Makna ‘For Sale’ : Istilah Dasar yang Wajib Dipahami oleh Pebisnis
Sales & Marketing | 10 Desember 2024
Insight Bisnis / Sales & Marketing / Tips Mendapatkan Media Partner untuk Bisnismu!
23 Mei 2023 | marketing
Media partner memiliki peran penting dalam membantu mempromosikan bisnis dan mencapai lebih banyak konsumen. Cara mendapatkannya adalah sebagai berikut!
Untuk bisnis, upaya memperoleh publikasi yang strategis sangatlah vital guna menjangkau audiens yang lebih luas.
Upaya publikasi ini mencakup kegiatan promosi, penawaran, dan pemasaran produk, layanan, serta tujuan bisnis kepada pihak-pihak potensial.
Pihak-pihak yang menjadi target publikasi yang ideal meliputi calon konsumen, investor, pemasok, dan pemerintah.
Namun, menjalankan publikasi yang efektif tidaklah mudah. Dibutuhkan perencanaan yang cermat agar konten yang disebarkan dapat diterima dengan baik dan mencakup jangkauan yang luas.
Maka dari itu, dalam beberapa kasus, bisnis perlu bekerja sama dengan mitra bisnis yang bergerak di bidang media dan publikasi.
Kolaborasi semacam ini seringkali terwujud dalam bentuk kemitraan media yang saling menguntungkan.
Jadi, apa sebenarnya yang dimaksud dengan media partner dan bagaimana cara memperolehkannya?
Menurut Adjust, media partner adalah bisnis yang menyediakan platform iklan dalam berbagai bentuk, termasuk menjual platform tersebut kepada pengiklan dalam jangka waktu tertentu.
Media partner menjual platform yang mereka miliki kepada bisnis lain untuk keperluan iklan dan promosi.
Sebagai contoh, media partner yang berfokus pada media cetak dapat menyewakan ruang iklan di majalah mereka kepada bisnis lain.
Contoh lainnya adalah media digital yang menyewakan ruang iklan di feed atau InstaStory mereka untuk mempublikasikan bisnis lain dengan batasan waktu tertentu.
Pembatasan ini berarti iklan atau promosi yang dipasang terbatas pada periode tertentu.
Setelah periode iklan berakhir, materi iklan akan dihapus atau tidak lagi ditampilkan.
Setiap perusahaan media atau pengiklan tentu memiliki segmen pasar yang berbeda.
Oleh karena itu, bisnis dapat menyesuaikan segmen pasar tersebut sesuai dengan target iklannya.
Baca Juga: Apa itu Media Buying? Definisi, Jenis, dan Prosesnya
Mitra media merupakan komponen yang sangat penting dalam ekosistem bisnis. Perusahaan media ini menyediakan ruang iklan bagi bisnis lain untuk menghasilkan keuntungan dan membangun basis pelanggan potensial.
Dengan adanya platform iklan yang disediakan, bisnis dapat dengan lebih mudah mempromosikan produk mereka dan mencapai audiens target yang tepat.
Menurut Bizfluent, kunci dalam membangun kemitraan yang baik adalah memilih perusahaan media yang memiliki segmen audiens yang serupa dengan target pasar bisnis.
Sebagai contoh, jika bisnismu bergerak di bidang fashion, kamu dapat menjalin kemitraan dengan perusahaan media yang juga fokus pada fashion, seperti majalah mode dan kecantikan atau blog yang khusus membahas dunia fashion.
Dengan cara ini, setiap materi yang dihasilkan oleh perusahaan media yang dipilih akan relevan dengan bisnismu.
Dengan kata lain, bisnismu akan lebih mudah menjalankan strategi penjualan lembut maupun agresif dengan bantuan mitra media.
Bandingkan dengan pemasaran tradisional melalui media sosial, bekerja sama dengan media memiliki kelebihan yang signifikan.
Bagi bisnis yang masih baru, mungkin mereka belum memiliki basis audiens yang besar. Bahkan pengikut bisnis di media sosial belum tentu sesuai dengan prospek bisnis mereka.
Memasang iklan di media sosial untuk mencapai audiens target yang tepat membutuhkan pengaturan yang rumit dan memakan waktu.
Ini bisa menjadi tugas yang melelahkan bagi bisnis yang sedang berkembang.
Namun dengan bekerja sama dengan perusahaan media yang tepat, kamu tidak perlu khawatir tentang prospek bisnis.
Kamu hanya perlu menyiapkan materi promosi yang diinginkan, dan mitra media akan membantu menyebarkannya.
Pemilihan mitra media yang tepat untuk bisnis merupakan langkah penting guna mencapai prospek bisnis yang diinginkan.
Berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu terapkan:
Sebelum menjalin kerjasama dengan mitra media, penting bagi bisnis untuk mengenal dan menentukan target pasar yang ingin dicapai.
Bisnis perlu memastikan kesesuaian target pasar dengan segmen audiens dari perusahaan media yang akan menjadi mitra.
Sebagai contoh, jika bisnismu bergerak di bidang kuliner, disarankan untuk memilih mitra media yang juga fokus pada bidang kuliner.
Hindari bekerja sama dengan mitra media yang kurang relevan dengan bisnis, karena iklan yang dipasang dapat tidak efektif dihadapkan pada audiens yang tidak berpotensi.
Sebelum menjalin kerjasama, tentukan tujuan atau hasil yang ingin dicapai melalui mitra media.
Tujuan tersebut dapat berupa peningkatan penjualan, peningkatan jumlah klik tautan, pertumbuhan pengikut di media sosial, atau peningkatan lalu lintas situs web.
Sebagai contoh, jika kamu menggunakan iklan dengan pendekatan soft selling melalui mitra media, kamu dapat menargetkan persentase peningkatan penjualan yang diharapkan.
Contoh lainnya adalah menargetkan pertumbuhan pelanggan dan pengikut bisnis melalui kerjasama dengan perusahaan media.
Dengan memiliki tujuan yang jelas dan dapat diukur, kamu dapat memantau tingkat keberhasilan iklan yang dilakukan.
Setelah menetapkan tujuan yang diharapkan, persiapkan materi konten yang relevan dengan media yang dipilih.
Sebagai contoh, jika bekerja sama dengan media cetak, persiapkan materi tulisan yang menarik untuk dimuat di media tersebut.
Contoh lainnya adalah jika kamu bekerja sama dengan platform media sosial, persiapkan materi promosi yang sesuai seperti postingan feed, carousel, reels, dan sebagainya.
Selain tips di atas, penting juga untuk memperhatikan rekam jejak perusahaan media yang akan menjadi mitra.
Pastikan mitra media memiliki legalitas yang sah, memiliki portofolio yang baik, dan dapat memenuhi kebutuhan klien dengan baik.
Pada dasarnya, mendapatkan mitra media tidaklah se sulit mendapatkan investor. Kerjasama dengan media merupakan bentuk kolaborasi yang saling menguntungkan.
Keuntungan yang diperoleh telah dapat dihitung dan disepakati sejak awal. Sebagai contoh, pengiklan akan mendapatkan platform khusus untuk promosi mereka.
Di sisi lain, media akan mendapatkan pendapatan atau penyewaan platform untuk iklan.
Proses mendapatkan mitra media mirip dengan bentuk kerjasama lainnya, seperti mengajukan proposal atau perjanjian serupa.
Secara umum, berikut adalah langkah-langkah untuk menjalin kerjasama dengan media:
Langkah 1: Teliti mitra media yang tepat, yang sesuai dengan prospek bisnis dan target pasar yang dicari.
Perhatikan kesesuaian antara bidang bisnis dan mitra media yang dipilih, serta platform yang digunakan.
Langkah 2: Buat daftar mitra media yang ideal. Kamu dapat menyusun daftar berdasarkan perusahaan media yang paling diharapkan.
Susunan mitra calon ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis.
Langkah 3: Hubungi mitra media. Hubungi daftar calon mitra yang kamu miliki untuk meminta informasi lebih lanjut.
Tanyakan tentang kemungkinan kerjasama, prosedur kerjasama, dan saluran komunikasi yang tersedia.
Langkah 4: Jalin komunikasi yang lebih intensif. Setelah menemukan mitra calon yang ideal, kamu dapat menjalin komunikasi lebih lanjut.
Ada beberapa hal spesifik yang dapat kamu tanyakan, seperti jumlah audiens bulanan, prospek pasar, persyaratan kerjasama, dan lainnya.
Langkah 5: Ajukan proposal kerjasama. Dalam proposal kerjasama, sertakan semua kondisi yang diharapkan dari kemitraan yang akan dibangun.
Termasuk hak dan kewajiban, manfaat bagi kedua belah pihak, pembayaran, ketentuan penyelesaian kerjasama, dan sebagainya.
Demikianlah penjelasan mengenai mitra media dan cara mendapatkannya yang dapat kamu coba untuk meningkatkan bisnis!
Baca Juga: Kenali 5 Jenis Partnership dalam Bisnis!
Apa Itu Kasir Pintar?
Aplikasi Kasir Pintar adalah Mobile Point of Sales yang dirancang khusus untuk membantu para pebisnis UMKM dalam menjalankan segala transaksi penjualan dengan simple, akurat dan ekonomis.
Kenapa Harus Kasir Pintar?
- Aplikasi POS berbasis cloud yang khusus untuk UMKM
- Fitur aplikasi lengkap dan terintegritas satu sama lainnya
- Mendukung perkembangan usaha dengan penyajian data yang lengkap
- Tampilan aplikasi mudah dipelajari untuk orang yang pertama kali menggunakan
- Aplikasi selalu diupdate dan diperbaiki untuk layanan yang lebih baik
Aplikasi kasir terlengkap kelola semua kebutuhan bisnis sobat KasPin! Sudah dipercaya oleh 1.500.000+ UMKM di Indonesia.
Tag
#media partnerArtikel Terkait
Artikel Populer
Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar
Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat