Point of Sales / 6 Fitur yang Harus Diperhatikan dalam menggunakan Software Toko Grosir

6 Fitur yang Harus Diperhatikan dalam menggunakan Software Toko Grosir

25 Januari 2023 | marketing

Kasir Pintar

Mencari perangkat lunak yang tepat untuk membantu kamu menjalankan toko grosir kamu? Berikut panduan tentang fitur yang harus dimiliki perangkat lunak kamu, dan apa yang harus dipertimbangkan sebelum melakukan pembelian.

Memilih perangkat lunak yang tepat untuk membantu mengelola toko grosir kamu dapat membuat atau menghancurkan bisnis kamu. Dengan begitu banyak pilihan di pasar, sebelum membeli hal-hal yang harus dipertimbangkan termasuk fitur apa yang penting, kompabilitas dengan sistem teknologi lainnya dan biaya pengoperasian. Berikut adalah panduan tentang apa yang harus dicari ketika memilih alat lunak toko grosir.

Permudah transaksi online dengan Olshopin Kasir Pintar

1. Dukungan untuk Produk Multiple

Dalam bisnis grosir, salah satu fitur utama yang harus dimiliki perangkat lunak adalah dukungan untuk produk multiple. Ini penting karena sebagian besar toko grosir menjual berbagai jenis produk kepada pelanggan mereka. Perangkat lunak yang bagus harus memungkinkan kamu membuat daftar harga dan kategori untuk setiap produk, mengelola stok dan melacak pembelian secara efisien.  Ini juga harus mempermudah pelaporan perilaku belanja pelanggan.Perangkat lunak juga harus memungkinkan kamu untuk mengintegrasikan sistem pembayaran dan layanan pengiriman. Ini akan membantu kamu menyelesaikan transaksi dengan cepat dan mudah.

2. Fitur Laporan Penjualan

Fitur Laporan Penjualan adalah fitur penting dalam aplikasi kasir atau POS. Ini memungkinkan kamu untuk mengetahui perkembangan bisnis kamu secara real time dan mudah. Software Toko grosir dapat menyediakan laporan penjualan yang lengkap dan cepat, termasuk dari cabang perusahaan yang tersebar di berbagai lokasi. Dengan laporan ini, kamu dapat menentukan jenis produk yang akan dikembangkan selanjutnya untuk menarik minat konsumen. Dalam aplikasi kasir, kamu juga dapat mengatur bentuk laporan yang kamu butuhkan secara berjangka

3. Manajemen Laporan Penjualan dan Keuangan Detil

Perangkat lunak toko grosir yang ideal harus menyediakan catatan produk dan penjualan detil. Fitur laporan ini menyertakan fast stock count, pengelolaan harga, ketersediaan produk real-time, klasifikasi item skala besar, dan lainnya. Hal ini memungkinkan manajer toko grosir untuk mengambil tindakan yang tepat baik secara waktu nyata maupun beradaptasi dengan situasi pasar saat ini.

Anti Cemas Anti Ribet, Pantau Penjualan dengan Fitur Aplikasi POS! 

4. Fitur Metode Pembayaran

Saat ini, konsumen menginginkan metode pembayaran yang mudah dan cepat, seringkali menggunakan pembayaran non-tunai seperti kartu debit atau kredit. Oleh karena itu, sebagai pebisnis, kamu harus menggunakan aplikasi POS dengan fitur pilihan metode pembayaran yang meliputi pembayaran tunai dan non-tunai. Aplikasi kasir kamu akan terintegrasi dengan bank yang bekerja sama dengan perusahaan kamu, sehingga konsumen dapat dengan nyaman melakukan transaksi di toko kamu.

5. Integrasi Data Inventarisasi dan Stok Barang Opsional

Beragam perangkat lunak toko grosir menawarkan fasilitas integrasi pengelolaan stok produk. Fitur ini dapat menyinkronkan data dengan sistem inventarisasi dan stok agar manajer toko grosir dapat merencanakan pasokan lebih baik. Ini juga memungkinkan mereka menggunakan data yang telah tersedia untuk memperhitungkan kebutuhan barang mereka secara tepat dan mempertahankan persediaan buffer yang tepat.

6. Fitur Multi User Kasir Pintar

Untuk mengakomodasi kebutuhan bisnis yang memiliki lebih dari satu pengguna, software kasir harus dilengkapi dengan fitur multi user. Fitur ini memungkinkan lebih dari satu orang dapat mengakses dan menggunakan aplikasi kasir secara bersamaan. Ini sangat berguna jika bisnis kamu berskala besar dan setiap pegawai harus memiliki akun sendiri untuk mengakses mesin kasir.

Share Article

Artikel Terkait

Kasir Pintar lazyload
Kasir Pintar

Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar

Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat

Download Sekarang