Insight Bisnis / Sales & Marketing / Format Konten dalam Content Marketing Matrix!

Format Konten dalam Content Marketing Matrix!

16 Juni 2023 | marketing

Kasir Pintar

Dalam artikel berikut, kamu dapat menemukan penjelasan lebih lanjut tentang content marketing matrix.

Content marketing matrix adalah strategi yang membantu kesuksesan pemasaran konten di media sosial kamu.

Menurut Common Ground Digital, content marketing matrix awalnya dikembangkan oleh Smart Insights untuk membantu pemasar merencanakan konten dengan tujuan tertentu.

Oleh karena itu, ini dapat menjadi kerangka kerja yang bermanfaat untuk menghasilkan ide konten awal untuk bisnis media sosial kamu.

Dengan menggunakan content marketing matrix, kamu dapat mencapai tujuan bisnis dengan lebih mudah. 

Hal ini membantu kamu membuat konten yang sesuai dengan audiens target kamu.

Jadi, bagaimana cara menggunakan content marketing matrix ini untuk bisnis kamu? Temukan lebih lanjut di bawah ini.

Ini Lho Format Konten dalam Content Marketing Matrix!

Berikut adalah beberapa format konten dalam content marketing matrix yang dapat kamu terapkan:

1. Konten Hiburan

Format konten ini bertujuan untuk menghibur audiens dan cocok untuk pelanggan yang baru memulai perjalanan mereka dengan brand. 

Meskipun belum memiliki minat untuk melakukan pembelian, mereka tetap dapat menikmati konten yang menyenangkan yang mempromosikan brand kamu. 

Contoh konten hiburan meliputi permainan dan kuis, video, kampanye viral, kompetisi, dan sebagainya. 

Konten hiburan tidak hanya cocok untuk brand yang menjual produk, tetapi juga untuk brand yang menyediakan jasa.

2. Konten Edukasi

Konten edukasi penting dalam tahap awal perjalanan pelanggan. Konten ini berisi informasi yang membantu audiens menemukan solusi atas masalah yang mereka hadapi. 

Meskipun tidak selalu memiliki tujuan penjualan langsung, konten edukasi masih menjadi bagian berharga dari strategi pemasaran konten. 

Beberapa jenis konten edukasi yang bisa kamu buat dan bagikan meliputi panduan, infografis, fakta cepat, siaran pers, laporan tren, e-book, dan lain sebagainya. 

Konten edukasi dapat membuat audiens kembali lagi ke brand kamu dan memperoleh pelanggan baru di masa mendatang.

Baca Juga: Apa Manfaat Telegram untuk Bisnis? Berikut ini Penjelasannya!

3. Konten Inspiratif

Konten inspiratif bertujuan untuk menginspirasi audiens dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian. 

Konten ini memiliki kemampuan untuk menyentuh sisi emosional pelanggan.

Dengan menggunakan konten inspiratif dengan tepat, kamu dapat menciptakan lebih banyak penjualan. 

Beberapa ide konten inspiratif yang bisa kamu coba adalah ulasan atau testimonial dari pelanggan yang sudah ada. 

Mengumpulkan review positif dan menayangkannya di media sosial dapat menginspirasi audiens lain untuk mengambil tindakan, yaitu membeli produk atau layanan kamu. 

Konten ini membangun kepercayaan dan menunjukkan tingkat keberhasilan brand kamu.

4. Konten Persuasif

Konten persuasif adalah jenis konten yang paling mungkin menciptakan konversi pelanggan.

Konten ini berfokus pada meyakinkan audiens untuk mengambil tindakan, seperti membeli produk atau layanan. 

Beberapa jenis konten persuasif yang bisa kamu buat meliputi webinar, video demo atau tutorial, dan sebagainya. 

Konten persuasif memberikan informasi kepada pengguna dan pada saat yang sama meningkatkan minat mereka untuk membeli. 

Konten ini dapat digunakan untuk meningkatkan konversi dan mencapai tujuan pemasaran.

Tips Penerapan Content Marketing Matrix

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu dalam menerapkan matriks pemasaran konten:

1. Optimasi Konten yang Sudah Ada

Manfaatkan matriks pemasaran konten untuk mengoptimalkan konten yang sudah ada.

Lakukan peninjauan terhadap konten yang sudah ada dan periksa apakah sudah mencakup berbagai format konten yang telah dijelaskan sebelumnya. 

Dengan melakukan optimasi konten yang relevan dengan kebutuhan target audiens, kamu dapat meningkatkan kinerja media sosial bisnis kamu.

2. Analisis Konten dari Kompetitor

Gunakan matriks pemasaran konten untuk menganalisis konten yang dibuat oleh pesaing.

Teliti jenis konten apa yang mereka gunakan di situs web, saluran media sosial, dan email marketing. 

Dengan mempelajari strategi konten pesaing, kamu dapat menciptakan strategi yang lebih unggul dengan menyajikan konten yang lebih baik.

3. Tingkatkan Efektivitas Konten di Masa Depan

Matriks pemasaran konten juga dapat membantu kamu meningkatkan efektivitas konten di masa depan.

Dengan memahami format konten yang sesuai dengan kebutuhan target audiens, kamu dapat menciptakan konten yang lebih baik untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Pastikan untuk menyusun strategi konten yang relevan dengan matriks pemasaran konten agar konten yang dihasilkan lebih efektif.

Dengan memahami dan menerapkan matriks pemasaran konten, kamu dapat meningkatkan efektivitas pemasaran konten untuk bisnis kamu.

Baca Juga: Cara Menggunakan Meme Marketing, Promosi Kekinian Ala Gen Z!

Salah satu metode yang mudah dan praktis dalam mencatat penjualan adalah dengan menggunakan Aplikasi POS seperti Kasir Pintar

Kasir Pintar bisa mencatat setiap penjualan dari usahamu dan melakukan beberapa kegiatan seperti :

- Atur stok barang
- Mencatat berbagai macam metode transaksi penjualan
- Laporan usaha lengkap
- Manajemen Pelanggan (CRM)
- Manajemen Karyawan & Cabang Usaha dan masih banyak lagi

Kamu bisa Coba Gratis selama 30 Hari tanpa syarat, atau jika ingin mendapatkan fitur lengkap gunakanlah Kasir Pintar Pro.

Artikel Terkait

Kasir Pintar lazyload
Kasir Pintar

Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar

Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat

Download Sekarang

Lihat Brosur