Insight Bisnis / Sales & Marketing / Tips-tips Membuat Kalimat Promosi yang Efektif untuk Jualan Online!

Tips-tips Membuat Kalimat Promosi yang Efektif untuk Jualan Online!

6 Juni 2023 | marketing

Kasir Pintar

Mengapa kalimat promosi dapat mempengaruhi pelanggan untuk membeli produk? Bagaimana cara membuat kalimat promosi yang efektif untuk penjualan online?

Promosi dan pemasaran merupakan komponen yang tak terpisahkan dalam bisnis. 

Tanpa sistem promosi dan pemasaran yang baik, bisnis tidak dapat berjalan dengan lancar. Meskipun memiliki produk yang bagus saja tidak cukup untuk menarik pelanggan.

Promosi dan pemasaran berfungsi sebagai alat untuk menarik pelanggan dan meningkatkan penjualan.

Ada berbagai media yang dapat digunakan untuk melakukan promosi produk. Namun, satu kesamaan yang dimiliki oleh semua media tersebut adalah penggunaan kalimat promosi.

Media promosi seperti brosur, banner, video, dan bahkan promosi door to door membutuhkan kalimat ajakan yang menarik.

Kalimat-kalimat tersebut lebih dikenal sebagai kalimat promosi.

Kalimat promosi harus memiliki sifat persuasif. Menurut The School Run, kalimat persuasif dirancang untuk membujuk audiens agar mau melakukan sesuatu.

Dengan kata lain, kalimat promosi berfungsi sebagai ajakan kepada audiens untuk tertarik dan membeli produk.

Bagaimana Cara Membuat Kalimat Promosi yang Efektif?

Ada beberapa tips yang dapat kamu coba dalam membuat kalimat promosi.

Kamu dapat mengaplikasikannya untuk meningkatkan daya tarik produkmu agar lebih cepat terjual. Yuk, simak tips berikut ini!

1. Mengenal Produk Kamu

Tips pertama dalam membuat kalimat promosi adalah dengan mengenal produk yang kamu jual. Kamu perlu mengetahui spesifikasi dan kelebihan produkmu.

Dalam menulis kalimat promosi, kamu harus menjelaskan spesifikasi produk sesuai dengan kondisi aktual produkmu.

Dengan memahami spesifikasi produk, kamu dapat membuat kalimat promosi yang baik dan mewakili produk yang kamu miliki. Jika kamu kurang memahami produkmu, kalimat promosi mungkin menjadi kurang efektif.

2. Memahami Target Audiens

Setelah mengenal spesifikasi dan kelebihan produk, kamu juga perlu memahami target audiens. 

Pemilihan kata dan diksi dalam kalimat promosi perlu disesuaikan dengan karakter audiens.

Jika target pasar kamu adalah remaja, kamu dapat menggunakan gaya bahasa kasual yang lebih santai dalam kalimat promosi. 

Sebaliknya, jika target pasar kamu adalah orang dewasa, gunakanlah gaya bahasa yang sedikit lebih formal.

Secara dasar, kalimat promosi harus dapat diterima dan dipahami oleh semua orang, baik itu target audiensmu maupun bukan.

Namun, dalam penulisannya, kamu dapat menggunakan kata-kata formal atau membuatnya lebih kasual.

Baca Juga: Bagaimana Cara Optimalkan Traffic Estimation untuk SEO? Ini Caranya!

3. Singkat dan Jelas

Kalimat promosi harus ditulis dengan singkat dan jelas. Pada dasarnya, kalimat promosi berfungsi sebagai pemicu awal yang dapat mempengaruhi audiens. 

Melalui kalimat singkat ini, audiens akan terdorong untuk mencari tahu lebih lanjut tentang produkmu.

Kalimat promosi sebaiknya terdiri dari satu kalimat yang sama dan terdiri dari beberapa kata singkat. 

Gunakan kata-kata ajakan yang dapat mempengaruhi audiens. Semakin singkat kalimat promosi, semakin mudah dibaca dan dimengerti oleh audiens.

Selain itu, ingatlah bahwa teks bukan satu-satunya unsur dalam media promosi. Jadi, hindari penggunaan terlalu banyak ruang untuk kalimat.

4. Fokus pada Satu Sapaan

Sebuah kalimat promosi akan memposisikan kamu sebagai penjual sekaligus memposisikan audiens sebagai pelanggan. 

Oleh karena itu, kamu perlu memikirkan kata sapaan yang tepat untuk audiens Anda.

Misalnya, kamu dapat menggunakan kata "Anda," "Kamu," "Anda semua," "Ibu," "Bapak," dan sebagainya. 

Gunakan kata sapaan yang paling sesuai dengan karakteristik bisnismu.

Misalnya, jika kamu menjual mainan anak-anak, kamu dapat menggunakan kata sapaan "Ibu" yang merujuk kepada orang tua anak-anak.

Gunakan kata sapaan secara konsisten dalam semua materi promosi, baik itu dalam media cetak, deskripsi produk, keterangan, atau narasi video promosi.

5. Gunakan Pertanyaan

Kalimat promosi tidak selalu harus dalam bentuk pernyataan. Kamu juga dapat membuat kalimat promosi dalam bentuk pertanyaan. 

Model kalimat ini dibuat untuk memicu rasa penasaran audiens.

Misalnya, jika kamu memiliki bisnis tanaman hias, kamu dapat membuat kalimat promosi dalam bentuk pertanyaan seperti "Mencari tanaman hias termurah di Bogor?" Kalimat tersebut seolah menjawab kebutuhan calon pelangganmu.

Kalimat tanya akan mendorong pelanggan untuk mencoba menjawabnya dan melihat apakah kebutuhan mereka terpenuhi. 

Secara tidak langsung, pelanggan akan merasa bahwa tokomu menjual barang yang mereka cari.

6. Jelaskan Kegunaan, Bukan Fitur

Tips selanjutnya dalam membuat kalimat promosi adalah dengan menuliskan kegunaan produk, bukan hanya fiturnya. 

Banyak kalimat promosi yang hanya menceritakan fitur-fitur, padahal pelanggan sebenarnya membeli kegunaan produk.

Misalnya, jika kamu menjual wajan anti lengket, jelaskan kegunaan dari wajan anti lengket tersebut. 

Misalnya, kamu dapat menuliskan bahwa dengan wajan anti lengket, pelanggan dapat memasak berbagai jenis makanan tanpa khawatir menempel di permukaan wajan.

Sebaliknya, kamu tidak perlu menjelaskan secara detail tentang material anti-lengket yang digunakan atau mengapa material tersebut tahan lengket. 

Pelanggan lebih tertarik pada kegunaan produk untuk memenuhi kebutuhan mereka.

7. Hindari Penggunaan Kalimat yang Sama

Tips lain dalam membuat kalimat promosi adalah hindari menggunakan kalimat yang sama untuk promosi yang berbeda. 

Satu kalimat promosi hanya dapat digunakan untuk satu topik promosi saja.

Bedaan kalimat promosi untuk setiap kampanye. Kalimat promosi ini menjadi salah satu hal yang akan diingat oleh pelanggan. 

Dengan begitu, pelanggan dapat membedakan setiap promosi yang kamu buat.

Setiap kalimat promosi juga mencerminkan keseluruhan promosi tokomu. 

Kalimat promosi bisa berisi diskon yang ditawarkan atau penawaran menarik lainnya.

Penggunaan kalimat promosi untuk berbagai media juga dapat berbeda. 

Misalnya, kalimat promosi untuk banner dan keterangan mungkin berbeda. 

Keduanya memiliki ruang teks yang berbeda dan dapat disesuaikan lagi.

8. Hindari Janji Palsu

Kalimat promosi harus berisi ajakan yang menarik. Namun, jangan berlebihan dalam memberikan janji atau menawarkan sesuatu yang tidak dapat dipenuhi.

Buatlah kalimat promosi sesuai dengan kondisi dan penawaran yang kamu miliki. 

Jangan memberikan janji palsu kepada pelanggan. Memperbaiki kekecewaan pelanggan yang timbul akibat janji palsu jauh lebih sulit daripada mencari pelanggan baru.

Penutup

Dalam proses promosi dan pemasaran, kalimat promosi memiliki peran yang sangat penting untuk mempengaruhi pelanggan dalam membeli produk. 

Dengan menerapkan beberapa tips di atas, kamu dapat menciptakan kalimat promosi yang efektif dan menarik perhatian audiens. 

Kenali produkmu dengan baik, pahami target audiens, gunakan kalimat singkat dan jelas, fokus pada satu sapaan, manfaatkan pertanyaan, jelaskan kegunaan produk, hindari penggunaan kalimat yang sama, dan tetap jujur dalam janji yang diberikan kepada pelanggan.

Dalam dunia promosi dan pemasaran yang semakin kompetitif, kemampuan untuk membuat kalimat promosi yang menarik dan persuasif dapat menjadi keunggulan dalam memperoleh pelanggan. 

Dengan menguasai tips-tips tersebut, kamu dapat meningkatkan efektivitas promosimu dan membantu produkmu untuk dikenal lebih luas oleh calon pelanggan.

Ingatlah, kalimat promosi bukan hanya sekedar rangkaian kata-kata, tetapi merupakan alat yang kuat untuk membujuk dan mempengaruhi audiens agar tertarik dengan produkmu.

Dengan menggunakan kalimat promosi yang baik, kamu dapat memperoleh hasil yang lebih positif dalam menjalankan bisnis onlinemu. Selamat mencoba!

Baca Juga: Apa Manfaat Telegram untuk Bisnis? Berikut ini Penjelasannya!

Salah satu metode yang mudah dan praktis dalam mencatat penjualan adalah dengan menggunakan Aplikasi POS seperti Kasir Pintar

Kasir Pintar bisa mencatat setiap penjualan dari usahamu dan melakukan beberapa kegiatan seperti :

- Atur stok barang
- Mencatat berbagai macam metode transaksi penjualan
- Laporan usaha lengkap
- Manajemen Pelanggan (CRM)
- Manajemen Karyawan & Cabang Usaha dan masih banyak lagi

Kamu bisa Coba Gratis selama 30 Hari tanpa syarat, atau jika ingin mendapatkan fitur lengkap gunakanlah Kasir Pintar Pro.

Artikel Terkait

Kasir Pintar lazyload
Kasir Pintar

Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar

Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat

Download Sekarang

Lihat Brosur