Kios Vs Toko : Apa Saja Perbedaan Utama dalam Dunia Usaha ?
Seputar Bisnis | 14 Desember 2024
Insight Bisnis / Seputar Bisnis / 7 Tips Mengoptimalkan Halaman Produk dengan SEO Deskripsi Produk!
17 April 2023 | marketing
Apakah kamu yakin dengan performa di tempat etalase e-commerce yang kamu punya?
Memang skor kecepatan yang dimiliki situsmu yang terbaik, kamu menggunakan gambar yang diambil secara profesional, dan iterasi pengujian baru-baru ini telah membawa pengoptimalan tingkat konversi e-commerce kamu ke tingkat yang baru.
Namun, bahkan jika deskripsi produk kamu dioptimalkan untuk penjualan, itu saja mungkin tidak cukup untuk mempengaruhi garis bawah.
Tidak ada yang bisa membeli produk yang kamu jual jika mereka tidak dapat menemukannya.
Dalam artikel ini, kamu akan mempelajari tujuh tips untuk mengoptimalkan optimasi mesin pencari (SEO) kamu untuk deskripsi produk dan akan mendapatkan peringkat lebih baik untuk toko e-commerce milikmu.
Deskripsi produk SEO ini akan membantu situs web e-commerce kamu muncul di halaman mesin pencari seperti Google.
Mereka biasanya digunakan di situs web yang menjual produk secara online, seperti pakaian atau mainan yang menyertakan kata dan frasa khusus yang mungkin digunakan orang saat mereka mencari barang-barang itu secara online.
Pertama, kamu bisa mendapatkan peringkat tinggi untuk kata kunci yang relevan dengan memasukkannya ke dalam deskripsi produk kamu.
Selanjutnya dapat membantu mengarahkan secara organik ke situs web kamu dan membuat produk kamu lebih terlihat di halaman mesin pencari (SERP).
Kedua, dengan menuliskan deskripsi produk dengan baik dan informatif dapat memberikan nilai bagi para pelanggan yang potensial dan akan meningkatkan pengalaman mereka secara keseluruhan di situs e-commerce milikmu.
Kepercayaan dan kredibilitas online dapat membantumu dalam meningkatkan konversi.
Terakhir, dengan menuliskan deskripsi produk yang terperinci, akurat, dan menarik dapat membujuk para pelanggan yang potensial untuk membeli produk milikmu.
Copywriting yang baik juga dapat membantu kamu dalam membedakan produk kamu dari pesaing.
Baca Juga: Apa Itu Brand Repositioning dan Bagaimana Cara Melakukannya? Ini Penjelasannya!
Tips pertama, dalam SEO e-commerce yang baik adalah menuliskan deskripsi produk untuk orang terlebih dahulu.
Alasannya karena apa yang baik untuk audiens yang kamu targetkan, perhatian utama mereka adalah kegunaan.
Inti dari pencarian organik adalah membantu pengguna menemukan apa yang mereka cari.
Jika deskripsi produk kamu selaras dengan tujuan ini, kamu akan menyenangkan algoritma pencarian Google dan mendapatkan peringkat baik.
Kamu dapat menggunakan deskripsi produk dengan menggunakan bot, tetapi mereka tidak akan dapat menemukan suara merek kamu.
Saat sedang menulis deskripsi produk, selalu tanyakan pada dirimu:
Jika kamu memulai dari awal menggunakan pendekatan ini, kamu sudah berada di jalur ideal untuk menulis deskripsi produk yang dioptimalisasi dengan SEO.
Kedua, kamu tidak bisa menuliskan deskripsi produk secara informatif dan akurat tanpa kamu memahami produk yang kamu jual dari dalam ke luar.
Pengetahuan yang tidak jelas terhadap suatu produk akan mengarahkan kepada deskripsi yang sama kaburnya, tidak akan dapat membantu pembeli kamu serta tidak akan mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari.
Menuliskan fitur pada deskripsi produk tidak terlalu dipedulikan dibandingkan menuliskan manfaat. Ini perbedaannya, Fitur menggambarkan apa yang dapat dilakukan suatu produk, seperti apa bentuknya, atau bagaimana cara kerjanya tanpa menghubungkan hal-hal itu dengan pembeli.
Fiturnya memang bagus, tapi mengapa pembeli harus peduli? Berbeda dengan manfaat, menuliskan manfaat akan menggambarkan bagaimana fitur dari produk itu akan bekerja untuk pembeli.
Manfaat membahas dengan tepat bagaimana produk kamu akan meningkatkan kehidupan mereka. Dengan begitu, menjelaskan manfaat akan lebih membantu untuk demografi tertentu daripada fitur daftar.
Menambahkan manfaat dalam deskripsi produk akan lebih relevan bagi pembeli, dan akan membuatnya lebih baik untuk SEO.
Ketiga, mengoptimalkan SEO dengan benar pada deskripsi produk harus menggunakan kata kunci yang tepat.
Ini akan dapat membantu mesin pencari memahami halaman kamu, membantu audiens menemukan apa yang kamu jual.
Bagaimana cara melakukan riset kata kunci dengan tepat? Ada beberapa tools yang bisa kamu gunakan untuk riset kata kunci seperti Google Trends, Google Keyword Planner, Ubersuggest, SEMrush dan masih banyak lagi.
Alat-alat ini memungkinkan kamu dalam riset kata kunci tertentu dan memberimu data berharga tentang faktor-faktor seperti:
Selanjutnya, setelah kamu memiliki beberapa kata kunci yang bagus, kamu dapat meletakkannya secara strategis di dalam deskripsi produk kamu.
Hindari isian kata kunci. Kamu dapat membuat deskripsi singkat 300 kata atau kurang.
Kamu bisa menghindarinya dengan menggunakan kata kunci fokus kamu tidak lebih dari beberapa kali.
Tingkatkan SEO kamu dan sertakan kata kunci kamu dalam teks tautan kamu, tetapi hanya jika itu menyatu dengan judul produk.
Kelima, dalam proses kamu mengoptimalkan SEO untuk deskripsi produk amu juga perlu menyertakan penulisan dengan panjang yang tepat guna hasil mesin pencari yang baik.
Kamu bisa menuliskan panjang deskripsi kamu pada apa yang dibutuhkan audiens saja. Setiap persona pembeli akan berbeda berdasarkan tingkat kesadaran mereka
Keenam, setelah menuliskan deskripsi produk dengan baik kamu bisa memberikan call to action.
Tujuan adanya CTA ini dapat membantu pembeli bergerak dengan mulus melalui perjalanan mereka, dari penelusuran produk sampai checkout.
CTA ini harus jelas dan menarik misalnya kamu bisa memberikan button CTA bertuliskan “Add To Cart” dan “Checkout”.
Terakhir, dalam SEO yang baik kamu harus menghindari konten duplikat dengan segala cara. Ketika kamu memiliki deskripsi produk yang terlihat duplikat ini dapat menurunkan visibilitas untuk semua halaman kamu.
Kamu dapat memastikan hal ini tidak akan terjadi, dengan begitu setiap deskripsi produk kamu harus unik, termasuk judul produk.
Jika kamu tidak dapat langsung menuliskan deskripsi produk yang unik untuk halaman tertentu tambahkan tag meta “noindex” ke halaman tersebut.
Nah, itu tips yang bisa kamu gunakan untuk membuat deskripsi produk dengan optimalisasi SEO. Semoga bermanfaat!
Baca Juga: Unique Selling Proposition: Pengertian, Tujuan, dan Cara Menentukannya!
Salah satu metode yang mudah dan praktis dalam mencatat penjualan adalah dengan menggunakan Aplikasi POS seperti Kasir Pintar
Kasir Pintar bisa mencatat setiap penjualan dari usahamu dan melakukan beberapa kegiatan seperti :
- Atur stok barang
- Mencatat berbagai macam metode transaksi penjualan
- Laporan usaha lengkap
- Manajemen Pelanggan (CRM)
- Manajemen Karyawan & Cabang Usaha dan masih banyak lagi
Kamu bisa Coba Gratis selama 30 Hari tanpa syarat, atau jika ingin mendapatkan fitur lengkap gunakanlah Kasir Pintar Pro.
Artikel Terkait
Artikel Populer
Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar
Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat