Makna ‘For Sale’ : Istilah Dasar yang Wajib Dipahami oleh Pebisnis
Sales & Marketing | 10 Desember 2024
Insight Bisnis / Sales & Marketing / Peran SMS Marketing Dalam Pemasaran - Manfaat dan Cara Menggunakannya
25 Oktober 2022 | marketing
Jika kamu mengadakan pembukaan untuk meluncurkan butik baru atau menyempurnakan menu restoran milikmu, satu hal yang pasti, kamu ingin pelanggan mengetahuinya dan datang memeriksanya bukan?
Tapi bagaimana cara kamu menjangkau mereka? Bagaimana caramu memastikan bahwa mereka melihat pesan yang kamu kirimkan?
Masukkan pemasaran SMS adalah solusinya.
Menurut survey lebih dari 5 miliar orang di seluruh dunia menggunakan layanan pesan singkat atau SMS setiap harinya, maka tidak mengherankan jika bisnis beralih ke saluran ini untuk menjangkau pelanggan mereka.
Pemasaran SMS adalah cara untuk mengirim pesan promosi atau transaksional kepada pelanggan melalui pesan teks.
Baca Juga : Funnel Marketing : Kunci Sukses Dalam Meningkatkan Penjualan
Pemasaran SMS atau pesan teks adalah bentuk pemasaran langsung yang memungkinkan bisnis mengirim pesan promosi atau transaksional kepada pelanggan mereka melalui teks.
Hal yang hebat tentang pemasaran SMS adalah bahwa ini merupakan saluran pemasaran opt-in, yang berarti pelanggan harus mendaftar untuk menerima pesan.
Ini juga membantu memastikan bahwa mereka tertarik dengan apa yang kamu katakan dan tidak dibombardir dengan teks yang tidak diinginkan.
Kamu dapat melakukan ini dengan dua cara, yakni : dengan mengirim pesan massal atau pesan A2P.
Pemasaran SMS massal adalah bentuk pemasaran SMS yang memungkinkan bisnis mengirim pesan teks massal ke kontak yang mereka pilih.
Pemasaran SMS A2P adalah bentuk pemasaran SMS yang memungkinkan bisnis mengirim pesan teks ke pelanggan mereka melalui gateway aplikasi-ke-orang (A2P).
Ada banyak alasan mengapa bisnis memilih untuk menggunakan pemasaran SMS, tetapi berikut adalah beberapa manfaat yang paling populer :
Pesan teks bersifat pribadi, untuk dapat membantu menciptakan hubungan baik dengan pelanggan.
Tidak seperti saluran pemasaran lain seperti email atau media sosial, pesan teks dibaca segera setelah diterima.
Pemasaran SMS memungkinkan kamu untuk membuat percakapan dua arah dengan pelanggan.
Pemasaran SMS adalah salah satu saluran pemasaran paling terjangkau yang tersedia.
Dengan pemasaran SMS, kamu dapat melacak metrik seperti rasio buka dan rasio klik-tayang untuk melihat kinerja kampanye yang telah kamu jalankan.
Baca Juga : Pengertian, Manfaat & Cara Membuat Bauran Pemasaran dalam Bisnis
Ada beberapa cara berbeda untuk menggunakan pemasaran SMS, tetapi yang paling umum adalah :
Ini adalah pesan yang mempromosikan produk atau layanan. Mereka dapat mencakup hal-hal seperti diskon, pendatang baru, atau penawaran khusus.
Dapat memberikan informasi tentang transaksi, seperti pengingat janji temu atau pemberitahuan pengiriman.
Kamu dapat menggunakan SMS untuk berkomunikasi dengan pelanggan tentang akun mereka, pesanan yang mereka buat, atau masalah layanan pelanggan lainnya.
Sekarang setelah mengetahui apa itu pemasaran SMS dan bagaimana hal itu dapat menguntungkan bisnis, inilah saatnya untuk mulai merencanakan kampanye pertamamu.
Namun sebelum melakukannya, kamu harus memilih perangkat lunak pemasaran untuk membantumu dalam mengelola kontak dan membuat pesan.
Hal ini mencakup beberapa media-media seperti dibawah ini :
Platform ini menyediakan cara untuk mengelola kontak dan membuat kampanye SMS-mu.
Kode pendek adalah 5 atau 6 digit angka yang memungkinkan pelanggan untuk ikut serta dalam kampanye pemasaran SMS-mu.
Layanan ini menyediakan cara untuk mengirim dan menerima pesan SMS, tetapi biasanya tidak menawarkan fitur yang sama seperti platform pemasaran SMS.
Langkah pertama adalah memutuskan apa yang ingin kamu capai dengan kampanye pemasaran SMS-mu.
Apakah kamu ingin meningkatkan penjualan, mengarahkan lalu lintas ke situs web, dan atau meningkatkan retensi pelanggan?
Setelah kamu mengetahui apa tujuannya, sekarang kamu dapat mulai merencanakan kampanye-nya.
Selanjutnya, kamu perlu melakukan identifikasi kepada siapa akan mengirim pesan SMS.
Karena hal ini akan membantumu dalam menentukan ukuran pasar, jenis konten apa yang akan disertakan dalam pesan, dan juga jenis penawaran apa yang paling relevan bagi audiens.
Setelah mengetahui target audiens dan kata kunci, inilah saatnya untuk membuat penawaran yang akan menarik pelanggan untuk mendaftar ke kampanye pemasaran SMS.
Ini bisa berupa diskon, pengiriman gratis, atau penawaran khusus.
Sekarang setelah memiliki semua bagian dari kampanye pemasaran SMS, saatnya untuk menyiapkannya.
Ini melibatkan pembuatan proses keikutsertaan, merancang pesan, dan juga mengatur jadwal untuk mengirim teks.
Ajukan pertanyaan pada diri sendiri seperti:
- Kapan waktu terbaik untuk mengirim pesan pemasaran SMS?
- Apa hari terbaik dalam seminggu?
- Seberapa sering harus mengirimnya?
- Desain apa yang paling cocok untuk penawarannya?
Sebelum meluncurkan kampanye, penting mengujinya terlebih dahulu untuk memastikan semuanya bekerja dengan benar.
Kirim beberapa pesan teks ke sekelompok kecil orang dan lihat bagaimana mereka merespons.
Ini akan membantumu mengatasi masalah apapun sebelum meluncurkan kampanye-mu ke massa.
6. Luncurkan Kampanye
Setelah menguji kampanye dan semuanya berfungsi dengan baik, inilah saatnya untuk meluncurkannya!
Mulailah kirimkan SMS Anda dan lihat bagaimana tanggapan pelanggan-mu.
7. Ukur Hasil
Setelah kampanye-mu aktif dan berjalan, pelacakan hasil sangat penting sehingga kamu dapat melihat seberapa baik kinerjanya.
Lihat metrik seperti rasio keikutsertaan, rasio klik-tayang, dan rasio konversi untuk melihat kinerja kampanye dengan menggunakan perangkat lunak pemasaran populer.
CTA Anda adalah apa yang akan mendorong orang untuk mengambil tindakan pada kampanye pemasaran SMS.
Pastikan itu jelas dan ringkas sehingga orang tahu persis apa yang kamu ingin mereka lakukan.
Kata-kata kuat seperti "bebas", "sekarang", dan "secepatnya", “kuota terbatas” sering digunakan dalam CTA untuk menciptakan rasa urgensi.
Saat kamu mengirim pesan pemasaran SMS, penting untuk diingat bahwa orang-orang di zona waktu yang berbeda mungkin akan menerima pesan yang kamu kirim pada waktu yang berbeda kiga.
Ini adalah sesuatu yang perlu kamu pertimbangkan saat menjadwalkan pesan.
Cara hebat lainnya untuk meningkatkan kampanye pemasaran SMS adalah dengan mempersonalisasi pesan.
Ini bisa berarti menambahkan nama penerima dalam pesan atau mengirimi mereka pesan yang relevan dengan minat mereka.
Pesan yang dipersonalisasi lebih mungkin untuk dibuka dan ditindaklanjuti daripada pesan umum.
Emoji adalah cara yang bagus untuk menambahkan kepribadian ke pesan pemasaran SMS.
Mereka juga dapat membantumu menyampaikan pesan tanpa menggunakan banyak kata.
Emoji sangat populer di kalangan Gen Z dan milenial, sehingga mereka bisa menjadi cara yang bagus untuk menjangkau demografi ini.
Orang-orang senang mendapatkan penawaran dan penawaran eksklusif.
Sehingga kamu dapat menggunakan ini untuk keuntungan dengan mengirimkan penawaran eksklusif kepada orang-orang yang mendaftar untuk kampanye pemasaran SMS ini.
Bisa berupa kode diskon atau penawaran khusus yang hanya tersedia untuk orang-orang di daftar yang kamu buat.
Salah satu metode yang mudah dan praktis dalam mencatat penjualan adalah dengan menggunakan Aplikasi POS seperti Kasir Pintar
Kasir Pintar bisa mencatat setiap penjualan dari usahamu dan melakukan beberapa kegiatan seperti :
- Atur stok barang
- Mencatat berbagai macam metode transaksi penjualan
- Laporan usaha lengkap
- Manajemen Pelanggan (CRM)
- Manajemen Karyawan & Cabang Usaha dan masih banyak lagi.
Kamu bisa pelajari fitur-fitur dari Kasir Pintar dengan mengklik link berikut ini, Pelajari Fitur
Kamu juga bisa coba gratis selama 30 Hari dan mendapatkan fitur lengkap dari Kasir Pintar Pro.
Baca Juga : Kenali Apa Itu Marketing Executive dan Prospek Karier Kedepannya
Tag
#smsmarketingArtikel Terkait
Artikel Populer
Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar
Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat