Insight Bisnis / Sales & Marketing / Email Blast : Pengertian, Cara Menggunakan & Aplikasi Terbaik

Email Blast : Pengertian, Cara Menggunakan & Aplikasi Terbaik

21 Februari 2023 | marketing

Kasir Pintar

Digital marketing semakin populer dari tahun ke tahun. Perkembangan teknologi dan kemajuan internet memegang peran penting dalam perubahan gaya hidup masyarakat.

Orang-orang kini cenderung lebih banyak menghabiskan waktu di dunia maya. Sehingga tidak heran bila sekarang digital marketing menjadi sebuah keharusan, terutama bila memiliki bisnis.

Ada banyak platform atau media yang bisa kamu gunakan untuk memulai digital marketing. Selain sosial media dan website, kamu juga bisa memanfaatkan email marketing untuk menjangkau pelanggan.

Tentunya tidak perlu mengirimkan email satu persatu pada mereka, karena kamu bisa mengirimkannya sekaligus menggunakan email blast.

Baca Juga : Cara Membuat Email Marketing yang Efektif

Apa yang Dimaksud dengan Email Blast?

Email blast adalah istilah yang mengacu pada pengiriman email promosi atau komunikasi massal ke daftar email yang besar dalam satu waktu.

Dalam konteks email marketing, email blast biasanya digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan, mengumumkan penawaran khusus, atau memberikan informasi penting kepada pelanggan atau prospek potensial.

Email blast dapat mencakup pesan yang dirancang untuk menarik perhatian pelanggan dengan cepat dan memicu tindakan, seperti membeli produk atau mendaftar ke program loyalitas.

Pesan biasanya mencakup tautan ke situs web perusahaan atau halaman penjualan, penawaran khusus atau diskon, dan panggilan tindakan yang jelas untuk menggerakkan pelanggan untuk melakukan tindakan tertentu.

Namun, pengiriman email blast harus dilakukan dengan hati-hati dan dengan strategi yang tepat untuk menghindari email dianggap sebagai spam atau tidak relevan oleh pelanggan.

Hal ini dapat mengurangi efektivitas email blast dan dapat merusak citra perusahaan.

Oleh karena itu, perusahaan perlu memastikan bahwa pesan mereka relevan, menargetkan audiens yang tepat, dan mengikuti praktik email marketing yang baik, seperti memberikan opsi unsubscribe atau berlangganan.

Cara Blast Email Marketing

Mengirimkan email blast marketing memang cukup berbeda dengan email pribadi yang umum digunakan.

Namun kamu tidak perlu khawatir, karena cara blast email terbilang cukup sederhana dan tidak memerlukan keahlian khusus.

Kamu dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini untuk memahami alur dan cara blast dengan mudah.

1. Tentukan Tujuan

Tentukan tujuan untuk email blast, apakah untuk mempromosikan produk atau layanan, memberikan informasi atau pengumuman penting, atau untuk membangun hubungan dengan pelanggan.

2. Siapkan Daftar Email

Siapkan daftar email yang relevan dan sesuai dengan target audiens. Pastikan bahwa daftar tersebut memiliki opt-in atau izin dari penerima email, sehingga kamu dapat memastikan bahwa mereka tertarik dengan pesan dan tidak dianggap sebagai spam.

3. Siapkan Pesan dan Desain Email

Buat pesan yang menarik dan jelas, dengan konten yang relevan dan tata letak yang menarik. Pastikan email dapat dibaca dengan baik di berbagai perangkat dan platform email.

4. Tentukan Waktu Pengiriman

Tentukan waktu pengiriman email yang tepat, yang disesuaikan dengan waktu terbaik untuk target audiens.

5. Kirim Email

Kirim email blast ke daftar email yang telah disiapkan.

6. Analisis dan Tindak Lanjut

Analisis hasil dari email blast, termasuk pembukaan, klik, dan respons panggilan tindakan (call-to-action).

Gunakan hasil analisis ini untuk meningkatkan email blast di masa depan dan melakukan tindakan lanjut jika diperlukan.

Penting untuk diingat bahwa melakukan email blast yang sukses melibatkan banyak faktor dan strategi yang tepat.

Perusahaan perlu memastikan bahwa pesan mereka relevan, tidak terlalu sering dikirim, dan mengikuti praktik email marketing yang baik untuk meminimalkan risiko email dianggap sebagai spam atau tidak relevan oleh pelanggan.

Aplikasi Email Blast Gratis

Ada banyak aplikasi email blast yang dapat di pilih, mulai dari yang berbayar hingga gratis.

Meskipun umumnya fitur utama yang disediakan sama, namun ada beberapa fitur tambahan yang seringkali terbatas atau hanya disediakan platform tertentu.

Karena itu, ada baiknya kamu membandingkan beberapa aplikasi sesuai dengan kebutuhan sebelum menentukan pilihan.

Berikut adalah rekomendasi aplikasi email blast gratis yang bisa kamu gunakan :

  1. HubSpot Email Marketing
  2. Sender
  3. Sendinblue
  4. Omnisend
  5. Sendplulse
  6. Benchmark Email
  7. Mailchimp
  8. MailerLite
  9. Mailjet
  10. Moosend

Contoh Email Blast Marketing yang Efektif

Sebagai pemula mungkin masih bingung bagaimana bentuk email blast marketing yang baik dan efektif bukan? Maka dari itu kamu dapat mencermati beberapa point contoh email blast marketing berikut ini.

1. Gunakan Sapaan Yang Personal

Email yang kamu kirimkan akan diterima langsung oleh calon pelanggan. Karena itu, mungkin kamu bisa menyapa secara personal dengan menyebutkan nama depan mereka dan gunakan fitur pada aplikasi email blast untuk mengatur personalisasi pesan.

2. Buatlah Copywriting yang Menarik

Buatlah judul yang menarik sehingga pelanggan merasa penasaran dan tertarik untuk melihat lebih banyak.

Kamu juga bisa menyusun copywriting yang menarik dan menentukan gaya bahasa yang cocok dengan identitas brand agar terkesan lebih profesional.

3. Gunakan Layout yang User Friendly

Desain email marketing juga memiliki peranan penting. Gunakan template yang simple dan mudah dipahami.

Dengan begitu pelanggan yang membuka email kamu bisa langsung melakukan action dengan mudah.

4. Personalisasi Alamat Email

Alamat email yang terpercaya menjadi salah satu pertimbangan pelanggan ketika mereka menerima email marketing.

Karena itu, sebagai perusahaan bisnis akan lebih baik bila Anda mempersonalisasi alamat email dengan email hosting.

Baca Juga : Media Pemasaran Online yang Wajib Diketahui Oleh Pebisnis

Apa Itu Kasir Pintar?

Aplikasi Kasir Pintar adalah Mobile Point of Sales yang dirancang khusus untuk membantu para pebisnis UMKM dalam menjalankan segala transaksi penjualan dengan simple, akurat dan ekonomis.

Kenapa Harus Kasir Pintar?

- Aplikasi POS berbasis cloud yang khusus untuk UMKM
- Fitur aplikasi lengkap dan terintegritas satu sama lainnya
- Mendukung perkembangan usaha dengan penyajian data yang lengkap
- Tampilan aplikasi mudah dipelajari untuk orang yang pertama kali menggunakan
- Aplikasi selalu diupdate dan diperbaiki untuk layanan yang lebih baik

Aplikasi kasir terlengkap kelola semua kebutuhan bisnis sobat KasPin! Sudah dipercaya oleh 1.500.000+ UMKM di Indonesia.

Artikel Terkait

Kasir Pintar lazyload
Kasir Pintar

Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar

Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat

Download Sekarang

Lihat Brosur