Perhatikan Hal Ini Agar Usaha Warung Makin Tokcer!

Halo Sob, bagaimana usaha warungnya? Semoga semakin berkembang ya! Tetapi bagi Kamu yang baru ingin merintis usaha warung, harus tetap semangat meyakinkan diri untuk menjalaninya! 

Mengembangkan usaha warung tentu tidak semudah membalikkan tangan dan memerlukan berbagai langkah yang harus dilakukan untuk mencapai titik kesuksesan.

Nah, untuk itu Kamu tak perlu khawatir asalkan Kamu menerapkan tips untuk mengembangkan usaha warung berikut ini.

Baca Juga : Tips Warung Sembako Auto Laris

Lakukan Riset Sederhana untuk usaha warung mu

Langkah pertama agar usaha warung berkembang adalah melakukan riset yang sederhana.

Contoh, mencari toko supplier atau pemasok produk yang memberikan harga miring, atau mencari tahu kebutuhan barang yang sering dibeli oleh masyarakat sekitar.

Hal ini agar Kamu tetap mendapatkan variasi produk yang akan dijajakan di warung dengan harga yang kompetitif. 

Berikan Pelayanan Terbaik

Ingat semboyan “pembeli adalah raja”? Artinya, cobalah melayani pembeli dengan sebaik mungkin ya.

Cobalah beri pelayanan terbaik atau setidaknya memberikan senyuman ketika melayani pembeli dan selalu bersikap ramah.

Baca Juga : Gaet Pelanggan dengan Pelayanan Customer Service yang Prima

Menjual Barang Serba Ada

Menjual barang serba ada akan lebih menarik dibandingkan menyediakan barang yang banyak dalam satu jenis.

Hal ini secara psikologis akan membuat pembeli merasa harus terus membeli ketika datang ke warungmu yang juga mengakibatkan, pembeli akan merasa senang dan terus kembali ke warungmu.

Di sisi lain, jika menyediakan barang banyak dalam satu jenis dikhawatirkan terjadi penumpukan dan pemborosan, terutama untuk barang yang mudah busuk sehingga akan terbuang.

Untuk menghindari hal tersebut, berkacalah dengan tips pertama yaitu sediakan barang sesuai dengan riset yang telah dilakukan ya.

Baca Juga : Atur barang dengan SKU Otomatis di Aplikasi Kasir Pintar

Jual Barang yang Berkualitas

Menjual barang serba ada bukan berarti melupakan kualitas Sob. Maka jangan berpikir karena takut rugi Kamu jadi menyediakan barang-barang murah dengan kualitas buruk.

Padahal sebagai pembeli tentu ingin mendapatkan kualitas yang terbaik. Carilah bahan sembako di tempat supplier dengan harga yang terjangkau dengan kualitas  barang  yang tinggi.

Jika sudah seperti itu, usaha Kamu akan terkenal dengan menjual barang-barang yang murah namun berkualitas sehingga pembeli pun akan datang dengan sendirinya.

Menjalin Hubungan Baik dengan Warung Lainnya

Dalam sebuah usaha tentu mengenal persaingan bisnis, tetapi bukan berarti Kamu tidak menjalin hubungan baik dengan warung lainnya. Hal yang perlu Kamu ingat adalah setiap orang memiliki rezekinya masing-masing.

Maka cobalah untuk menjalin hubungan baik dengan warung lainnya, karena biasanya mereka akan merekomendasikan pembeli untuk pergi ke warungmu jika mereka tidak memiliki atau kehabisan stok barang yang dibutuhkan oleh pembeli.

Menyediakan Layanan Antar

Meski hanya membuka usaha warung, pembeli biasanya akan merasa senang jika barang yang dibeli bisa diantar ke rumahnya.

Caranya, Kamu bisa memberikan nomor WhatsApp kepada calon pembeli atau tetangga untuk melakukan pemesanan barang sehingga bisa langsung kamu antar ke rumah mereka. Contohnya mengantar galon, gas, dan barang sembako lainnya.

Konsisten dan Disiplin

Namanya usaha tentu akan mengalami pasang surut. Misalnya saja di bulan kedua atau ketiga pendapatan usaha warung turun atau tidak sesuai dengan yang Kamu inginkan.

Pada tahap inilah Kamu ditantang untuk memperbaiki permasalahan dengan cara mencari tahu apa yang salah. Jika sudah mengetahuinya, tetaplah disiplin untuk tidak melakukan hal tidak baik tersebut di kemudian hari.

Pribadi yang konsisten dan disiplin sangat diperlukan dalam mengembangkan usaha warung lho.

Fokus dalam Mengembangkan Usaha Warung

Membuka usaha warung jangan hanya mengikuti tren saja atau menjual barang yang belum tentu dibutuhkan pelanggan. Nah untuk memaksimalkan usaha yang dijalani, Kamu perlu fokus.

Artinya melakukan cara terbaik untuk memaksimalkan sumber daya apa saja yang Kamu miliki sehingga mendatangkan keuntungan lebih. 

Manfaatkan juga hasil dari riset yang dilakukan sebelumnya, misalnya barang apa saja yang biasa dibeli dan juga banyak dicari pembeli. 

Jika sudah menentukan, maka fokuskan jualanmu ke barang-barang tersebut. Dalam berjualan akan ada beberapa barang yang selalu dicari dengan permintaan yang tergolong tinggi setiap harinya.

Dengan lebih memfokuskan ke barang-barang ini maka usaha warungmu akan terus berjalan Sob.

Agar lebih mudah dalam mengembangkan usaha warung Kamu, Kasir Pintar sebagai partner UMKM bisa bantu usaha warung makin maju.

Pelajari Selengkapnya apa saja yang bisa Kamu lakukan dengan Kasir Pintar untuk usaha warung Kamu

sumber : Payfazz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *