7 Cara Efektif Mencari Modal Usaha untuk Memulai Bisnis
Sales & Marketing | 24 Oktober 2024
Insight Bisnis / Sales & Marketing / Ketahui Manfaat dan Cara Riset Kompetitor!
12 Juni 2023 | marketing
Dalam menjalankan bisnis, penting untuk melakukan riset kompetitor secara menyeluruh.
Hal ini dikarenakan bisnis tidak hanya melibatkan penjual dan pembeli, tetapi juga melibatkan kemungkinan munculnya pesaing.
Sebagai analogi dengan membangun hubungan, kepercayaan saling harus dibangun antara kedua belah pihak agar tidak ada pihak ketiga yang masuk campur.
Demikian pula dalam bisnis, penting bagi pelanggan untuk mempercayai produkmu dan kamu harus menjaga kepercayaan pelanggan tersebut.
Hal ini bertujuan untuk mencegah kompetitor mengambil konsumen dari kamu.
Menentukan strategi persaingan dalam bisnis adalah tugas yang selalu berkelanjutan. Selama bisnis berjalan, kompetitor akan selalu ada.
Inilah alasan mengapa riset kompetitor sangat penting dalam bisnis.
Kamu tidak boleh sembarangan dalam menentukan strategi pemasaran.
Kamu perlu melakukan riset untuk memahami langkah-langkah pesaing, sehingga kamu dapat mengembangkan taktik yang matang.
Riset kompetitor dapat dilakukan untuk menjaga retensi pelanggan atau untuk merebut pelanggan dari pesaing yang sudah ada.
Apapun tujuannya, riset pasar adalah langkah penting yang harus kamu lakukan.
Riset kompetitor adalah proses mengumpulkan dan menganalisis informasi tentang pesaing bisnismu.
Tujuan dari riset kompetitor adalah untuk memahami dengan lebih baik pesaingmu, termasuk strategi mereka, kekuatan dan kelemahan mereka, produk atau layanan yang mereka tawarkan, harga yang mereka tetapkan, pemasaran yang mereka lakukan, dan segala hal terkait yang dapat mempengaruhi keberhasilan bisnismu.
Riset kompetitor dapat dilakukan dalam berbagai cara, seperti memantau aktivitas pesaing di media sosial, mengikuti perkembangan produk dan layanan mereka, menghadiri acara atau pameran industri tempat pesaingmu berpartisipasi, atau bahkan melakukan pembelian rahasia untuk mendapatkan pengalaman langsung dengan produk atau layanan mereka.
Baca Juga: Cara Menggunakan Meme Marketing, Promosi Kekinian Ala Gen Z!
Manfaat dari riset kompetitor termasuk:
Riset kompetitor membantu kamu memahami bagaimana pesaingmu beroperasi dan bagaimana mereka menjangkau pasar.
Hal ini dapat membantu kamu mengidentifikasi peluang baru, mengenali tren pasar, dan mengembangkan strategi yang lebih efektif.
Dengan mempelajari pesaing, kamu dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan mereka.
Informasi ini dapat digunakan untuk memperbaiki produk atau layananmu, menentukan keunggulan kompetitifmu, dan mengambil langkah-langkah untuk menghadapi persaingan.
Riset kompetitor memberikan wawasan yang berharga untuk pengembangan strategi bisnis.
Dengan memahami taktik dan strategi yang digunakan oleh pesaing, kamu dapat merencanakan langkah-langkah yang lebih baik, mengoptimalkan pemasaranmu, dan menciptakan keunggulan kompetitif yang kuat.
Dengan mempelajari produk atau layanan yang ditawarkan oleh pesaing, kamu dapat mengidentifikasi peluang untuk inovasi atau peningkatan yang dapat membuat bisnismu lebih menarik bagi pelanggan.
Dengan melakukan riset kompetitor secara teratur, kamu dapat tetap berada di depan pesaing, mengantisipasi perubahan dalam pasar, dan mengambil tindakan yang tepat untuk mempertahankan dan meningkatkan posisi bisnismu.
Berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu gunakan untuk menganalisis pesaing:
Sebelum memulai analisis, penting untuk menetapkan tujuanmu dalam mengetahui tentang pesaing kamu.
Pastikan untuk tidak mengubah tujuanmu selama melakukan riset.
Cara melakukan riset akan ditentukan oleh tujuan yang kamu ingin capai terkait dengan pesaingmu.
Setelah menetapkan tujuan, carilah informasi mengenai siapa pesaingmu.
Ketahui nama merek mereka dan di mana bisnis mereka menjual produk mereka.
Ingatlah bahwa penjual yang menjual produk serupa belum tentu menjadi pesaingmu.
Misalnya, jika pesaing kamu menjual baju muslim, sementara bisnismu menjual baju muslimah, meskipun keduanya merupakan pakaian syar'i, namun pasar yang mereka targetkan bisa berbeda.
Setelah memiliki daftar pesaing, prioritaskan pesaing berdasarkan tingkat ancaman yang mereka berikan.
Kamu dapat mengurutkannya berdasarkan kesamaan produk, strategi pemasaran, target pasar, dan harga jual.
Selanjutnya, tentukan metode analisis yang sesuai dengan tujuanmu. Pastikan untuk tetap konsisten dengan tujuanmu selama melakukan analisis pesaing.
Misalnya, jika kamu ingin menganalisis situs blog pesaing, kamu dapat menggunakan situs seperti Semrush atau Similar Web.
Jika kamu ingin menganalisis produk, pertimbangkan untuk membeli produk pesaing dan melihatnya secara langsung.
Setelah menganalisis kelemahan pesaing, terapkan hasil analisis tersebut dalam strategi bisnismu.
Misalnya, jika pesaingmu tidak menyediakan alat makan bagi pelanggan, kamu dapat membedakan diri dengan menyediakan alat makan gratis untuk pelangganmu.
Demikianlah penjelasan mengenai tips dalam melakukan riset kompetitor yang dapat kamu coba. Ingatlah untuk tidak kalah bersaing dengan pesaingmu!
Baca Juga: Tips Mendapatkan Media Partner untuk Bisnismu!
Salah satu metode yang mudah dan praktis dalam mencatat penjualan adalah dengan menggunakan Aplikasi POS seperti Kasir Pintar
Kasir Pintar bisa mencatat setiap penjualan dari usahamu dan melakukan beberapa kegiatan seperti :
- Atur stok barang
- Mencatat berbagai macam metode transaksi penjualan
- Laporan usaha lengkap
- Manajemen Pelanggan (CRM)
- Manajemen Karyawan & Cabang Usaha dan masih banyak lagi
Kamu bisa Coba Gratis selama 30 Hari tanpa syarat, atau jika ingin mendapatkan fitur lengkap gunakanlah Kasir Pintar Pro.
Artikel Terkait
Artikel Populer
Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar
Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat