Insight Bisnis / Sales & Marketing / Bagaimana Cara Membuat Carousel Instagram Biar Konten Lebih Menarik? Ini Caranya!

Bagaimana Cara Membuat Carousel Instagram Biar Konten Lebih Menarik? Ini Caranya!

16 Juni 2023 | marketing

Kasir Pintar

Salah satu bentuk konten yang populer di Instagram adalah carousel Instagram yang telah terbukti memiliki daya tarik yang lebih besar.

Konten digital dan bisnis saat ini tidak dapat dipisahkan. Bisnis selalu menggunakan konten sebagai alat untuk meningkatkan penjualan, tidak peduli apa kebutuhan mereka.

Konten sebenarnya berfungsi sebagai alat pemasaran, promosi, evaluasi, dan pengembangan bisnis.

Beberapa platform media sosial, seperti YouTube dan TikTok, bahkan menghasilkan pendapatan dari konten yang mereka miliki.

Bagi bisnis, Instagram adalah platform media sosial yang sangat populer dan sering digunakan.

Hal ini tidaklah mengherankan karena jumlah pengguna aktif Instagram sangat besar dan berasal dari seluruh dunia.

Selain itu, Instagram juga menawarkan berbagai fitur bisnis, seperti penjualan produk, pemasangan iklan, dan integrasi dengan platform media lainnya.

Instagram fokus pada konten visual dan audio visual. Kamu dapat mengunggah konten ke feed, story, IG TV, atau reels.

Khusus untuk postingan di feed, kamu dapat mencoba membuat carousel Instagram agar tampilan kontenmu menjadi lebih menarik.

Lalu, apa sebenarnya carousel Instagram dan bagaimana cara membuatnya?

Apa Itu Carousel Instagram? 

Menurut Tailwind, carousel Instagram juga dikenal sebagai postingan beberapa gambar. Jenis konten ini terdiri dari 10 foto atau video yang dapat digeser oleh pengikut.

Postingan carousel memungkinkanmu untuk membagikan seluruh feed dan menampilkan koleksi foto secara lengkap dalam satu konten.

Apa yang membedakan carousel dengan postingan beberapa gambar?

Ketika membuat postingan dengan beberapa gambar biasa, kamu dapat memilih hingga 10 foto yang mungkin memiliki tema yang berbeda dan tidak terkait satu sama lain.

Misalnya, slide pertama adalah foto pantai, slide kedua adalah foto rumah, slide ketiga adalah foto buah, dan seterusnya. Foto-foto tersebut tidak memiliki hubungan yang jelas antara satu dengan yang lain.

Namun, berbeda dengan carousel, setiap slide dalam konten tersebut saling terhubung. Inilah sebabnya mengapa carousel juga disebut sebagai konten yang bersambung.

Carousel biasanya digunakan untuk konten informatif yang berisi kumpulan tips atau cerita.

Konten carousel lebih banyak menampilkan ilustrasi, vektor, dan teks daripada foto asli itu sendiri. Banyak bisnis besar, terutama startup, menggunakan jenis konten ini.

Baca Juga: Ketahui Apa itu Impression serta Fungsinya untuk Pemasaran Online!

Mengapa Carousel Instagram Lebih Unggul?

Berdasarkan laporan dari Hootsuite, carousel Instagram merupakan salah satu format konten yang paling menarik.

Rata-rata, konten carousel menerima jangkauan 1,4 kali lebih banyak dan melibatkan interaksi dengan pengikut sebanyak 3,1 kali lebih banyak dibandingkan dengan postingan biasa di Instagram.

Untuk meyakinkan dirimu sendiri, kamu dapat melihat konten carousel dari akun-akun terkenal.

Biasanya, konten tersebut memiliki jumlah suka dan komentar yang tinggi. Selain itu, konten carousel dapat dikombinasikan dengan berbagai topik.

Selain itu, terdapat beberapa kelebihan lain dari carousel, berikut penjelasannya.

1. Konten Organik

Di Instagram, terdapat fitur iklan berbayar untuk bisnis yang dapat memberikan eksposur yang lebih luas bagi akun bisnismu.

Namun, dengan menggunakan iklan, kamu tidak dapat memaksimalkan daya tarik kontenmu sendiri.

Iklan memang dapat membawa audiens dengan cepat, namun kamu tidak boleh terlalu bergantung padanya.

Kamu tetap perlu memproduksi konten organik yang mampu menarik audiens berdasarkan isi kontenmu, bukan hanya karena adanya iklan.

Mengalokasikan anggaran iklanmu untuk melakukan riset dan produksi konten organik yang lebih baik adalah langkah yang dapat diambil.

Carousel adalah contoh konten organik yang terbukti mampu mendapatkan jangkauan yang lebih luas.

2. Menyalurkan Kreativitas

Ketika kamu mengunggah satu atau beberapa foto yang berbeda, bagaimana kamu menunjukkan kreativitasmu?

Apakah melalui efek foto, atau hanya melalui caption unggahan?

Melalui konten carousel, kamu dapat menyalurkan ide kreatifmu dengan bebas. Apa ide konten yang ingin kamu sampaikan?

Gambar dan ilustrasi apa yang ingin kamu tampilkan? Pesan apa yang ingin kamu sampaikan?

Semua dapat dimasukkan dalam postingan carousel. Kamu dapat mengemasnya dengan cara yang menarik dan membangun karakter desainmu sendiri.

2. Fleksibilitas Konten

Apakah konten carousel hanya terbatas pada foto? Tentu tidak. Carousel juga dapat digunakan untuk konten video.

Lebih menarik lagi, kamu dapat menggabungkan foto dan video dalam satu postingan.

Selama jumlah slide kontenmu tidak melebihi 10, kamu dapat membuat konten apa pun.

Alasan mengapa carousel begitu hidup adalah karena konten ini dirancang sebagai cerita yang bersambung.

Di awal, kamu dapat menyajikan beberapa kalimat tentang bisnismu. Ketika digeser, pengikut akan melihat kumpulan gambar yang menggambarkan kegiatan bisnismu. Di akhir, pengikut akan disuguhkan dengan video yang menarik.

Carousel lebih dari sekadar membaca novel. Kamu dapat menemukan teks, gambar, dan video di setiap halaman.

3. Meningkatkan Interaksi dengan Pengikut

Hampir semua konten carousel mendapatkan banyak komentar. Kamu dapat menyertakan pertanyaan kuis, teka-teki silang, permainan sambung lagu, atau konten interaktif lainnya.

Jenis konten ini memungkinkanmu untuk membangun hubungan yang lebih kuat dengan pengikut.

Bahkan di antara puluhan atau ratusan komentar, selalu ada orang-orang yang menandai teman-teman mereka. Hal ini menunjukkan bahwa pengikut setiamu dapat datang dan membawa pengikut baru!

Contoh Konten Carousel Instagram!

Berikut adalah beberapa contoh konten untuk Carousel Instagram yang dapat kamu gunakan sebagai referensi:

1. Cerita Perjalanan Brand

Buatlah konten Carousel yang berisi cerita tentang brand kamu, seperti asal-usul nama brand, proses pembentukan brand, dan perjalanan bisnis saat ini. 

Sampaikan cerita ini dengan menarik dan ajak pelanggan untuk lebih dekat dengan brand kamu.

2. Promosi Produk

Gunakan Carousel untuk mempromosikan produk secara lebih detail. Tampilkan berbagai jenis produk dari brand kamu dengan tampilan visual yang menarik. 

Soroti keunggulan masing-masing produk untuk membangun kepercayaan audiens sebelum mereka melakukan pembelian.

3. Rekomendasi Produk

Buatlah konten Carousel yang berisi rekomendasi produk sesuai dengan target audiens yang dituju. 

Misalnya, jika kamu bergerak di industri kecantikan, buatlah Carousel yang berisi kegunaan setiap produk skincare berdasarkan tipe kulit. 

Ini akan memudahkan pelanggan memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

4. Ulasan Pelanggan

Bagikan ulasan atau review positif dari pelanggan dalam bentuk kompilasi di Carousel Instagram. 

Hal ini efektif untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan sebelum mereka melakukan pembelian, dan juga dapat meningkatkan visibilitas merek serta membangun kepercayaan terhadap brand kamu.

5. Konten Buatan Pengguna (UGC)

Bagikan konten buatan pengguna (User-generated Content) melalui Carousel. Konten UGC dapat meningkatkan kepercayaan audiens dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian. 

Dorong pelanggan untuk membuat konten yang berisi produk atau layanan bisnismu dan minta mereka menggunakan hashtag tertentu agar konten mereka mudah ditemukan.

6. Behind the Scenes

Tampilkan konten "Behind the Scenes" atau konten dibalik layar dalam Carousel Instagram.

Bagikan proses pembuatan produk, desain kemasan, sesi pemotretan, dan hal menarik lainnya yang terjadi di balik layar bisnis kamu. 

Hal ini akan menarik perhatian pelanggan dan membuat mereka lebih tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang brand kamu.

7. Before & After

Tunjukkan perubahan sebelum dan sesudah menggunakan produk atau layanan kamu dalam konten Carousel. 

Contohnya, jika kamu menjual produk perawatan kulit, buatlah kompilasi wajah pelanggan sebelum dan setelah menggunakan produk tersebut. 

Hal ini dapat menunjukkan transformasi positif yang bisa dihasilkan produk atau layanan kamu.

8. How-to Content

Buat konten Carousel yang berisi tutorial atau langkah-langkah penggunaan produk atau layanan kamu. 

Komunikasikan cara penggunaan dan perawatan produk secara visual agar lebih mudah dipahami oleh pelanggan. 

Gunakan foto atau video dalam Carousel untuk memperjelas tutorial tersebut.

9. Konten untuk Meningkatkan Keterlibatan

Gunakan Carousel untuk meningkatkan keterlibatan audiens dengan menambahkan kalimat ajakan, seperti "Geser ke kanan untuk mengetahui lebih lanjut" atau "Yuk, bagikan pendapatmu di slide favorit". 

Hal ini akan mendorong audiens untuk berinteraksi dan melakukan tindakan yang kamu harapkan.

Jadi, itulah beberapa contoh konten untuk Carousel Instagram yang dapat kamu gunakan sebagai inspirasi.

Cobalah untuk membuat konten menarik dan sesuaikan dengan tujuan yang kamu ingin capai. Selamat mencoba!

Baca Juga: Format Konten dalam Content Marketing Matrix!

Apa Itu Kasir Pintar? 

Aplikasi Kasir Pintar adalah Mobile Point of Sales yang dirancang khusus untuk membantu para pebisnis UMKM dalam menjalankan segala transaksi penjualan dengan simple, akurat dan ekonomis.

Kenapa Harus Kasir Pintar?

  • Aplikasi POS berbasis cloud yang khusus untuk UMKM
  • Fitur aplikasi lengkap dan terintegritas satu sama lainnya
  • Mendukung perkembangan usaha dengan penyajian data yang lengkap
  • Tampilan aplikasi mudah dipelajari untuk orang yang pertama kali menggunakan
  • Aplikasi selalu diupdate dan diperbaiki untuk layanan yang lebih baik

Aplikasi kasir terlengkap kelola semua kebutuhan bisnis sobat KasPin! Sudah dipercaya oleh 1.500.000+ UMKM di Indonesia.

Artikel Terkait

Kasir Pintar lazyload
Kasir Pintar

Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar

Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat

Download Sekarang

Lihat Brosur