7 Cara Efektif Mencari Modal Usaha untuk Memulai Bisnis
Sales & Marketing | 24 Oktober 2024
Insight Bisnis / Sales & Marketing / Cara Membuat Email Marketing Yang Efektif
9 Februari 2023 | marketing
Email marketing adalah bentuk pemasaran digital dimana bisnis mengirimkan pesan promosi atau informasi ke sekelompok pelanggan atau pelanggan melalui email.
Tujuannya adalah membangun hubungan dengan calon pelanggan dan mempromosikan produk atau layanan mereka.
Dalam email marketing, sebuah email dapat berisi berbagai jenis informasi, seperti penawaran khusus, produk baru, pembaruan, atau berita perusahaan.
Email marketing bertujuan untuk mempromosikan brand, meningkatkan penjualan, dan membangun hubungan dengan pelanggan melalui komunikasi personal dan relevant.
Penting untuk memastikan bahwa email yang dikirimkan adalah berkualitas dan relevan bagi penerima agar mereka tetap tertarik dan terlibat.
Email marketing juga digunakan sebagai pengiriman pesan komersial seperti newsletter atau promosi melalui email.
Email juga menjadi salah satu channel digital marketing yang efektif untuk melakukan pemasaran dikarenakan biaya yang dikeluarkan murah dan mengarah ke konsumen yang tertarget.
Tujuan email marketing bervariasi tergantung pada perusahaan atau organisasi yang menggunakannya. Namun beberapa tujuan umum dari email marketing adalah :
Lead generation : Memperoleh informasi kontak dan informasi lain tentang prospek potensial.
Fidusia pelanggan : Membangun hubungan yang kuat dan mempertahankan minat pelanggan melalui komunikasi teratur dan bernilai.
Penjualan : Menjual produk atau layanan melalui email promosi dan tawaran spesial.
Pengenalan merek : Menyebarkan informasi tentang produk atau layanan baru dan memperkuat pengenalan merek.
Retensi pelanggan : Mencegah pelanggan pindah ke pesaing dengan menjaga komunikasi dan memberikan nilai tambah.
Edukasi : Menyediakan informasi bermanfaat dan edukasi tentang produk atau layanan untuk membantu membuat keputusan pembelian.
Pertumbuhan bisnis : Memperluas jangkauan dan meningkatkan penjualan melalui kampanye email yang terkoordinasi dan berkualitas.
Baca Juga : Memanfaatkan Tools Digital Untuk Para Pemilik Usaha
Namun faktanya adalah sebaliknya penggunaan emal marketing terus meningkat setiap tahunnya.
Hal itu tentu terjadi bukan tanpa alasan, dan berikut beberapa hal yang perlu perhatikan jika kamu baru memulai dan hal yang harus dihindari agar newsletter kamu tetap efektif yaitu :
Segmentasi audiens : Segmentasi audiens berdasarkan data demografis, tingkatan relasi, atau perilaku belanja sebelumnya. Ini membantu untuk menyampaikan pesan yang relevan dan meningkatkan tingkat respon.
Subjek yang menarik : Subjek yang menarik dan memotivasi orang untuk membuka email. Gunakan judul yang deskriptif dan menjelaskan apa yang dapat ditemukan di dalam email.
Konten yang berkualitas : Sertakan konten yang berkualitas dan relevan bagi audiens. Pastikan untuk menambahkan gambar atau media lain yang menarik dan membantu memperkuat pesanmu.
Nilai tambah : Berikan sesuatu yang bernilai bagi pelanggan, seperti diskon, kupon, atau konten eksklusif. Ini membantu untuk membangun loyalitas dan mempertahankan minat pelanggan.
Optimalisasi mobile : Pastikan bahwa email kamu mudah dibaca dan dipahami pada perangkat mobile, karena banyak orang menggunakan perangkat seluler untuk membaca email.
Analisis dan optimasi : Terus memantau dan menganalisis tingkat respon dan interaksi pelanggan. Gunakan data ini untuk menyesuaikan dan memperbaiki strategi email marketing-mu untuk memastikan kesuksesan jangka panjang.
Namun beberapa orang mungkin beranggap bahwa email marketing sebagai spam yang berpotensi mengganggu konsumen.
Nah Untuk mengirim email marketing yang tidak mengganggu konsumen atau terkesan spam, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti :
Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, kamu dapat memastikan bahwa email marketing-mu membantu membangun hubungan yang baik dengan konsumen dan tidak mengganggu mereka.
Baca Juga : Peran SMS Marketing Dalam Pemasaran dan Manfaatnya!
Salah satu metode yang mudah dan praktis dalam mencatat penjualan adalah dengan menggunakan Aplikasi POS seperti Kasir Pintar
Kasir Pintar bisa mencatat setiap penjualan dari usahamu dan melakukan beberapa kegiatan seperti :
- Atur stok barang
- Mencatat berbagai macam metode transaksi penjualan
- Laporan usaha lengkap
- Manajemen Pelanggan (CRM)
- Manajemen Karyawan & Cabang Usaha dan masih banyak lagi
Kamu bisa Coba Gratis selama 30 Hari tanpa syarat, atau jika ingin mendapatkan fitur lengkap gunakanlah Kasir Pintar Pro.
Tag
#email marketingArtikel Terkait
Artikel Populer
Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar
Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat