Manfaat Laci Kasir (Cash Drawer) yang Perlu Kamu Ketahui

Jika Kamu seorang pemilik usaha baik itu pemilik toko, restaurant, supermarket dan lainnya, tentu sudah tidak asing lagi kan dengan laci kasir.

Kamu harus tau nih beberapa manfaat yang sebenarnya dari laci kasir. Laci kasir diartikan sebagai aksesoris peralatan yang digunakan untuk penyimpanan uang. 

Baca Juga : 3 Perangkat pendukung Kasir yang meningkatkan kinerja bisnis

Apa itu Laci Kasir (Cash drawer)?

Laci kasir atau biasa juga sering dikenal dengan cash drawer memiliki fungsi utama yaitu untuk penyimpanan uang tunai dari hasil transaksi penjualan dan pembeli.

 Tidak hanya itu, cash drawer memiliki fungsi lain yaitu dapat terintegrasi dengan printer untuk pencetakan resi pembayaran.

Cash Drawer ini memiliki sistem yang dapat secara otomatis membuka jika adanya set yaitu setelah print atau sebelum print nota maka akan otomatis cash drawer akan membuka. Jadi apabila pada posisi stand by tidak akan bisa dibuka.  

Bahan pembuatan untuk cash drawer ini rata-rata terbuat dari metal atau stainless steel.

Namun, beberapa merk cash drawer juga terbuat dari plastik jenis ABS yang membuat bobot lebih ringan.

Cash drawer yang saat ini menjadi primadona dan pilihan penjual  masih dengan bahan stainless steel dimana memiliki ketahanan dan keamanan yang cukup baik.

Pada cash drawer ini terdapat alat penjepit yang biasanya berbahan dasar dari besi penjepit atau plastik. 

Banyak sekali jenis dari cash drawer di pasaran, mulai dari dengan ukuran cukup kecil, sedang hingga besar.

Cash drawer yang biasanya sering dipakai sehari-hari atau yang sering ditemui adalah dengan ukuran kecil hingga sedang. Sedangkan ukuran besar biasanya digunakan untuk industri tertentu.

Seiring perkembangan teknologi, sekrang metode pembayaran non tunai lebih populer dibandingkan dengan non tunai, namun peran kasir tetap sama pentingnya.

Hal ini dikarenakan meskipun pembayaran non tunai kasir tetap mengandalkan cash drawer dengan mesin EDC yang berguna untuk mencetak resi pembayaran dari aplikasi kasir online. Dan terkadang butuh adanya integrasi batuan dari laci kasir dengan printer thermal.

Nah, itu beberapa ulasan terkait laci kasir yang perlu Kamu pahami. Kasir Pintar selain menyediakan aplikasi pro dan free juga menyediakan hardware penunjanang aplikasi. 

Salah satunya cash drawer, temukan detailnya dalam link berikut.