Insight Bisnis / Seputar Bisnis / 10 Cara Cerdas Untuk Menghilangkan Kelebihan Stok

10 Cara Cerdas Untuk Menghilangkan Kelebihan Stok

22 November 2022 | marketing

Kasir Pintar

Hallo sobat kaspin, kali ini kita akan mengulas bagaimana cara mengatasi apabila di tokomu terjadi kelebihan stok barang. Kamu jangan menyepelekan stok barang yang berlebih, karena stok barang yang berlebih akan menimbulkan suatu kondisi yang tidak baik.

Terjadinya stok barang yang berlebih, bisa disebabkan oleh hal-hal berikut ini :

  • Kurangnya informasi antara gudang dan tenaga penjual
  • Jumlah stok jauh diatas forecasting / perencanaan penjualan
  • Tidak adanya indikator waktu perputaran di gudang

Namun, apa yang terjadi jika kamu mengalami kelebihan stok barang?

  • Biaya gudang meningkat
  • Biaya penyimpanan meningkat
  • Biaya resiko menjadi usang dan rusak

Apapun masalahnya, jangan khawatir karena Kasir Pintar telah merangkum 11 cara cerdas untuk menghilangkan kelebihan stok barang di tokomu, pastikan kamu baca dan pahami sampai akhir ya.

1. Lakukan Pemasaran Ulang

Ketika suatu barang tidak laku, bukan berarti masalahnya terletak pada produk itu sendiri. Melainkan bisa jadi masalahnya terletak pada cara kamu memasarkan atau memposisikan barang tersebut.

Cobalah untuk melakukan pemasaran ulang atau refresh cara marketingmu, kamu bisa melakukan pemosisian ulang barang tersebut, dengan cara :

  • Letakkan barang tersebut dengan sudut yang berbeda
  • Lakukan pengubahan area pengaturan rak tempat menyimpan barang tersebut
  • Segarkan tampilan barangmu
  • Buat papan nama baru yang berwarna cerah dan menarik
  • Cobalah untuk mengganti label harga yang sudah usang
  • Jika kamu memasarkannya secara online cobalah untuk memotret ulang item produkmu, serta jelaskan cara penggunaan serta keunggulan dari produk tersebut

Walaupun melakukan pemasaran ulang suatu produk tentu dapat membuahkan hasil, kamu juga perlu untuk mengeluarkan dana. Kamu sebagai retailer harus pintar-pintar untuk menerapkan taktik seperti itu. 

Tetapi jika kamu memiliki barang yang bisa kamu olah sendiri dan menerapkan cara-cara yang gratis seperti beberapa hal diatas, maka itu bisa menjadi sebuah strategi yang baik.

2. Menggandakan Barang Berkali-Kali Lipat

Tips praktis ini perlu dilakukan apabila kamu berurusan dengan barang-barang yang sulit laku karena sudah berganti trend atau gaya. Beberapa tips praktis yang perlu kamu lakukan untuk barang-barang yang mempunyai pergerakan lambat diantaranya adalah :

  • Menggandakan atau mengekspos barang dagangan tersebut tiga kali lipat. Ini berarti kamu perlu menempatkan barang-barang tersebut di banyak sudut tempat tokomu, misalnya : memajang produk di depan toko dan kemudian juga memajang produk yang sama di bagian belakang.
  • Perhatikan analitik ritel dan juga arus lalu lintas di tokomu. Riset ini perlu kamu terapkan untuk mengetahui area mana saja di tokomu yang sering dikunjungi oleh pembeli. Gunakan informasi yang akurat untuk memutuskan dimana kamu akan meletakkan barang-barang tersebut.
  • Mengidentifikasi peluang cross-merchandising. Jika produk atau barang tersebut bergerak lambat (sulit dijual), mungkin kamu dapat meletakkan display produk tersebut untuk ditampilkan dengan produk yang cocok sebagai pelengkap.

3. Berikan Diskon Untuk Barang - Barang Tersebut

Jika pemasaran ulang atau re-merchandising tidak berhasil, pertimbangkan untuk menurunkan harganya dengan memberikan diskon. “Mulailah dengan sesuatu yang kecil, katakanlah 30% dan kemudian lanjutkan dengan diskon.”

Kamu dapat meningkatkan taktik ini dengan membuat acara penjualan seperti menjalankan flash sale untuk menanamkan rasa urgensi pada pelanggan kamu.

Atau mungkin jika kamu memiliki banyak barang dagangan yang perlu disingkirkan, pertimbangkan untuk mengadakan acara di toko yang bertujuan untuk menarik banyak orang datang ke tokomu.

Semakin besar acara, semakin baik, karena merasakan atau melihat kerumunan, menyiratkan kesepakatan besar, dan menanamkan mentalitas. Pastikan untuk mengatur waktu dan menerapkan acara penjualan kamu dengan bijak.

Selain itu, pastikan untuk mengumpulkan informasi pelanggan baru serta tambahkan mereka ke program loyalitas atau daftar email marketingmu untuk dapat menjangkau dan memberi tahu mereka ketika kamu memiliki barang baru.

Terakhir, ingatlah meskipun mendiskon barang dagangan adalah cara yang terbukti untuk menarik pelanggan, itu mungkin tidak selalu menjadi strategi yang tepat. Cobalah berpikir dua kali sebelum menjalankan penjualan secara besar-besaran.

4. Pengelompokan Produk

Bundling adalah teknik standar untuk para pedagang dan ini adalah metode penetapan harga paling populer kedua untuk semua sektor (di samping diskon).

  • Pertimbangkan untuk mengelompokkan produk tertentu dan menjualnya dengan harga yang sedikit lebih rendah daripada jika harus dibeli secara terpisah

Ini akan memungkinkan untuk memindahkan barang dagangan tanpa harus mengambil keuntungan besar dari keuntungan lain. Itu merupakan strategi bundling yang sangat baik karena semua produk yang ditawarkan dalam promosi terkait dapat terikat dengan erat.

Metode Yang Tepat Dalam Melakukan Pengelompokan Produk :

  • Bundel beberapa unit item yang sama – Kelompokkan beberapa unit produk yang sama dan jual sebagai satu paket. Misalnya : jika kamu ingin memindahkan barang dagangan yang datang dalam berbagai warna, gabungkan mereka dan lihat apakah mereka terjual lebih cepat.
  • Bundel produk pelengkap – Apakah kelebihan stok melengkapi barang lain di toko Anda? Anda dapat menambahkan nilai pada kedua produk (dan berpotensi menjualnya lebih cepat) dengan menggabungkan keduanya. Misalnya : apabila tidak terlalu cepat dalam penjualan kaos kaki kamu bisa mengadakan promosi dimana akan mendapatkan sepasang kaos kaki gratis saat membeli sepasang sepatu.”
  • Bundel barang dagangan yang bergerak lambat dengan yang bergerak lebih cepat – Jika suatu barang tidak bergerak (terjual) secepat yang kamu harapkan, kamu dapat memasangkannya dengan produk yang memiliki tingkat penjualan lebih cepat. Nanti hasilnya kita dapat memindahkan produk secara lebih cepat sambil memaksimalkan keuntungan pada saat yang sama.

5. Tawarkan Sebagai Insentif atau Gratis

Taktik ini bekerja paling baik untuk menjual barang-barang murah. Jika suatu produk sulit untuk dijual, gunakan itu sebagai hadiah atau insentif. Misalnya : kamu dapat memberikan sebuah anting apabila ada pelanggan yang membeli produkmu sebanyak 3 item atau lebih.

Tips Menarik :

Saat menerapkan tips ini, pastikan untuk mempromosikan barang gratis yang akan kamu berikan dengan memasang tanda di luar pintu toko. Hal ini dilakukan untuk menarik perhatian pembeli dan mengarahkan lalu lintas pejalan kaki ke toko kamu. Seperti pada contoh store Miniso di bawah ini.

6. Ajak Karyawan Bersenang-Senang

Ingatlah bahwa terkadang, bukan hanya barang dagangan yang perlu ditingkatkan. Mungkin produk tersebut bukan penjual yang buruk, bisa jadi staf kamu tidak menyukai produk tersebut, sehingga mereka tidak menjualnya. 

Awasi perilaku ini, dan ketika tersebut terjadi, bicarakan dengan karyawanmu dan latih kembali mereka, atau temukan cara yang lebih baik untuk meningkatkan moral dan motivasi mereka.

Misalnya, kamu menjual apron cetak yang musiman yang tidak terlalu laku untuk dijual, coba fokus selama seminggu untuk menjual apron tersebut dengan cara mengadakan kontes masak atau kursus masak gratis dan ajak karyawanmu untuk mengenakannya juga.

7. Mengembalikan Atau Menukar Barang

Jika memungkinkan, kembalikan barang dagangan ke vendor dengan imbalan kredit atau barang dagangan baru. Jika kamu memiliki hubungan yang baik dengan mereka, pastikan untuk menjelajah opsi ini. 

Misalnya, kamu diberi barang oleh klien atau vendor kamu namun barang tersebut tidak cocok untukmu atau barang tersebut tidak ingin kamu miliki dan kamu tidak menyukainya. Maka kamu dapat mengembalikan atau menukarkan barang tersebut dengan imbalan pengembalian yang sudah kamu terapkan sebelumnya.

8. Pertimbangkan Untuk Menjalankan Diskon Multi-Beli

Tawaran multi-beli adalah jenis promosi penjualan yang memungkinkan pelanggan membeli produk dengan harga diskon jika mereka membeli dalam jumlah tertentu. 

Penawaran seperti "Beli 3 gratis 1" adalah beberapa contoh umum dari diskon multi-beli.

Jenis promosi ini bisa sangat efektif dalam memindahkan kelebihan stok, terutama jika kamu menjual komoditas (seperti perlengkapan mandi atau perlengkapan rumah) atau barang dagangan yang dibeli dalam bentuk set (seperti pakaian).

9. Jual Di Pasar Online

Kamu dapat mencoba menjual barang-barang tersebut di situs-situs seperti Shopee, Tokopedia, Lazada atau Bukalapak.

Rute ini akan membutuhkan sedikit waktu, karena kamu harus membuat halaman produk dan memotret setiap item, tetapi situs ini bisa menjadi jalan yang bagus untuk membantumu memindahkan kelebihan stok.

Perhatikan bahwa setiap pasar memiliki aturan dan biayanya sendiri, jadi perhatikan baik-baik sebelum mendaftar ya.

10. Pertimbangkan Perusahaan Likuidasi

Perhatikan bahwa perusahaan-perusahaan ini mungkin memilih barang dan akan membeli barang dagangan dengan harga yang jauh lebih rendah.

Jadi kamu mungkin tidak akan melihat keuntungan apa pun dengan metode ini, tetapi setidaknya kamu bisa mengosongkan ruang dan modal untuk bisnis selanjutnya.

Nah jika sekarang kamu sudah paham akan cara menghilangkan kelebihan stok barang yang benar, kini saatnya kamu juga harus memikirkan sistem POS apa yang efektif dan berguna untuk mengelola bisnismu.

Tapi tenang saja, kamu tidak perlu memikirkan terlalu dalam akan hal itu, karena Kasir Pintar hadir untu kamu. Hah? Apa itu Kasir Pintar?

Kasir Pintar adalah aplikasi yang dirancang untuk menggantikan peran mesin kasir yang berbasis Desktop menjadi basis Mobile dengan sistem operasi Android. Aplikasi Kasir Pintar bisa digunakan untuk berbagai hal yang berhubungan dengan transaksi dan pembukuan, yaitu : 

  • Menyimpan data barang sekaligus mengubah data agar tidak perlu mencatat ulang data tersebut dari awal
  • Bisa mengetahui harga barang dan merk barang hanya dengan melihat barcode
  • Bisa membuat laporan pemasukan dan pengeluaran
  • Mencetak struk dengan menggunakan Thermal Receipt Printer
  • Penyimpanan data barang, toko dan laporan pada cloud
  • Melihat grafik jumlah transaksi, keuntungan dan total di website dan android
  • Dengan UI dan UX yang menarik agar lebih cepat transaksi

Nah, tunggu apalagi! Sekarang kamu bisa langsung download aplikasi Kasir Pintar Pro yang dilengkapi dengan berbagi fitur-fitur keren dan menarik untuk kemudahan dalam kelola bisnismu (coba gratis 30 hari).

 

Share Article

Artikel Terkait

Kasir Pintar lazyload
Kasir Pintar

Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar

Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat

Download Sekarang