Buat Toko Kelontong Kamu Lebih Modern dengan 5 Tips ini

Memiliki sebuah bisnis merupakan salah satu hal yang dapat membantu meraih keuntungan untuk peningkatan keuangan dalam memenuhi kebutuhan hidup. Berbicara mengenai jenis bisnis yang mudah untuk dijalankan salah satunya adalah toko kelontong.

Usaha toko kelontong menjadi salah satu usaha dengan peluang yang besar meskipun usaha toko kelontong dinilai memiliki keuntungan yang kecil pada setiap item dalam penjualannya.

Peluang dari usaha toko kelontong ini yang perlu diketahui bahwa usaha ini menyediakan barang atau produk-produk kebutuhan pokok yang selalu dibutuhkan masyarakat.

Untuk mendapatkan untung yang lebih besar dari usaha toko kelontong ini Kamu bisa dengan lebih banyak menjual produk atau barang di toko Kamu.

Jika Kamu berpikir bahwa untuk memulai usaha toko kelontong akan besar, namun pada kenyataannya Kamu sendiri yang dapat menyesuaikan modal yang akan Kamu buat usaha toko kelontong. 

Usaha toko kelontong dapat menjadi bisnis utama ataupun bisnis sampingan bagi Kamu.

Membuat usaha tentunya Kamu juga perlu melihat bagaimana perkembangan masyarakat dan kebutuhannya. Sama halnya dengan usaha toko kelontong, Kamu dapat membuat toko yang dapat meningkatkan ketertarikan masyarakat di era modern saat ini.

Pada saat ini untuk masyarakat lebih menyukai hal-hal modern, jadi dalam memulai bisnis toko kelontong Kamu dapat menyesuaikan dengan konsep toko modern.

Nah, lalu hal apa saja yang Kamu bisa lakukan untuk membuat usaha toko kelontong modern. Simak beberapa hal dibawah ini:

1. Lebih Up to Date dengan Varian Produk Baru.

Kemajuan teknologi yang semakin cepat membuat masyarakat dengan mudahnya mendapatkan berbagai informasi dan di masa yang modern ini mereka akan cenderung menyukai hal-hal baru.

Mereka akan lebih update terkait produk-produk yang sedang nge trend atau populer, modern dan terbaru. Maksud hal modern dalam usaha toko kelontong ini adalah Kamu perlu untuk menyesuaikan selera masyarakat dengan produk jualan Kamu.

Karena pelanggan modern akan lebih tertarik dengan produk produk yang terbaru maka yang dapat Kamu lakukan untuk meningkatkan jumlah pelanggan usaha toko kelontong adalah dengan selalu menyediakan berbagai produk yang baru dan tentunya diminati masyarakat.

Berbagai perkembangan yang ada di masyarakat perlu Kamu manfaatkan untuk usaha toko kelontong Kamu karena ini akan menjadi sebuah peluang berkembangnya usaha Kamu.

Dengan menyediakan barang barang baru yang diminati masyarakat dapat membuat toko Kamu disenangi dan diminati masyarakat.

2. Buat Suasana toko lebih modern dengan suasana yang terang dan permainan grafis

Jika mendengar usaha toko kelontong pasti dibenak banyak orang adalah konsep toko yang sederhana, tradisional dan kurang menarik.

Karena di era modern ini masyarakat lebih menyukai hal-hal yang trendy sehingga tidak sedikit masyarakat yang lebih memilih toko Sehingga tidak sedikit masyarakat yang lebih memilih toko swalayan untuk membeli kebutuhan Kamu.

Pada masa modern saat ini kita perlu mengubah persepsi masyarakat ini dengan membuat konsep toko yang lebih modern agar meningkatkan minat kunjungan di usaha toko kelontong Kamu.

Beberapa cara yang bisa Kamu lakukan untuk membuat usaha toko kelontong Kamu lebih modern.

Pertama mulailah dengan penataan produk-produk di usaha toko kelontong Kamu dengan lebih rapi, sesuaikan jenis, ukuran hingga warna produk agar menambah kesan estetik. 

Selain itu dengan menambah permainan grafis seperti yang dilakukan café-café atau toko-toko unik di negara maju. Misalnya ada dapat menerapkan psikologi warna, serta desain grafik yang menarik.

Desain grafik yang menarik dapat Kamu terapkan di dalam maupun luar toko kelontong Kamu, untuk memperkuat desain toko Kamu gunakan rak atau tempat produk yang unik.

Setelah adanya desain grafis, pewarnaan dan penataan yang baik di usaha toko kelontong Kamu, hal yang dapat dilakukan selanjutnya adalah dengan menambah penerangan yang cukup pada toko Kamu.

Adanya cahaya yang terang akan membuat toko Kamu menarik dilihat dan menambah kesan modern.

Usaha toko kelontong sebenarnya tidak perlu memiliki tempat yang luas, Kamu bisa menerapkan beberapa hal diatas untuk menambah kesan yang menarik dan toko lebih modern.

3. Menerapkan Konsep One Stop Store 

Meskipun usaha Kamu adalah toko kelontong, namun Kamu dapat menerapkan konsep one stop store.

Penerapan konsep one stop store pada usaha toko kelontong Kamu dapat membuat pelanggan Kamu akan merasa lebih nyaman untuk berbelanja.

Maksud dengan konsep one stop store adalah Kamu perlu untuk menyediakan berbagai varian dan jenis produk atau barang yang ada jual di usaha toko kelontong Kamu, jadi Kamu akan membuat pelanggan Kamu membeli berbagai barang kebutuhan mereka hanya di toko Kamu.

Hal ini akan membuat rasa nyaman dan praktis untuk pelanggan usaha toko kelontong Kamu.

Adanya rasa nyaman dalam belanja merupakan salah satu yang dapat menjadi faktor pelanggan Kamu dapat mengunjungi usaha toko kelontong Kamu.

Berbagai kebutuhan yang dapat Kamu sediakan di usaha toko kelontong Kamu misalnya kebutuhan bahan makanan, daily produk, ATK, fresh food, cleaning, household dan lainnya.

Ketersediaan berbagai produk di usaha toko kelontong yang Kamu kelola maka akan mampu meningkatkan peningkatan kualitas pelanggan, namun Kamu juga perlu perhatikan bahwa produk yang Kamu jual adalah baik dan terjamin kualitasnya,

4. Sediakan Barang yang Menarik dan Terbaru Setiap Hari

Langkah selanjutnya yang dapat Kamu lakukan untuk membuat usaha toko kelontong modern adalah dengan adanya ketersediaan barang-barang yang terbaru dan menarik di setiap harinya.

Jika kita lihat usaha toko kelontong tujuannya adalah menjual dan menyediakan barang-barang kebutuhan yang memang menjadi kebutuhan masyarakat misalnya seperti fresh food, bahan makanan, kebutuhan kebersihan, kebutuhan kantor dan lainnya.

Namun tidak salahnya Kamu menambahkan beberapa produk unik dan tetap menjadi kebutuhan masyarakat misalnya menjual koran, majalah, hiasan atau dekorasi rumah.

Ini akan mampu menarik pelanggan untuk membeli barang di toko Kamu, dan dapat menjadi daya tarik dari usaha toko kelontong Kamu sehingga toko Kamu dapat terus eksis di mata pelanggan.

5. Buat spot center, tempat parkir rindang dan sediakan lebih dari satu pintu

Beberapa aspek tambahan lainnya dan juga aspek penting untuk menambah kesan usaha toko kelontong Kamu lebih modern adalah dengan menyediakan sport center, tempat parkir menarik dan mendesain toko lebih dari satu pintu.

Pertama, menyediakan sport center, misalnya dengan menambah tempat dan meja untuk duduk pelanggan di depan toko, menambah hiasan-hiasan toko yang menarik misalnya kata-kata motivasi, atau menambah spot foto yang instagramable.

Ide ini akan menarik pelanggan Kamu, dan memiliki rasa nyaman untuk belanja di toko usaha kelontong Kamu.

Ide kedua adalah dengan menyediakan sedikit lahan parkir yang rindang. Seringkali kita jumpai banyak toko dengan tempat parkir yang selalu dikeluhkan pelanggan karena tidak aman, panas, sempit dan sebagainnya.

Karena tempat parkir sangat penting bagi pelanggan menyangkut kendaraan pelanggan, maka penting untuk menyediakan tempat parkir yang rindang, aman, nyaman dan luas untuk kendaraan, dan tidak kalah penting jika layanan parkir gratis.

Ketiga yaitu dengan membuat usaha toko kelontong Kamu dapat menarik yaitu dengan membuat pintu toko lebih dari satu.

Adanya pintu lebih dari satu ini akan membuat pelanggan akan lebih mudah untuk berbelanja dan memilih barang apa yang mereka butuhkan sehingga tidak harus mengantri.

Kamu juga harus memperhatikan alur letak rak ataupun denah ruang, agar memudahkan pelanggan melihat produk.

Nah, beberapa hal  diatas dapat adalah tips membuka usaha toko kelontong Kamu lebih modern, Kamu dapat menerapkan untuk membuat toko Kamu lebih modern atau membuat usaha toko baru Kamu.