Point of Sales / Manajemen Stok & Karyawan / 5 Hal Penting Yang Perlu Kamu Lakukan Untuk Kelola Stok Barang

5 Hal Penting Yang Perlu Kamu Lakukan Untuk Kelola Stok Barang

9 Maret 2022 | marketing

Kasir Pintar

Bisnis tidak mungkin berjalan tanpa ada keterampilan setidaknya dari pemilik bisnis.

Banyak keterampilan yang kamu butuhkan ketika mengelola bisnis salah satunya keterampilan bagaimana mengelola stok.

Mengelola stok tidak semudah yang dibayangkan, kesalahan dalam pengelolaan stok akan sangat berpengaruh dalam bisnis.

Apalagi bisnis Kamu sudah berkembang dan memiliki berbagai cabang. Lalu langkah apa saja yang perlu diperhatikan untuk mengelola stok pada bisnis? 

1. Perlu Adanya Data yang Akurat

Pengelolaan stok sangat berhubungan dengan data pencatatan barang. Pertama yang perlu kamu persiapkan adalah melakukan persiapan data.

Perlu ada seseorang yang secara khusus dan memiliki kemampuan dalam pencatatan data, jika tidak ada bisa Kamu lakukan sendiri atau Tugaskan seseorang khusus untuk bertanggungjawab dalam mengelola pencatatan.

Pastikan pencatatan yang dilakukan dapat tepat dan akurat. Kamu juga perlu melakukan monitoring sehingga kamu dapat mengetahui terlebih dahulu dari data periode sebelumnya.

Adanya pencatatan ini dapat menjadi acuan untuk menentukan target penjualan, pemasaran dan juga forecast dari penjualan pada periode saat ini.

Ada juga metode lain yang biasanya dilakukan oleh beberapa perusahaan untuk menentukan angka persediaan misalnya dengan menerapkan sistem pre-order data pesanan. 

Adanya pre order ini bisa menjadi jurus andalan untuk menentukan persediaan stok penjualan.

2. Menentukan Forecast Persediaan

Ketika telah dilakukannya pencatatan data input dan output stok barang penjualan, step selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah membuat perkiraan persediaan dari stok barang atau forecast yang berbentuk jumlah persediaan barang yang menjadi kebutuhan pada periode ini. 

Adanya perkiraan stok barang ini dapat meminimalisir jumlah stok yang terlalu banyak (over trade) dan jika tidak laku akan membuat kerugian.

3. Perlu melakukan pengecekan barang sebelum tahap penyimpanan.

Tahapan yang penting untuk dilakukan selanjutnya adalah adanya proses pengecekan barang.

Pengecekan barang sangat penting Kamu lakukan pada persediaan barang sebelum masuk pada rak atau Gudang persediaan barang.

Proses pengecekan bisa dilakukan sebelum melakukan pengkodean barang, sehingga kamu bisa mengetahui  ada atau tidaknya barang yang mungkin rusak masuk ke dalam rak atau tumpukan stok.

Penting adanya pengecekan stok barang, sehingga dapat membantu untuk mengetahui barang mana yang mengalami kerusakan ataupun kesalahan lainnya sebelum dilakukan penyimpanan. 

Nah, dengan pengecekan ini juga kamu dapat melakukan klasifikasi barang yang rusak pada suatu tempat dan memberi tanda keterangan adanya kecacatan.

4. Pentingnya pengkodean pada persedian barang

Pengkodean menjadi sangat penting dalam penataan produk Kamu, seperti yang dijelaskan diatas.

Adanya pengkodean pada setiap barang akan membantu dalam pendataan, pengklasifikasian stok barang untuk melakukan penjualan barang.

Pemberian kode yang ada pada barang kamu akan tahun barang-barang apa yang sudah terjual ataupun yang belum, bahkan Kamu akan tahu bagaimana kondisi barang. 

Misalnya kamu memiliki usaha di bidang pakaian, kemudian Kamu memberi kode B untuk warna biru, maka secara langsung kamu sebagai penjual paham dengan permintaan barang penjualan. 

5. Penting untuk memisahkan stok baru dan stok lama

Mencampur adukkan stok barang akan membuat bingung pencatatan dan pengecekan barang, bahkan barang lama dan baru bisa jadi kondisi sudah tidak layak.

Maka sangat penting kamu untuk memisahkan stok barang lama dan barang baru.

Pemisahan barang lama dan barang baru selain membantu untuk perhitungan jumlah barang yang dijual Kamu juga dapat mengklasifikasikan kondisi barang, mendata berapa barang yang terjual ataupun belum terjual pada periode sebelumnya.

Adanya pendataan ini juga membantu kamu untuk penjualan kamu pada periode selanjutnya sehingga stok barang akan tepat. 

Nah untuk memudahkan dalam pencatatan dan pendataan stok barang, kamu dapat menggunakan aplikasi yang memudahkan dalam pencatatan. 

Salah satu aplikasi yang dapat membantu Kamu adalah Kasir Pintar. Kasir pintar memiliki fitur pintar yang dapat membantu dalam pengelolaan stok penjualan Kamu. 

Ingin lebih tau lebih lanjut mengenai Kasir Pintar Pro yuk langsung aja download aplikasinya disini, atau kamu juga bisa pelajari fiturnya di link ini kpntr.link/stokkasirpintarsolusi

Artikel Terkait

Kasir Pintar lazyload
Kasir Pintar

Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar

Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat

Download Sekarang