Insight Bisnis / Seputar Bisnis / 7 Tips Memilih Sistem Toko Online untuk Bisnis

7 Tips Memilih Sistem Toko Online untuk Bisnis

10 Oktober 2023 | marketing

Kasir Pintar

Sebagai seorang pebisnis tentu memiliki sebuah toko bukan menjadi hal yang mudah dilakukan, dikarenakan kamu harus mengurus segala operasional bisnis, mulai dari pengelolaan stok barang, proses pesanan, balas chat pelanggan, dan masih banyak lagi. 

Mungkin tidak terdengar sulit jika kamu hanya mempunyai satu atau dua toko, tapi bagaimana kalau kamu punya banyak toko, seperti toko online di marketplace, website, atau offline? 

Pastinya kamu akan lebih ekstra untuk mengaturnya, bukan? Nah, maka dari itu kamu butuh sistem omnichannel untuk membantu dalam pengelolaan operasional bisnis, sebab semuanya bisa dilakukan melalui satu sistem saja. 

Sebelum itu, kamu perlu tahu dan paham fitur-fitur yang ditawarkan oleh platform omnichannel. Kalau kamu masih bingung, di artikel kali ini kita akan membahas semua fitur yang wajib ada di sistem kelola toko online.

  1. Terintegrasi ke Seluruh Channel Penjualan Online 

Fitur pertama di software omnichannel adalah pastikan sudah terintegrasi ke seluruh channel penjualan online dan offline. Khususnya jika kamu mempunyai banyak toko online, misalnya kamu berjualan di marketplace seperti Lazada, Shopee, Tokopedia, BliBli, dan lainnya sehingga bisa dikelola di dalam satu platform.

Tujuannya untuk memudahkanmu dalam mengelola operasional bisnis sehingga efisien dan efektif. Mulai dari upload produk, proses pesanan, pengiriman barang, manajemen persedian barang, promosi harga, hingga laporan penjualan. 

Buat kamu yang berjualan hampir di seluruh platform penjualan online, seperti social commerce, website toko online, atau toko offline juga memerlukan fitur satu ini untuk memudahkan penjualanmu.

  1. Adanya Fitur Upload Produk Massal 

Pelaku usaha yang punya toko online seperti di marketplace, sering kali terjadi kesulitan jika harus upload produk secara manual, seperti memasukkan gambar, deskripsi, kategori produk, dan lainnya sehingga dapat menghabiskan waktu karena proses yang cukup panjang.

Udah gitu, masing-masing marketplace memiliki ketentuan atau kebijakan yang berbeda-beda, jadi mau tidak mau kamu harus menyesuaikannya.

Oleh karena itu, software omnichannel juga mesti menyediakan fitur upload massal untuk memudahkan dalam memasukkan gambar hingga pemetaan kategori, sebab biasanya sistem toko online mereka sudah menyesuaikan sistem kategori yang ada di setiap marketplace.

  1. Sync Stock Barang Secara Otomatis 

Masalah stok barang menjadi salah satu yang sering dihadapi. Maka dari itu, fitur yang ketiga adalah tersedianya sync stock atau sinkronisasi stok barang yang bisa dilakukan secara otomatis.

Dimana, ketika ada penjualan barang di satu toko maka stok di toko lainnya otomatis berkurang juga mengikuti ketersediaan stok fisik secara real-time.

Terlebih lagi, kalau kamu memiliki banyak toko online di marketplace, bisa dengan mudah melakukan kontrol pengelolaan stok barang sehingga nantinya tidak bisa berpengaruh terhadap operasional bisnis apalagi saat ada penjualan.

Baca juga:  Membangun Bisnis Autopilot supaya Auto Cuan!

  1. Adanya Fitur Stock Adjutment

Pernah mengalami product out of stock? Tanpa kamu sadari ternyata malah membuat pelangganmu kecewa, lho! 

Nah, untuk menghindari hal tersebut, kamu membutuhkan fitur omnichannel, yaitu stok cadangan atau stock adjusment. 

Dengan fitur ini, kamu bisa melakukan pengamanan persediaan stok barang ketika kamu sedang mengadakan event promosi di marketplace. Kamu dapat membuat batasan stok yang dijual sehingga tokomu tidak menjual produk melebihi kuota yang ditentukan.

  1. Memproses Seluruh Pesanan Melalui Satu Dashboard

Apakah kamu masih harus membuka setiap toko di marketplace satu per satu untuk memproses pesanan? seluruh pesanan yang masuk pada toko di berbagai marketplace.

 Kalau hanya satu toko dan di satu marketplace, pastinya tidak masalah. Nah, tapi bagaimana jika kamu berjualan di 3 marketplace? 

Mau tidak mau kamu harus mengunjungi setiap toko milikmu dan memproses orderannya secara manual. Hal ini tentu berbeda kalau menggunakan sistem kelola toko online, karena kamu dapat memproses semua pesanan yang masuk hanya melalui satu dashboard saja. 

Pilih platform omnichannel yang menawarkan kemudahan proses semua pesanan dari berbagai marketplace dan social commerce. Mulai dari konfirmasi pesanan, cetak label pengiriman sampai tahap selesainya pesanan juga hanya lewat dashboard sistem manajemen toko online.

  1. Adanya Fitur Warehouse Management System 

Jika kamu mempunyai gudang sendiri, baik yang berukuran kecil ataupun besar maka yang mesti kamu cari di platform omnichannel adalah sistem manajemen gudang atau WMS (Warehouse Management System) untuk membantumu dalam pengelolaan gudang lebih efisien.

  Selain itu, pastikan sistem gudang sudah dilengkapi berbagai fitur, seperti proses picking, packing, sampai pengiriman barang ke customer. Biasanya karyawan gudang akan kesulitan dalam pengambilan barang, dimana mereka harus mencari lokasi rak yang akhirnya malah menguras waktu dan tenaga.

Berbeda kalau kamu menggunakan WMS yang dapat membantu memudahkan dalam pengambilan barang, karena sudah adanya barcode rak dan sku untuk penyimpanan dan pengambilan barang yang akurat. 

Baca juga:  5 Strategi Menghadapi Persaingan dalam Bisnis dan Panduan untuk UMKM!

  1. Terhubung Dengan Fitur Chat Commerce 

Terakhir, pilih sistem toko online yang sudah menyediakan atau menghubungkan dengan fitur chat commerce. 

Umumnya, pelanggan akan bertanya maupun komplain itu melalui chat marketplace tapi mau nggak mau kamu menanggapinya cukup lama, karena mesti membalasnya satu per satu dari bawah. Nah, salah satu fitur yang cukup diperhatikan ketika memilih sistem omnichannel adalah terhubung dengan chat commerce.

Bagi kamu yang belum tahu, penggunaan chat commerce dapat memudahkanmu dalam membalas chat konsumen hanya melalui satu dashboard. Jadi, kamu bisa tahu semua pesan yang masuk dari berbagai marketplace maupun social commerce.

Apalagi saat ini, aplikasi balas chat pelanggan sudah bisa digunakan melalui smartphone sehingga kamu sebagai seller bisa menjawab pesan pelanggan sekaligus mempromosikan produkmu secara mudah. 

Jika kamu masih bingung mencari platform untuk kelola toko online, kamu bisa coba gunakan Jubelio Omnichannel untuk pengelolaan bisnismu nih! Karena, fitur yang dimiliki juga sangat lengkap untuk mendukung segala operasional bisnis online maupun offline.

*Artikel ini hasil kerjasama Jubelio dan Kasir Pintar

Artikel Terkait

Kasir Pintar lazyload
Kasir Pintar

Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar

Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat

Download Sekarang

Lihat Brosur