Tips Sukses Jualan di Tik Tok Shop Tanpa Ribet Stok Barang
Sales & Marketing | 13 Desember 2024
Insight Bisnis / Sales & Marketing / Tingkatkan Layanan Konsumen Bisnis Kecil dengan 3 Strategi Efektif!
9 Oktober 2023 | marketing
Bisnis kecil sering diakui memiliki layanan konsumen yang unggul berkat pendekatannya yang personal.
Banyak orang menghubungkan kesuksesan bisnis kecil dengan hubungan yang terjalin erat dengan pelanggan.
Di tengah persaingan bisnis yang ketat saat ini, memberikan pelayanan pelanggan yang luar biasa sangat krusial bagi bisnis kecil yang ingin mencapai sukses.
Pelanggan yang merasa puas memiliki peluang besar untuk kembali dan mengajak orang lain bertransaksi dengan bisnismu, yang pada akhirnya membantu membangun basis pelanggan setia.
Selain itu, pelanggan setia memiliki potensi besar untuk meningkatkan profit bisnis.
Pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana cara agar bisnismu terus meningkatkan pelayanan konsumen?
Beberapa langkah berikut dapat diambil untuk mengoptimalkan pelayanan pelanggan dan membedakan bisnis kecilmu dari pesaing.
Karyawan adalah representasi dari identitas bisnismu. Oleh karena itu, melatih karyawan untuk memberikan pelayanan pelanggan yang unggul memiliki arti yang sangat besar.
Tidak hanya cukup memiliki pengetahuan tentang produk, karyawan juga perlu memahami seni mendengarkan secara aktif, mengatasi masalah, dan berkomunikasi dengan efektif kepada konsumen.
Jika dari awal karyawan telah diberdayakan dengan keterampilan untuk berinteraksi dengan pelanggan, mereka akan mampu memberikan layanan yang personal dan mulus.
Selain itu, penting bagi karyawan untuk merespons pertanyaan konsumen dengan cepat.
Menurut riset, lebih dari 60% pelanggan mengharapkan tanggapan dalam waktu satu jam setelah menghubungi bisnis melalui media sosial.
Oleh karena itu, kamu dan tim harus mampu merespons pertanyaan dan keluhan konsumen dengan segera.
Dalam hal ini, teknologi seperti chatbots dapat diandalkan untuk mengotomatiskan respon terhadap pertanyaan pelanggan, dan juga perlu dipersiapkan proses yang memungkinkan karyawan merespons dengan cepat.
Jangan lupakan pentingnya pelatihan untuk membekali karyawan dengan keterampilan empati, terutama ketika menghadapi konsumen yang sulit.
Empati memiliki peran penting dalam meredakan situasi tegang dan membuat pelanggan merasa didengarkan serta dipahami.
Dengan menunjukkan empati, bisnismu dapat mengubah pengalaman pelanggan dari negatif menjadi positif, bahkan ketika awalnya pelanggan merasa tidak puas.
Baca Juga: Cara Analisa Pasar Bagi Pelaku UMKM
Dalam pelayanan pelanggan, aksesibilitas memegang peran sentral. Pastikan bahwa bisnismu dapat dijangkau dengan mudah oleh pelanggan.
Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk menyediakan berbagai saluran komunikasi yang mudah diakses oleh pelanggan, mulai dari telepon, email, hingga media sosial.
Untuk meningkatkan kualitas layanan, pertimbangkanlah menyediakan layanan khusus yang tidak umumnya ditawarkan oleh bisnis lain, seperti perpanjangan jam layanan.
Tak hanya itu, ingatlah bahwa pelanggan menghindari kerumitan.
Maka dari itu, disarankan untuk menjadikan proses dan prosedur layanan semudah mungkin.
Pastikan pelanggan dapat dengan mudah menavigasi situs web atau toko Anda, dan menemukan informasi atau produk yang mereka butuhkan dengan cepat.
Selain kemudahan, personalisasi juga merupakan aspek krusial dalam layanan konsumen.
Untuk memberikan layanan yang benar-benar dipersonalisasi, penting bagi kamu untuk mengumpulkan data pelanggan yang relevan.
Data tersebut bisa digunakan sebagai dasar untuk menyesuaikan layanan dengan preferensi dan kebutuhan konsumen.
Penyesuaian tersebut dapat mencakup banyak hal, mulai dari menyebutkan nama pelanggan, mengingat riwayat pembelian mereka, memberikan rekomendasi produk yang disesuaikan, hingga memberikan diskon spesial yang eksklusif untuk pelanggan setia.
Mengukur kepuasan pelanggan menjadi langkah penting dalam meningkatkan upaya pelayanan pelanggan.
Tanpa penilaian kualitas yang jelas, sulit mengetahui sejauh mana layanan yang diberikan oleh bisnismu telah mencapai tingkat optimal.
Maka dari itu, penting bagi kamu untuk menghimpun feedback dari pelanggan dan menggunakan informasi tersebut untuk mengidentifikasi aspek yang masih memerlukan perbaikan.
Pendapat konsumen memegang peran signifikan dalam membantumu menyelaraskan proses bisnis dengan kebutuhan mereka.
Salah satu cara sederhana untuk mengukur kualitas layanan pelanggan adalah dengan bertanya langsung kepada pelanggan, terutama setelah mereka berinteraksi dengan bisnismu.
Kamu dapat memanfaatkan alat digital seperti survei yang bisa dikirimkan kepada pelanggan segera setelah interaksi berlangsung, melalui berbagai saluran seperti:
Sifat survei yang real-time memastikan bahwa detail interaksi masih segar dalam ingatan pelanggan, memungkinkan kamu untuk menyelaraskan survei dengan panggilan, obrolan, atau email tertentu.
Sebagian besar platform CRM menawarkan fitur ini sebagai bagian dari aplikasinya.
Pertimbangkan juga penggunaan aplikasi kasir online yang dilengkapi dengan fitur CRM untuk mengoptimalkan layanan konsumen.
Dengan ini, tidak hanya kualitas layanan yang ditingkatkan, tetapi proses transaksi juga menjadi lebih cepat dan mudah, terutama jika kamu menggunakan aplikasi kasir online.
Baca Juga: Bagaimana Cara Memperluas Jangkauan Pasar? Ini 5 Langkah Praktis yang Bisa Kamu Gunakan!
Salah satu metode yang mudah dan praktis dalam mencatat penjualan adalah dengan menggunakan Aplikasi POS seperti Kasir Pintar
Kasir Pintar bisa mencatat setiap penjualan dari usahamu dan melakukan beberapa kegiatan seperti :
- Atur stok barang
- Mencatat berbagai macam metode transaksi penjualan
- Laporan usaha lengkap
- Manajemen Pelanggan (CRM)
- Manajemen Karyawan & Cabang Usaha dan masih banyak lagi
Kamu bisa Coba Gratis selama 30 Hari tanpa syarat, atau jika ingin mendapatkan fitur lengkap gunakanlah Kasir Pintar Pro.
Tag
#strategi bisnisArtikel Terkait
Artikel Populer
Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar
Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat