7 Ide Bisnis UMKM Kekinian yang Menarik dan Potensial untuk Dikembangkan
Sales & Marketing | 21 November 2024
Insight Bisnis / Sales & Marketing / Cara Menggunakan Instagram Broadcast Channel agar Lebih Dekat dengan Followers!
10 Juli 2023 | marketing
Instagram baru-baru ini meluncurkan fitur terbarunya yang disebut Instagram Broadcast Channel (IBC), dengan tujuan membantu para kreator membangun hubungan yang lebih dekat dengan audiens mereka.
Fitur ini memungkinkan para kreator untuk berinteraksi langsung dengan pengikut mereka dan mengirim pesan serta pengumuman melalui channel.
IBC juga menjadi tempat yang ideal bagi para kreator untuk berbagi konten eksklusif hanya kepada pengikut mereka.
Jadi, bagaimana sebenarnya cara menggunakan IBC ini untuk memperkuat hubungan dengan pengikut?
Jawabannya dapat ditemukan dalam artikel Kasir Pintar yang membahas secara rinci tentang hal tersebut.
Instagram Broadcast Channel (IBC) adalah fitur terbaru yang diperkenalkan oleh Instagram.
Fitur ini memungkinkan para kreator untuk mengirim pesan broadcast secara langsung kepada pengikut mereka.
Dengan menggunakan IBC, kreator dapat membagikan pesan berupa teks, foto, video, dan voice note kepada seluruh pengikut channel-nya sekaligus.
Mereka juga dapat membuat polling untuk mengumpulkan saran dari penggemar mereka.
Fitur ini berfungsi sebagai saluran komunikasi satu arah, di mana hanya kreator yang dapat mengirim pesan, sementara pengikut dapat memberikan reaksi terhadap konten dan berpartisipasi dalam jajak pendapat.
IBC dapat membantu pengguna Instagram memperkuat hubungan dengan pengikut mereka dan menjaga komunikasi yang lebih intens.
Beberapa orang membandingkan fitur IBC ini dengan channel yang ada di aplikasi Telegram.
Namun, Instagram berpendapat bahwa IBC merupakan hasil dari penyesuaian Instagram terhadap perubahan dalam cara individu berkomunikasi.
Menurut CEO Instagram, Adam Mosseri, pengguna Instagram lebih sering membagikan foto dan video melalui Direct Message daripada melalui Stories, dan mereka juga membagikan lebih banyak foto dan video di Stories daripada di Feed.
Setelah bergabung dengan IBC kreator, pengikut dapat memberikan reaksi dengan menggunakan emoji terhadap pesan yang dikirim oleh kreator, menerima notifikasi terbaru, dan berpartisipasi dalam polling.
Instagram juga memiliki rencana untuk menambahkan lebih banyak fitur di masa mendatang, seperti chat "ask me anything" secara langsung atau membuat saluran yang diisi oleh beberapa kreator.
Baca Juga: Apa Perbedaan Google Ads dan Facebook Ads? Berikut ini Perbedaan dan Keunggulannya!
Fitur Instagram Broadcast Channel (IBC) secara khusus ditujukan untuk para kreator di media sosial.
Namun, pengguna dengan akun bisnis juga dapat memanfaatkan fitur ini. Saat ini, IBC masih dalam tahap pengembangan, sehingga hanya beberapa kreator terpilih yang dapat mengakses fitur tersebut.
Jika kamu tertarik menggunakan IBC, Instagram menyediakan daftar tunggu untuk mendapatkan akses awal ke fitur tersebut.
Untuk membuat Instagram Broadcast Channel (IBC), kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut.
Pertama, buka tab Direct Message di Instagram dan ketuk tombol "create" di bagian kanan atas.
Kemudian, pilih opsi "Create Broadcast Channel" dari menu yang muncul. Selanjutnya, masukkan nama untuk IBC kamu dan kamu akan langsung dapat mengirim pesan pertama kepada pengikutmu.
Dengan demikian, kamu dapat memulai IBC dan berinteraksi dengan pengikut melalui channel tersebut.
Baca Juga: Apa Keuntungan Menggunakan Giveaway Marketing? Simak Penjelasan Lengkapnya Disini!
Setelah kamu membuat Instagram Broadcast Channel (IBC), berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakannya.
Pertama, kamu dapat memulai saluran siaran dari tab Direct Message di Instagram.
Setelah kamu mengirimkan pesan pertama melalui IBC, pengikut kamu akan menerima notifikasi yang mengajak mereka untuk bergabung dengan saluran tersebut.
Kamu juga dapat mengajak pengikut untuk bergabung dengan menggunakan stiker "Bergabung dengan Saluran" di Stories atau dengan menyematkan tautan saluran pada profilmu.
Selain itu, kamu memiliki kemampuan untuk memilah pesan yang akan diterima oleh pengikutmu.
Jika kamu adalah seorang kreator dengan langganan, kamu dapat mengatur agar pesan dikirimkan kepada "semua pengikut" kamu.
Selain itu, ada opsi untuk membuat saluran siaran terbatas hanya untuk pelanggan berbayar yang akan menerima konten eksklusif dari kamu.
Berikut adalah langkah-langkah untuk bergabung ke Instagram Broadcast Channel (IBC) kreator favoritmu:
IBC Instagram dapat menjadi platform efektif untuk membangun branding dan memasarkan produk atau layanan.
Pengikut yang merasa terhubung dengan kontenmu akan lebih cenderung merekomendasikan kontenmu kepada orang lain, yang pada gilirannya dapat membantu meningkatkan jangkauan dan popularitas kamu.
Dalam membangun hubungan dengan pengikut, penting untuk memperhatikan kualitas konten dan menerapkan strategi pemasaran yang tepat agar pengikut tetap tertarik dan aktif mengikuti akunmu.
Baca Juga: Bagaimana Cara Beriklan di Facebook? Berikut ini Caranya!
Salah satu metode yang mudah dan praktis dalam mencatat penjualan adalah dengan menggunakan Aplikasi POS seperti Kasir Pintar.
Kasir Pintar bisa mencatat setiap penjualan dari usahamu dan melakukan beberapa kegiatan seperti :
- Atur stok barang
- Mencatat berbagai macam metode transaksi penjualan
- Laporan usaha lengkap
- Manajemen Pelanggan (CRM)
- Manajemen Karyawan & Cabang Usaha dan masih banyak lagi
Kamu bisa Coba Gratis selama 30 Hari tanpa syarat, atau jika ingin mendapatkan fitur lengkap gunakanlah Kasir Pintar Pro.
Tag
#instagramArtikel Terkait
Artikel Populer
Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar
Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat