Makna ‘For Sale’ : Istilah Dasar yang Wajib Dipahami oleh Pebisnis
Sales & Marketing | 10 Desember 2024
Insight Bisnis / Sales & Marketing / Cara Memanfaatkan Business Messaging Untuk Para Pelaku Usaha dan Manfaatnya
2 Mei 2023 | marketing
Dulu, satu-satunya cara untuk berkomunikasi dengan bisnis adalah melalui panggilan telepon atau kunjungan langsung ke tempat mereka.
Namun, dengan adanya pasar global, pengiriman cepat, dan kemudahan berbelanja dari rumah, pelanggan sekarang menginginkan pengalaman perpesanan bisnis yang berbeda.
Berdasarkan Laporan Keterlibatan Perpesanan Global Twilio SendGrid 2022, pelanggan membutuhkan beberapa opsi komunikasi, termasuk email, SMS, web chat, atau panggilan telepon.
Semakin banyak saluran yang ditawarkan, semakin besar kemungkinan memberikan pengalaman pilihan bagi pelanggan.
Selain itu, pelanggan juga menginginkan respons yang cepat, dan keinginan mereka diukur dengan memberikan peringkat "waktu respons cepat" sebagai karakteristik terpenting dari layanan pelanggan yang baik.
Mereka mengharapkan merek untuk memberikan respons dalam waktu kurang dari 4 jam atau bahkan dalam waktu 15 menit.
Meskipun kecerdasan buatan (AI) dan chatbot dapat membantu, pelanggan masih ingin berbicara dengan manusia.
Mengabaikan kebutuhan pelanggan dapat berakibat buruk bagi bisnis, karena pelanggan dapat memilih untuk mencari alternatif yang lebih baik.
Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, tidak memperbarui perpesanan bisnis Anda dapat membuat Anda kehilangan pelanggan potensial.
Untungnya, memperbarui perpesanan bisnis tidak memerlukan biaya mahal. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang business messaging, manfaatnya, dan contoh praktik perpesanan bisnis serta panduan untuk memulainya.
Perpesanan bisnis adalah cara bagi merek untuk memulai dan merespons pelanggan melalui berbagai saluran perpesanan.
Ini memberi kekuatan pada pelanggan untuk menghubungi merek dan sebaliknya, sehingga percakapan dapat berjalan bolak-balik dan bersifat dua arah, bukan ledakan pesan seperti iklan atau email massal.
Beberapa contoh saluran perpesanan bisnis meliputi SMS/MMS, percakapan web, pesan Facebook Messenger, Ada Apa, pesan langsung di media sosial (DM), dan pesan bisnis Google.
Perpesanan bisnis menjangkau pelanggan di tempat yang nyaman bagi mereka. Ini tidak memaksa pelanggan untuk mengunduh aplikasi tambahan untuk berkomunikasi dengan bisnis kamu, tetapi memungkinkan mereka menggunakan aplikasi perpesanan asli yang sudah mereka kenal dan sukai.
Pelanggan modern tidak lagi ingin mengangkat telepon untuk mendapatkan bantuan. Mereka lebih memilih untuk mengirim pesan di kotak obrolan bawaan di situs web tentang produk yang sedang mereka lihat atau menanggapi kampanye pesan teks bisnis dengan pertanyaan.
Baca Juga: Peran SMS Marketing Dalam Pemasaran - Manfaat dan Cara Menggunakannya
Kegiatan perpesanan bisnis memberikan keuntungan yang seimbang bagi kamu dan pelanggan. Dengan menawarkan beberapa saluran komunikasi, bisnis dapat memenuhi kebutuhan messaging pelanggan dengan lebih baik dan tidak membuat mereka merasa terasingkan.
Menyediakan percakapan waktu nyata melalui pesan instan memberikan pengalaman yang lebih positif karena pelanggan tidak perlu menunggu berhari-hari untuk mendapatkan respons.
Dalam banyak kasus, pelanggan hanya butuh informasi sederhana tentang produk seperti ukuran atau warna, dan dengan respon yang cepat mereka dapat memutuskan apakah akan membeli dari bisnis tersebut atau mencari produk lainnya.
Selain itu, dengan messaging, bisnis dapat menangani beberapa percakapan secara bersamaan tanpa mengganggu pengalaman pelanggan.
Dalam jangka panjang, hal ini dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperkuat hubungan dengan mereka.
Perpesanan bisnis juga memungkinkan pengiriman pesan teks multimedia (MMS) dengan gambar, emoji, GIF, dan video, yang memperkaya pesan dan memudahkan pelanggan dalam memahami informasi.
Misalnya, bisnis dapat mengirimkan gambar produk atau tutorial singkat berupa video. Pelanggan juga dapat menggunakan fitur berbagi file untuk mengunggah tangkapan layar atau gambar mereka sendiri.
Berikut adalah beberapa contoh praktik penggunaan perpesanan bisnis setelah kamu mengetahui manfaatnya:
Kirim pesan sambutan kepada pelanggan atau pelanggan baru. Ini memberikan pengaturan panggung untuk percakapan di masa mendatang, memberikan pengenalan singkat, dan memberi rincian tentang penyisihan.
Berikan kode diskon dan tawaran eksklusif kepada pelanggan kamu. Buatlah penawaran menarik untuk mendorong pengguna kamu memeriksa aplikasi perpesanan atau pesan teks mereka.
Beritahu pelanggan kamu saat kamu menerima pesanan mereka atau saat kamu mengkonfirmasi janji temu.
Kirim pesan pengingat kepada pelanggan kamu tentang janji temu yang akan datang.
Gunakan aplikasi perpesanan untuk berkomunikasi dengan pelanggan kamu dan membantu mereka menyelesaikan masalah mereka. Ini memberikan kamu akses yang lebih baik ke tangkapan layar, video, gambar, dan tautan.
Beri tahu pelanggan kamu saat pesanan mereka telah dikirimkan dan berikan mereka pembaruan berkelanjutan hingga pesanan tiba.
Kirim pesan segera kepada pelanggan kamu jika ada perilaku akun yang mencurigakan atau situasi darurat apa pun.
Gunakan aplikasi perpesanan untuk mengirimkan kata sandi satu kali untuk verifikasi pengguna.
Bicaralah dengan pelanggan kamu. Ini bisa berupa perwakilan penjualan yang memandu pelanggan melalui opsi harga atau agen layanan pelanggan yang menjawab pertanyaan tentang ukuran.
Bahkan bisa jadi dua agen berbicara dengan satu pelanggan atau, satu agen berbicara dengan dua pelanggan.
Dalam era digital, bisnis yang ingin terus bertahan dan bersaing harus memanfaatkan saluran perpesanan bisnis untuk terhubung dengan pelanggan mereka.
Dengan menawarkan lebih banyak saluran perpesanan dan memberikan layanan percakapan waktu nyata, bisnis dapat meningkatkan keterlibatan dan kepuasan pelanggan.
Selain itu, penggunaan video dan gambar dalam pesan bisnis dapat memberikan pengalaman yang lebih kaya bagi pelanggan dan membantu membangun citra merek yang kuat.
Dalam artikel ini, kami telah memberikan beberapa contoh cara praktis untuk menggunakan perpesanan bisnis, termasuk selamat datang, promosi, konfirmasi, pengingat, layanan pelanggan, pemberitahuan pengiriman, peringatan keamanan, verifikasi, dan percakapan.
Dengan mengadopsi strategi perpesanan bisnis yang efektif, bisnis dapat meningkatkan loyalitas pelanggan, memperluas jangkauan, dan meningkatkan konversi penjualan.
Baca Juga: Email Blast : Pengertian, Cara Menggunakan & Aplikasi Terbaik
Apa Itu Kasir Pintar?
Aplikasi Kasir Pintar adalah Mobile Point of Sales yang dirancang khusus untuk membantu para pebisnis UMKM dalam menjalankan segala transaksi penjualan dengan simple, akurat dan ekonomis.
Kenapa Harus Kasir Pintar?
- Aplikasi POS berbasis cloud yang khusus untuk UMKM
- Fitur aplikasi lengkap dan terintegritas satu sama lainnya
- Mendukung perkembangan usaha dengan penyajian data yang lengkap
- Tampilan aplikasi mudah dipelajari untuk orang yang pertama kali menggunakan
- Aplikasi selalu diupdate dan diperbaiki untuk layanan yang lebih baik
Aplikasi kasir terlengkap kelola semua kebutuhan bisnis sobat KasPin! Sudah dipercaya oleh 1.500.000+ UMKM di Indonesia.
Artikel Terkait
Artikel Populer
Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar
Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat