Insight Bisnis / Sales & Marketing / Konsep Marketing Mix 7P, Strategi Pemasaran yang Tepat Untuk Bisnis Kamu

Konsep Marketing Mix 7P, Strategi Pemasaran yang Tepat Untuk Bisnis Kamu

31 Agustus 2022 | marketing

Kasir Pintar

Tahukah kamu apa itu Marketing Mix 7P? Istilah ini sebenarnya dicetuskan pertama kali oleh Neil Borden, seorang Profesor Marketing di Harvard University pada tahun 1948.

Dalam pidatonya tahun 1953 kepada American Marketing Association, Neil Borden menguraikan tentang apa itu marketing mix dan bagaimana cara mengembangkan rencana pemasaran agar sukses.

Berbagai poin yang disampaikan diantaranya yaitu membuat keputusan pemasaran yang menguntungkan, antara lain :

  • Meningkatkan kelebihan dan mengatasi kekurangan
  • Menjadi lebih kompetitif dan mudah beradaptasi di lingkungan pasar
  • Meningkatkan kolaborasi antara mitra dan juga departemen

Pada dasarnya hal ini merujuk pada kata marketing mix atau bauran pemasaran yang merupakan sekumpulan variabel (4P dan 7P) dengan tujuan untuk memasarkan produk untuk mencapai target yang diinginkan.

Dalam bauran pemasaran istilah 7P pada dasarnya merupakan perpanjangan dari teori 4P. 

Untuk itu bagi kamu yang saat ini sedang menjalankan bisnis atau kamu yang saat ini sebagai seorang pelaku usaha, artikel ini tidak boleh terlewatkan dan sangat cocok untuk kamu baca.

Kasir Pintar akan membahas secara rinci seputar perbedaan marketing mix 7P dan 4P, konsep marketing 7P, strategi marketing mix 7P, serta contoh penerapannya. 

Apa Itu Marketing Mix 7P?

Jika tadi sudah membahas mengenai definisi dari marketing mix atau bauran pemasaran, maka kali ini kita akan masuk pada pembahasan mengenai Marketing Mix 7P.

Marketing Mix 7P adalah strategi pemasaran dalam mendapatkan profit atau keuntungan sebesar-besarnya untuk menentukan kesuksesan perusahaan dengan menggunakan 7 elemen, yaikni :

  • Products
  • Price
  • Promotions
  • Place
  • People
  • Physical Evidence
  • Process.

Penjelasan Marketing Mix 7P Menurut Para Ahli

Berikut adalah penjelasan secara rinci dari para ahli mengenai definisi dari konsep Marketing Mix 7P :

1. Kotler & Armstrong (1997)

“Sekumpulan alat pemasaran untuk meyakinkan target pasar yang biasanya digunakan oleh para perusahaan. Sebenarnya konsep pendekatan Marketing Mix 4P sudah berhasil diterapkan pada produk manufaktur, namun hal ini juga masih perlu elemen tambahan.”

2. Booms & Bitner (1981)

“Menyarankan elemen tambahan 3P (people, physical evidence, dan process) terutama yang terlibat dalam pemasaran, baik dalam bidang layanan ataupun jasa.”

3. Yazid (1999)

“Mengacu pada 2 pandangan para ahli diatas, menegaskan bahwa dalam bidang layanan atau jasa terdapat 7 elemen marketing yaitu 7P (product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process).”

Apabila dijabarkan dari berbagai sudut pandang definisi beberapa ahli tersebut, pengertian dari marketing Mix 7P adalah elemen-elemen taktis dengan versi lebih lengkap dari bauran marketing sebelumnya yakni marketing mix 4P.

Tujuan 7P

Tujuan dari adanya marketing mix 7P yaitu sebagai alat untuk menganalisis kondisi pasar secara lebih mendalam.

Selain itu juga tujuan lain yaitu untuk memenuhi keinginan, kebutuhan, serta kepuasan pelanggan untuk lingkungan internal maupun eksternal pasar.

Apa Itu Marketing Mix 4P? 

Marketing mix 4P merupakan konsep awal dalam bauran pemasaran yang hanya mencakup 4 elemen saja, yaitu : Products, Price, Promotion, serta Place. 

Seiring perkembangan teknologi kemudian konsep ini dimodifikasi serta penambahan beberapa elemen dari para ahli. 

Baca juga : Tips Usaha Meroket Menggunakan Strategi Bisnis Model Canvas

Perbedaan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) 4P dan 7P

Jika ingin tahu perbedaan antara marketing mix 4P dan 7P, kamu cukup lihat dari elemen - elemen yang terlibat di dalamnya.

Seperti pada marketing mix 4P yang hanya melibatkan produk, harga, tempat, dan promosi saja, maka pada 7P ditambahkan beberapa elemen pendukung lainnya, seperti : bukti fisik, proses, dan orang.

Meskipun sudah ada konsep 4P untuk memperjelas bauran penjualan yang strategis, namun 7P dibuat lebih dalam dan tentunya lebih baik digunakan dalam analisis kondisi pasar.

Konsep Marketing Mix 7P

Untuk pemahaman lebih lanjut berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya :

1. Product (Produk atau Jasa)

Produk merupakan segala sesuatu yang diperoleh dari hasil produksi suatu usaha. Produk dapat berbentuk barang, jasa maupun bentuk visual. 

Di era digital seperti saat ini cakupan produk menjadi sangat luas karena berbentuk virtual, contohnya yaitu yang biasa kita temui di lini kehidupan sehari - hari, seperti : website, aplikasi, dan lainnya.

Dalam menciptakan sebuah produk agar memiliki nilai jual yang tinggi maka kamu perlu memperhatikan beberapa komponen pendukung utama, seperti : demand atau permintaan pasar terhadap produk tersebut dan juga target pasar.

Selain itu dalam proses penciptaan produk, perhatikan 2 unsur utama yang perlu diperhatikan, yaitu dari segi kualitas dan juga visual.

Kemudian langkah selanjutnya yaitu melakukan riset pesaing, hal itu ditujukan agar produkmu memiliki nilai jual yang lebih daripada produk milik kompetitor, nilai lebih akan membuka peluang besar kepada customer untuk lebih tertarik pada produk yang kamu jual.

2. Harga (Price)

Harga yaitu sejumlah uang yang perlu dibayarkan oleh konsumen untuk membeli produk yang kamu tawarkan.

Dalam menentukan harga diperlukan tahap kalkulasi yang tepat, agar nantinya dalam proses penjualan tidak memperoleh kerugian atau dampak buruk bagi perkembangan bisnis kamu.

Kemudian dalam menentukan harga pasar, janganlah mematok harga terlalu tinggi ataupun terlalu rendah karena akan berdampak juga pada daya minat beli konsumen.

Untuk menentukan harga kamu bisa menggunakan metode BEP (Break Even Price) yaitu harga terkecil yang direkomendasikan untuk dipasang dalam sebuah produk tanpa mengalami kerugian.

Berikut adalah rumus BEP, yang bisa kamu gunakan untuk menghitung nilai jual produk :

BEP = (Total Fixed Cost / Production Volume) + Variable Cost Per Unit

Keterangan :

- Total Fixed Cost : biaya keseluruhan yang digunakan dalam membuat produk 

- Production Volume : jumlah produk yang berhasil dibuat

- Variable Cost Per Unit : biaya yang digunakan untuk membuat 1 (per) produk

3. Tempat (Place)

Tempat merupakan fokus utama dalam mendirikan sebuah usaha atau bisnis. Dimana semakin strategis lokasi yang kamu gunakan untuk mendirikan bisnis, semakin besar juga keuntungan yang kamu peroleh.

Bagaimana cara menentukan lokasi yang tepat? 

Pertama yaitu kamu perlu menentukan target market, segmentasi dan juga demografi pasar apakah untuk kalangan bottom, middle atau bahkan up.

4. Promosi (Promotions)

Promosi ini mencakup, seperti bagaimana cara memasarkan produk, lalu media apa saja yang digunakan sebagai sarana pemasaran, dan lain sebagainya.

Tujuan dari strategi marketing yang berupa promosi ini yaitu :

  • - Mengidentifikasi dan mencari konsumen baru.
  • - Sebagai sarana komunikasi untuk produk baru.
  • - Meningkatkan jumlah konsumen agar produk bisa dikenal secara lebih luas.
  • - Menginformasikan kepada konsumen bahwa telah adanya upgrade produk.
  • - Mengajak konsumen untuk datang ke tempat penjualan produk.
  • - Memotivasi konsumen agar mereka memilih atau membeli produk yang kamu tawarkan

Promosi merupakan salah satu aktivitas pemasaran yang bersifat membujuk serta mempengaruhi dan mengingatkan customer bahwa produk telah berhasil dipasarkan dan dibeli oleh mereka.

Salah satu cara yang tepat untuk melakukan promosi yaitu dengan memasang iklan.

Iklan dapat dilakukan melalui berbagai macam media elektronik maupun bukan, seperti contoh : surat kabar (koran), majalah, brosur, spanduk, berbagai platform social media.

5. Orang (People)

Sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu komponen penting dalam strategi marketing mix 7P. 

Karena maju atau tidaknya sebuah perusahaan ditentukan oleh kualitas SDM yang bekerja didalamnya. 

Hal ini juga yang membuat berbagai perusahaan saling berlomba untuk mencari kandidat pekerja atau pelamar dengan background pendidikan tinggi serta relasi yang luas.

Berbagai pertanyaan sering dilontarkan dalam tahap pencarian pekerja, seperti : apakah karyawan tersebut mempunyai performance yang tinggi, apakah karyawan tersebut loyal, karyawan tersebut mampu melayani konsumen dengan baik atau bahkan sebaliknya.

Selain itu faktor penting lain dalam konteks sumber daya manusia (SDM) adalah attitude dan motivasi karyawan dalam industri jasa.

Attitude yang dimaksud disini adalah seperti : penampilan karyawan, suara dalam bicara, body language, ekspresi wajah, serta tutur kata bagaimana berperilaku.

Kemudian yang dimaksud motivasi adalah hal yang menunjukkan sejauh apa karyawan tersebut ingin atau sejauh mana mereka menyukai pekerjaan sedang yang diberikan.

6. Tampilan Fisik (Physical Evidence)

Tampilan fisik adalah segala sesuatu yang mencakup tentang packaging atau kemasan cara perusahaan menampilkan atau menyajikan produk mereka ke pasaran.

Kualitas produk memang penting, namun kesan pertama yang terlihat di mata konsumen adalah dilihat dari kemasan produk tersebut. 

Maka buatlah tampilan produk yang baik agar menarik konsumen, kemasan dapat berupa tampilan UI/UX, tampilan aplikasi, maupun kecepatan situs. 

7. Proses (Process)

Proses yang dimaksud dalam pembahasan disini adalah, bagaimana cara perusahaan melayani permintaan dari konsumennya. 

Dimulai dari konsumen memesan (order) produk hingga akhirnya sampai pada tahap akhir yaitu pembayaran produk (konsumen mendapatkan apa yang diinginkan).

Dalam menerapkan proses ini, sangat diperlukan untuk menjaga konsistensi dalam melakukan promosi produk kepada pelanggan secara luas untuk mendapatkan hasil yang baik.                                                               

Baca Juga :

- Pentingnya Leadership dalam Korporasi Untuk Efesiensi Kerja

- Definisi Jurnal Penjualan dan Aspek Penting yang Terkait

Strategi Marketing Mix 7P 

Setelah kamu berhasil untuk mengetahui setiap elemen pendukung dari konsep marketing mix 7P, selanjutnya adalah menentukan bagaimana strategi yang perlu diterapkan. 

Berikut adalah rangkuman dari strategi penerapan marketing mix 7P yang efektif dan cocok untuk bisnis kamu :

1. Membuat produk dengan harga yang sesuai

Sesuaikanlah produk dan harga barang sesuai dengan kondisi pasar serta target market konsumen bisnis kamu.

2. Menentukan lokasi bisnis yang strategis

Pilihlah lokasi bisnis yang sekiranya strategis disesuaikan juga dengan target pasar yang ingin kamu tuju.

3. Membuat rancangan promosi

Selalu terus aktif dalam mengkomunikasikan bisnis kamu di berbagai platform jejaring sosial agar lebih berpotensi untuk dijangkau pelanggan.

4. Mengelola karyawan dengan baik

Pastikan kelola karyawan kamu secara aktif dan tepat dan jangan lupa untuk menerapkan SOP (Standar Operasional Prosedur) untuk memudahkan aktivitas perusahaan agar efektif dan lancar.

Contoh Penerapan Marketing Mix pada Bisnis Kamu

Untuk lebih dalam memahami dan mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana konsep Marketing Mix 7P dalam bauran pemasaran yang dilakukan sebuah brand secara nyata, mari kita ambil contoh melalui brand seperti Kasir Pintar.

1. Product

Kasir Pintar merupakan sebuah perusahaan startup yang bergerak di bidang perangkat lunak.

Kasir pintar menghadirkan berbagai macam jasa layanan, seperti : mengatur stok barang, mencatat berbagai macam metode transaksi penjualan, laporan usaha lengkap, manajemen Pelanggan (CRM), manajemen Karyawan & Cabang Usaha dan masih banyak lagi.

Kasir Pintar dapat digunakan untuk mengelola bisnis, seperti : pada usaha kuliner & FnB, Online Shop, Counter HP, Persewaan, Barbershop,  Mini Market, Laundry, Butik, Bengkel dan berbagai macam usaha lainnya.

2. Price 

Dengan sasaran para pelaku UMKM di Indonesia, Kasir Pintar menetapkan harga yang tentunya sesuai dengan target marketnya. Setiap layanan atau jasa yang diberikan harga yang ditawarkan mulai dari Rp 27.750 an. Untuk harga dan layanan lain lebih lengkapnya kamu bisa klik disini

3. Place

Kasir Pintar sendiri beralamat di :

- Pusat : Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No.19, Medokan Semampir, Kota Surabaya

- Cabang : Jl. Raya Danau Tondano F4 E23 Ruko D, Sawojajar, Kota Malang

Apabila kamu ingin menggunakan aplikasi Kasir Pintar kamu tidak perlu repot - repot untuk datang ke kantor, karena itu semua bisa dilakukan secara online dengan menghubungi customer service Kasir Pintar.

4. Promotion 

Kasir Pintar melakukan berbagai macam jenis promosi mulai dari voucher diskon, melalui iklan Google, media sosial dan lain sebagainya.

5. People

Sumber daya manusia (SDM) yang direkrut oleh Kasir Pintar tentunya adalah orang-orang yang profesional dan telah melewati berbagai macam proses rekrutmen yang panjang.

6. Physical Evidence

Dari segi online dapat kita lihat bahwa physical evidence dari Kasir Pintar sendiri yaitu berupa : logo, tampilan menu, aplikasi, website, rating, hingga merambah ke media sosial.

Sementara itu apabila dilihat dari segi offline, dapat berupa : tampilan fisik dari Kasir Pintar itu sendiri (tools) dan lainnya.

7. Process

Adanya support seller center yang dapat membantu kamu apabila memerlukan bantuan dalam pengoprasian aplikasi Kasir Pintar, dan berbagai macam tambahan informasi lainnya. 

Kami siap membantu sesuai dengan kebutuhan anda, hubungi Customer Service, Technical Support, Maintainer, Blasting, Marketing Kasir Pintar untuk informasi seputar Kasir kamu. 

Kami siap melayani anda dengan sepenuh hati, serta menyelesaikan masalah yang anda alami saat menggunakan layanan kami. 

Buka setiap hari (Senin - Minggu : 08:00 - 21:00)

 

Kesimpulan 

Untuk mewujudkan semua strategi marketing mix 7P yang sudah dijelaskan di atas, tentunya dibutuhkan perencanaan pembiayaan yang baik dan terencana juga.

Untuk itu kamu tidak perlu repot lagi untuk membuat jurnal penjualan, yang perlu diterapkan pada saat penghitungan harga, seperti menentukan BEP (Break Even Price) pada konsep penjelasan marketing mix 7P diatas.

Salah satu metode yang mudah dan praktis dalam mencatat penjualan adalah dengan menggunakan Aplikasi POS seperti Kasir Pintar

Kasir Pintar bisa mencatat setiap penjualan dari usahamu dan melakukan beberapa kegiatan seperti :

  • Atur stok barang
  • Mencatat berbagai macam metode transaksi penjualan
  • Laporan usaha lengkap
  • Manajemen Pelanggan (CRM)
  • Manajemen Karyawan & Cabang Usaha dan masih banyak lagi

Kamu bisa pelajari fitur-fitur dari Kasir Pintar dengan mengklik link berikut ini, Pelajari Fitur

Kamu juga bisa coba gratis selama 30 Hari dan mendapatkan fitur lengkap dari Kasir Pintar Pro.

Artikel Terkait

Kasir Pintar lazyload
Kasir Pintar

Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar

Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat

Download Sekarang

Lihat Brosur