Insight Bisnis / Sales & Marketing / Tools Digital Untuk Para Pelaku UMKM

Tools Digital Untuk Para Pelaku UMKM

31 Januari 2023 | marketing

Kasir Pintar

Pelaku UMKM harus bisa memanfaatkan tools digital, dengan cara menggunakan dan mengoptimalkan setiap fitur yang ada. Hal ini dilakukan supaya bisnisnya semakin meluas di dunia digital.

Misalnya, di akun Google Bisnisku, setelah mengklaim bisnis, usahakan memasukkan detail informasi usaha yang telah diperbarui, membuat postingan setiap hari.

Kita juga harus memperhatikan website yang kita miliki. Website membantu mengklaim keberadaan bisnis kamu di dunia digital, membuat pelanggan mudah menemukan bisnismu.

Dalam membangun website yang baik, untuk domain website, gunakan kata kunci yang sesuai dengan produk.

Misalnya, jika berjualan kue kering, maka gunakan kata kunci seperti “kue kering murah” dan semacamnya, agar SEO-nya mudah dan cepat untuk ditemukan, serta muncul di halaman utama.

Cara Membangun Website yang Baik

Bagaimana cara membuat website yang baik dan bisa mendatangkan keuntungan?

  1. Caranya adalah yang pertama jadikan websitemu mobile responsive
  2. Lalu, pilih domain yang mendeskripsikan bisnismu, dan pastikan konten website anda relevan dan akurat serta memuat (CTA) call to action

Cara Membuat Konten yang Menarik dan Relevan

Cara membuat konten yang menarik dan relevan yaitu tentu kamu harus memanfaatkan SEO dan SEM. 

Disini, bisnis akan lebih mudah ditemukan di mesin pencari melalui search engine marketing (ads/instan sesuai budget) dan search engine optimization (organik). 

Ada juga SED (search engine domination), yaitu bagaimana caranya tiap ada orang yang mencari produk yang dijual bisa menemukan semua link social media dan website (aset digitalnya).

Untuk membuat konten yang menarik dan relevan, kamu juga harus :

  1. Tentukan target audiens dan pahami kebutuhan mereka
  2. Pilih topik yang berkaitan dengan audiens dan relevant bagi industri atau bidang kamu
  3. Gunakan judul yang menarik dan deskripsi yang jelas
  4. Buat konten yang berguna dan informatif, berikan nilai tambah bagi pembaca
  5. Gunakan multimedia seperti gambar atau video untuk membuat konten lebih menarik
  6. Sesuaikan dengan gaya bahasa yang sesuai dengan target audiens
  7. Update konten secara teratur dan tetaplah relevan
  8. Promosikan konten melalui berbagai platform media sosial dan email marketing

Tips Dalam Meningkatkan SEM

  1. Maksimalkan headline iklan dengan menggunakan kata-kata kunci yang menarik dan dicari orang. Seperti “promo”, “diskon”, “gratis”, dan sebagainya
  2. Manfaatkan dengan baik description text, gunakan call to action yang jelas untuk memancing orang langsung melakukan tindakan
  3. Pastikan juga landing page telah sesuai dengan apa yang diiklankan. Sebab, orang paling banyak lihat iklan secara mobile, bukan dari laptop.

Tips Dalam Meningkatkan SEO

  1. Pelajari bagaimana mesin pencari bekerja
  2. Awasi dan pantau perubahan yang mempengaruhi website-mu
  3. Kemudian, cari inspirasi dari situs-situs lain (bicaralah dengan pelanggan-mu untuk mengetahui apa yang diinginkan atau dibutuhkan)

Pentingkah Media Sosial

Keberadaan media sosial juga tidak kalah penting. Social media punya banyak manfaat, di antaranya yaitu :

  • Memunculkan keberadaan bisnis online secara gratis
  • Memperluas jaringan
  • Meningkatkan visibilitas brand
  • Meningkatkan loyalitas pelanggan melalui konten
  • Serta sarana pelayanan dan feedback pelanggan. 

Untuk bisa mengembangkan bisnis lewat social media juga ada tipsnya :

  1. Buat profil yang kuat,
  2. Bagikan konten berkualitas dan konsisten dengan tema konten
  3. Lalu, follow audiens target-mu dan berinteraksi dengan mereka
  4. Kemudian kamu juga bisa bermitra dengan influencer yang memiliki engagement tinggi dengan audiensnya

Pentingnya Digitalisasi

Digitalisasi menjadi penting, karena bisa mendongkrak perekonomian. Negara bisa memiliki ekonomi yang kuat, karena UMKM-nya kuat.

Sebanyak 60,34 persen PDB Indonesia berasal dari sektor UMKM. 97,22 persen penyerapan tenaga kerja juga dari UMKM. 

Persentase jumlah usaha kecil juga mencapai angka 93,40 persen dibandingkan usaha lainnya, dan kurang dari 5 persen dari UMKM di industri jasa yang memaksimalkan media digital untuk hasil bisnis yang lebih baik. 

Untuk meningkatkan infrastruktur di dunia digital, mantapkan website atau platform yang dimiliki agar bisa mobile friendly, cepat, responsif, search engine friendly, dan memiliki kemampuan navigasi yang mudah.

Kita juga harus melakukan promo sesuai target dan media digital yang dipilih. Dengan menerapkan strategi tersebut, digitalisasi dapat meningkatkan performa bisnis.

Baca Juga : Cara Agar Berhasil Menetapkan Tujuan Bisnis

4 Tools Digital Marketing Gratis untuk Bisnis UMKM yang Wajib Dicoba

Pelaku bisnis khususnya UMKM tentunya sangat memerlukan bantuan tools untuk mengembangkan bisnis.

Digital marketing tools dapat membantu kamu mempromosikan, mengelola proyek bisnis, mendesain konten, hingga memantau situs web bisnismu.

Untuk diketahui, digital marketing tools tidak harus selalu soal iklan atau media sosial.

Ada beragam tools yang bisa digunakan untuk mengelola hampir keseluruhan bisnis kamu.

Lebih lengkapnya, berikut digital marketing tools yang bisa digunakan oleh pelaku bisnis UMKM.

1. Google Analytics

Google Analytics merupakan tools gratis yang memberikan informasi berharga terkait siapa yang mengunjungi situs web dan bagaimana mereka terlibat dengannya.

Tools ini tepat dipasangkan dengan Google Search Console, yaitu tools digital marketing gratis lainnya yang membantu kamu mengidentifikasi masalah apa pun di situs web dan mengoptimalkannya untuk traffic.

Beberapa poin data yang disediakan Google Analytics yaitu :

  • Jumlah pengunjung situs berdasarkan hari, minggu, bulan, atau periode waktu yang dapat kamu pilih.
  • Dari mana pengunjung ini berasal, rujukan dari situs web lain, penelusuran organik, iklan, sosial, atau langsung.
  • Kata kunci yang digunakan orang di Google untuk menemukan situs bisnismu.
  • Demografi dan minat pengguna.
  • Berapa lama waktu yang dihabiskan setiap pengguna di situsmu dan halaman mana yang mereka kunjungi.

Selain menggunakan Google Analytics dan Google Search Console, kamu bisa menerapkan Search Engine Optimization (SEO) untuk situsmu.

2. Canva

Konten bisnis tentunya membutuhkan visual yang dapat menarik perhatian audiens. Misalnya visual dalam bentuk desain yang menarik dan informatif untuk audiens.

Untuk membuat konten visual menarik, kamu bisa memanfaatkan platform Canva yang gratis dan mudah digunakan. Saat ini, Canva telah memiliki beragam template desain untuk keperluan konten bisnis. 

Mulai dari desain template konten media sosial, template infografis, dan banyak lagi. Canva tersedia dalam layanan gratis dan premium, namun kamu bisa memilihnya sesuai kebutuhan.

Penting untuk diketahui, Canva memiliki hasil desain grafis dengan kualitas tinggi.

3. Google Drive

Jika kamu ingin melakukan manajemen proyek dengan mudah, Google Drive merupakan tools untuk berbagi dan berkolaborasi.

Google Drive memudahkan kamu dan tim mengakses dokumen, melihat riwayat revisi, dan membiarkan anggota tim meninggalkan dan memberikan komentar.

Tak hanya itu, Drive menawarkan banyak alat bisnis termasuk dokumen, spreadsheet, dan slide presentasi. 

Baca Juga : Cara Analisis Pasar Bagi Pelaku UMKM

Salah satu metode yang mudah dan praktis dalam mencatat penjualan adalah dengan menggunakan Aplikasi POS seperti Kasir Pintar

Kasir Pintar bisa mencatat setiap penjualan dari usahamu dan melakukan beberapa kegiatan seperti :

- Atur stok barang
- Mencatat berbagai macam metode transaksi penjualan
- Laporan usaha lengkap
- Manajemen Pelanggan (CRM)
- Manajemen Karyawan & Cabang Usaha dan masih banyak lagi

Kamu bisa Coba Gratis selama 30 Hari tanpa syarat, atau jika ingin mendapatkan fitur lengkap gunakanlah Kasir Pintar Pro.

 

Artikel Terkait

Kasir Pintar lazyload
Kasir Pintar

Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar

Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat

Download Sekarang

Lihat Brosur