Insight Bisnis / Sales & Marketing / 4 Jenis Digital Marketing Yang Wajib Diketahui!

4 Jenis Digital Marketing Yang Wajib Diketahui!

7 Februari 2023 | marketing

Kasir Pintar

Bagi kamu pelaku bisnis pasti sudah tidak asing lagi dengan digital marketing. Dimana saat ini, digital marketing menjadi salah satu teknik pemasaran yang mempunyai peluang yang sangat tinggi.

Mengapa begitu? Karena berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Internet Indonesia (APJII) pengguna aktif internet di Indonesia pada kurun waktu 2021-2022 mencapai 210 juta orang dan pasti akan bertambah setiap tahun. 

Semakin berkembang teknologi saat ini, muncul berbagai macam tren bisnis salah satunya digital marketing.

Biasanya digital marketing dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk dari suatu brand.

Karena berdasarkan data pengguna aktif internet dengan menggunakan digital marketing kamu dapat menjangkau lebih banyak konsumen.

Seperti apa sih digital marketing itu? apa saja jenis-jenisnya? untuk mengetahui lebih lanjut dan dapat memahaminya kamu bisa menyimak penjelasan dibawah ini!

Apa Sih Digital Marketing?

Digital marketing merupakan suatu kegiatan pemasaran atau promosi suatu brand atau produk yang memanfaatkan media digital atau internet.

Lalu tujuan digital marketing untuk apa? Nah, tujuan dari digital marketing itu sendiri untuk menarik konsumen maupun calon konsumen lebih banyak dan cepat.

Pastinya digital marketing juga memiliki kelebihan dan kekurangan lho! Kira-kira apa sih kelebihan dan kekurangan digital marketing? Ini penjelasannya!

Baca Juga: Media Pemasaran Online yang Wajib Diketahui Pebisnis!

Kelebihan dan Kekurangan Digital Marketing

Digital marketing memiliki beberapa kelebihan antara lain:

1. Hemat Biaya

Berbeda dengan teknik promosi atau pemasaran secara tradisional. Kamu harus menyiapkan segala perlengkapan seperti mencetak brosur, spanduk, pemasangan iklan di billboard, tv, atau radio.

Dengan begitu akan memerlukan biaya yang sangat besar sehingga menyulitkan para pelaku small bisnis.

Nah, dengan digital marketing kamu tidak perlu khawatir akan mengeluarkan biaya yang besar.

Bahkan kamu bisa melakukan digital marketing dengan gratis lho! Layanan iklan berbayar pun bisa kamu gunakan karena memiliki harga yang jauh lebih terjangkau. 

2. Dapat Menentukan Target Pasar

Kedua, dengan menggunakan digital marketing, kamu bisa menentukan target pasar dari iklan yang akan kamu jalankan.

Gimana caranya? jika menggunakan Google Ads, Facebook dan Instagram kamu bisa mensettingnya.

Pada platform tersebut memberikan rekomendasi audiens yang bisa kamu setting sesuai dengan kebutuhan agar kampanye kamu sesuai dengan target pasar yang kamu tentukan. 

3. Mempunyai Beragam Jenis Konten dan Memiliki Banyak Trik

Kamu bisa menggunakan berbagai macam jenis konten untuk melakukan digital marketing seperti membuat video, artikel, brosur, dan lainnya.

Kamu bisa jauh lebih kreatif untuk merancang strategi marketing bisnis yang kamu jalankan agar dapat menarik perhatian target pasar bisnis kamu.

Melalui konten yang kamu bagikan di social media kamu juga bisa meningkatkan engagement, kamu bisa lebih tahu apa yang dibutuhkan, diinginkan dan sedang diminati oleh konsumen kamu.

Selain itu kamu bisa melakukan banyak trik atau strategi digital marketing seperti membuat iklan, mempublikasikan konten marketing, aktif menjalankan SEO, dan masih banyak lagi. 

Tentunya setelah kelebihan pasti ada kekurangannya, kira-kira apa sih kekurangan dari Digital Marketing? 

Saat ini banyak sekali para pelaku bisnis menggunakan digital marketing, sehingga membuat digital marketing memiliki persaingan yang sangat ketat.

Jika kamu melakukan digital marketing kamu tidak hanya bersaing produk saja, namun kreatifitas juga sangat dibutuhkan dalam melakukan digital marketing.

Ketika kamu membuat konten marketing tentunya akan membutuhkan banyak aplikasi tambahan mulai dari aplikasi editing, produksi konten, aplikasi social media, aplikasi analisis, dan lain sebagainya.

Pastinya ketika membagi konten kamu dapat berinteraksi secara langsung dari konsumen atau audiens kamu, tidak jarang jika kamu membuat kesalahan pada konten yang kamu buat bisa saja audiens bisa menyadarinya dan akan memberikan kritikan dari kesalahan yang kamu buat.

Terakhir, ketika kita berurusan dengan media sosial untuk melakukan digital marketing maka tidak jauh-jauh dengan masalah keamanan dan privasi seperti terkena virus atau malware. 

4 Jenis Digital Marketing

Berikut adalah 4 jenis digital marketing yang bisa kamu manfaatkan dan optimalkan penggunaannya untuk menaikkan penjualan produk dari brand kamu:

1. Email Marketing

Kamu bisa menggunakan email marketing untuk meningkatkan jumlah pelanggan atau konsumen.

Email marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang dapat membangun relasi dengan pelanggan.

Dengan menggunakan email marketing dapat memperkenalkan produk dari brand kamu secara jelas dan rinci. 

2. Social Media Marketing

Selanjutnya adalah social media marketing. Tujuan dari social media marketing ini untuk meningkatkan brand awareness, mempromosikan brand, meningkatkan traffic dengan tujuan untuk menghasilkan prospek.

3. Search Engine Optimization

Search Engine Optimization atau yang biasa disebut SEO merupakan kegiatan yang mampu mengoptimalkan situs website agar dapat tayang atau tampil di halaman pertama search engine.

Jenis digital marketing yang satu ini mampu meningkatkan jumlah traffic website kamu secara gratis.

Kamu bisa melakukan dengan membuat konten marketing seperti artikel, e-book, infografik, dan lain sebagainya. 

4. WhatsApp Marketing 

WhatsApp bukan hanya sekedar media untuk komunikasi saja, tetapi juga bisa digunakan untuk memasarkan produk yang kamu jual.

Kamu bisa menggunakan WhatsApp bisnis agar lebih mudah dalam melakukan pemasaran.

Dengan melakukan WhatsApp Marketing ini kamu bisa memudahkan pelanggan atau konsumen kamu untuk berkomunikasi dengan kamu melalui chat, maka kamu bisa menjaring banyak customer. 

Baca Juga: Tips Dari WhatsApp untuk Tingkatkan Performa Penjualan Online

Itu tadi 4 jenis digital marketing yang dapat kamu gunakan untuk menarik banyak konsumen agar dapat meningkatkan penjualan produk. 

Sebagai pelaku bisnis tentunya kamu harus bisa memanajemen penjualan kamu dengan baik dong!

Tenang dan tidak perlu khawatir karena kamu bisa menggunakan aplikasi Kasir Pintar agar dapat memanajemen penjualan kamu dengan baik dan benar.

Salah satu metode yang mudah dan praktis dalam mencatat penjualan adalah dengan menggunakan Aplikasi POS seperti Kasir Pintar

Kasir Pintar bisa mencatat setiap penjualan dari usahamu dan melakukan beberapa kegiatan seperti :

- Atur stok barang

- Mencatat berbagai macam metode transaksi penjualan

- Laporan usaha lengkap

- Manajemen Pelanggan (CRM)

- Manajemen Karyawan & Cabang Usaha dan masih banyak lagi

Kamu bisa Coba Gratis selama 30 Hari tanpa syarat, atau jika ingin mendapatkan fitur lengkap gunakanlah Kasir Pintar Pro.

Artikel Terkait

Kasir Pintar lazyload
Kasir Pintar

Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar

Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat

Download Sekarang

Lihat Brosur