hal penting yang wajib kamu ketahui sebelum memulai berwirausaha!

Apa Itu Kewirausahaan?

Kewirausahaan merupakan suatu proses mendirikan usaha atau bisnis dengan menciptakan sesuatu yang memiliki nilai tambah ekonomi. Sedangkan orang yang mendirikan kewirausahaan disebut wirausaha atau wirausahawan.

Wirausaha adalah orang yang membangun suatu usaha dan menciptakan produk atau jasa yang kreatif, inovatif, serta memiliki nilai jual dan mampu menarik perhatian orang.

Secara umum, wirausaha adalah suatu kegiatan bisnis mandiri dalam mengelola produk, menentukan konsep dan proses produksi, hingga menyusun strategi pemasaran.

Dari beberapa definisi diatas, dapat kamu ketahui bahwa wirausaha adalah orang yang melakukan suatu bisnis atau usaha. Kegiatan usaha inilah yang nantinya akan berkembang menjadi kewirausahaan.

Tujuan Kewirausahaan

Dari kamu pasti masih ada yang bertanya-tanya, kenapa sih kita harus berwirausaha? Kewirausahaan memiliki beberapa tujuan, seperti:

1. Meraih Keuntungan

Keuntungan atau laba pasti menjadi tujuan utama setiap orang ketika memulai sebuah bisnis. Keuntungan yang didapat dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis maupun memenuhi kebutuhan dan keinginan lainnya.

2. Membuka Lapangan Kerja Baru

Selain mendapatkan keuntungan untuk diri sendiri, dengan berwirausaha kita dapat membantu orang lain yang kesulitan memperoleh pekerjaan. 

Ketika kita membentuk suatu usaha, secara tidak langsung akan melibatkan banyak orang untuk mendukung keberlangsungan usaha tersebut. Hal ini dapat membuka lapangan kerja baru dan meningkatkan kesejahteraan orang lain.

3. Menumbuhkan Semangat Berinovasi

Ketika seseorang membuka suatu usaha, pasti mengalami berkali-kali kegagalan sebelum mendapatkan kesuksesan. Dari kegagalan itu, kita selalu mencoba untuk terus berinovasi dan memperbaiki kesalahan sebelumnya. 

Hal inilah yang menumbuhkan sikap positif dan membentuk pribadi seseorang untuk terus berkembang.

Karakter Yang Perlu Dimiliki Wirausahawan

Berani

Memulai suatu usaha pasti akan dihadapkan kepada berbagai macam tantangan dan risiko, dan tidak semua orang mampu menghadapinya.

Wirausahawan dituntut untuk mampu berani mengambil resiko dan tanggung jawab atas apapun yang terjadi di dalam bisnisnya, termasuk kegagalan dan kerugian. Wirausahawan harus tetap berjalan dan mencari solusi dari kegagalannya.

Disiplin

Memiliki usaha sendiri bukan berarti kita bisa bermalas-malasan dan melakukan semuanya tanpa pertimbangan.

Wirausahawan justru harus bisa menggunakan waktunya dengan lebih baik.

Wirausahawan harus tau prioritas yang harus dikerjakan. Kapan waktunya bekerja, dan kapan waktunya beristirahat.

Percaya Diri

Seorang wirausahawan dituntut untuk selalu berpikir positif dan percaya diri. Wirausahawan harus yakin bahwa usaha yang dimilikinya bisa sukses.

 Mindset inilah yang akan mempengaruhi kinerja serta lebih memotivasi wirausahawan untuk bekerja keras.

Memiliki Kreativitas Yang Tinggi

Persaingan bisnis yang semakin tinggi dari hari ke hari menuntut wirausahawan untuk mampu menghasilkan sesuatu yang unik dan berbeda. Oleh karena itu kreativitas sangat dibutuhkan ketika memulai berwirausaha. 

Tidak Pantang Menyerah

Dengan banyaknya tantangan dan resiko ketika menjalankan bisnis, membuat sebagian orang enggan untuk menjadi wirausahawan. Maka dari itu dibutuhkan tekad yang tidak pantang menyerah untuk bisa meraih kesuksesan dalam bisnis.

Contoh Wirausaha

Ada banyak contoh usaha yang dapat dijadikan referensi untuk memulai berwirausaha, antara lain:

  • Catering
  • Percetakan
  • Laundry
  • Toko Kelontong
  • Penjual Pulsa
  • Jasa Cuci Motor atau Mobil
  • Jasa Desain Grafis
  • Jual Pakaian Bekas
  • Bisnis Dropshipper atau Reseller
  • Florist

Baca Juga : 7 Contoh Bisnis Untuk Pelajar Modal 10k yang Menjanjikan

Penyebab Keberhasilan Wirausaha

1. Memiliki Modal yang Cukup

Modal tentunya menjadi faktor yang penting dalam suatu bisnis. Mempunyai akses modal yang cukup akan membantu proses bisnis menjadi lebih lancar mempercepat proses produksi.

Modal dapat diperoleh dari berbagai sumber, seperti tabungan, investasi, maupun pinjaman dari lembaga keuangan.

2. Memahami Target Pasar

Target pasar adalah salah satu hal yang harus diperhatikan saat akan memulai sebuah usaha. Kita harus mampu menganalisis dan menentukan target pasar yang paling menguntungkan bagi produk kita.

Semua usaha yang dilakukan akan sia-sia apabila target pasar yang ditentukan salah.

3. Memiliki Networking yang Luas

Dengan memiliki networking yang luas, maka dapat membantu bisnis untuk menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Networking ini juga dapat memberikan banyak kemudahan dalam aktivitas bisnis.

Networking ini bisa dalam bentuk relasi keluarga, pertemanan, dan juga bisnis. 

4. Memiliki Inovasi dan Kreativitas

Inovasi dan kreativitas menjadi kunci penting sebelum memulai usaha. Agar produk mampu bersaing dan menarik perhatian masyarakat, maka harus memiliki keunikan tersendiri yang berbeda dari para kompetitor.

5. Mampu Membaca Peluang

Wirausahawan harus cerdik dalam membaca setiap peluang dan kesempatan yang ada. Jika kamu melewatkan peluang bisnis yang ada, maka bisa saja peluang itu akan diambil oleh kompetitor dan bisnis kamu akan tertinggal.

6. Konsisten

Konsistensi menjadi hal yang sangat menentukan bagi wirausahawan. Kebanyakan wirausahawan selalu memikirkan keuntungan tanpa mempersiapkan diri untuk mengalami kerugian.

Sehingga, ketika terjadi kerugian maka wirausahawan tidak melanjutkan bisnis tersebut. Padahal bisa saja bisnis tersebut akan memiliki keuntungan yang besar jika dilakukan secara konsisten.

Penyebab Kegagalan Wirausaha

1. Perencanaan Kurang Matang

Mendirikan sebuah usaha atau bisnis tidak dapat dilakukan dengan tergesa-gesa. Banyak hal yang perlu dipersiapkan dengan matang.

Bisnis yang dilakukan dengan tergesa-gesa tanpa perencanaan yang matang rawan akan mengalami banyak permasalahan kedepannya.

2. Tidak Memahami Kondisi Keuangan

Keuangan merupakan hal yang sangat krusial dalam segala hal, terutama bisnis. Oleh karena itu pengelolaan keuangan menjadi hal yang sangat penting bagi keberhasilan bisnis.

Kondisi keuangan yang sehat akan membuat pengoperasian bisnis bisa berjalan lebih lancar.

3. Kesalahan Pengelolaan Manajerial

Kesalahan dalam pengelolaan manajerial seringkali menjadi hambatan dalam sebuah bisnis. Pengelolaan manajerial terbagi menjadi beberapa jenis, seperti pengelolaan manajerial karyawan, stok produk, hingga produksi.

Maka dari itu, pengelolaan manajerial ini harus sangat diperhatikan untuk menjaga keberlangsungan bisnis.

4. Mudah Menyerah

Ketika memulai sebuah bisnis berarti juga harus bersiap dengan segala konsekuensi yang akan terjadi. Bisnis tidak selalu mengalami keuntungan, tapi juga tidak selalu mengalami kerugian.

Tanamkan di benak kamu bahwa kegagalan adalah hal wajar, dan setiap orang sukses pasti pernah mengalami kegagalan.

Baca Juga : Bagaimana cara membuat rencana bisnis yang benar?

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kewirausahaan merupakan suatu aktivitas bisnis yang dijalankan oleh wirausahawan. 

Banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum memulai usaha, seperti pemahaman akan keuangan, manajemen karyawan, stok produk, dan lain sebagainya.

Salah satu solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan memanfaatkan Aplikasi Kasir Pintar Pro. Aplikasi Kasir Pintar Pro menawarkan berbagai kemudahan dalam pengelolaan bisnis kamu. Mulai dari fitur laporan keuangan, laporan penjualan, manajemen staf, dan berbagai fitur  menarik lainnya.

Yuk langsung download dan coba gratis selama 30 hari!