Aplikasi Cuti Online: Solusi Modern untuk Manajemen Cuti Karyawan
Manajemen Stok & Karyawan | 25 Oktober 2024
Point of Sales / Manajemen Stok & Karyawan / Cara SEO Untuk Mendongkrak Sosial Media Dengan Cepat
14 Desember 2022 | marketing
Saat ini, mungkin kamu telah menyadari betapa pentingnya media sosial bagi bisnis dan bagaimana media sosial dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan, membantu menghasilkan konten berkualitas tinggi, dan bahkan mendorong penjualan online.
Tapi ada alasan besar lain mengapa kamu harus fokus pada media sosial, yakni SEO. Profil media sosial yang dioptimalkan dengan baik akan muncul lebih tinggi di hasil pencarian Google, meningkatkan reputasi merek dan sebagai bonus dapat mempertahankan profil sesuai dengan praktik terbaik SEO dalam membantu calon pelanggan menemukanmu melalui media sosial.
Coba Googling merek, toko, atau restoran lokal favoritmu. Kemungkinan salah satu hasil teratas adalah halaman Facebook, Twitter, atau Instagram mereka.
Mau tahu alasannya kenapa bisa begitu? Itu karena Google mengindeks beranda sosial ini, merayapinya selamanya dalam upaya membuat bisnismu lebih mudah ditemukan.
Ini adalah hasil dari beberapa praktik dasar SEO. Saat seseorang menelusuri bisnis mu, kamu ingin agar hasil teratas adalah halaman yang kamu kontrol—seperti situs web kamu kan?
Bagian sosial dari media sosial berasal dari melihat media sosial penting untuk SEO, seperti membuat profil tampil tinggi di peringkat mesin pencari. Seperti dengan SEO untuk situs web utama : kamu akan melakukannya melalui konten kaya kata kunci di halaman sosial media-mu.
Artinya, calon pelanggan yang menelusuri bisnis tidak hanya melihat satu tautan, tetapi banyak. Mereka dapat memilih di situs mana mereka ingin berinteraksi denganmu, dan mereka tidak melihat tautan yang tidak relevan atau pesaing di dekat bagian atas hasil penelusuran mereka
Inilah masalahnya: SEO media sosial bukan hanya tentang peringkat tinggi di Google.
Ketika pelanggan ingin mencari sesuatu, mereka sering mencari langsung di media sosial. Baik mereka mencari berita di Twitter, lokasi di Facebook, atau inspirasi di Pinterest, intinya adalah media sosial menjadi sumber informasi utama, oleh karena itu penting bagi merek untuk memiliki kehadiran media sosial yang kuat.
Bayangkan jika kamu sedang mencari sepasang sepatu kets baru. Kemudian kamu ketik di pencarian google "sepatu baru", dan dibombardir dengan iklan dan halaman perusahaan.
Tapi tidak satu pun dari tautan yang persis seperti yang kamu cari, jadi kamu mengeklik tab gambar. Tiba-tiba, dihadapkan pada jenis produk yang ada dalam pikiran. Tidak sulit untuk melihat mengapa semakin baik konten meida sosial, semakin tinggi gambar ditempatkan dan semakin besar kemungkinannya untuk dilihat.
Karena pelanggan mengubah cara mereka menelusuri produk, yang harus ada di mana saja. Dengan mempertahankan kehadiran media sosial yang kuat dan memastikan bahwa profil tetap up to date, kamu akan berada di posisi yang tepat untuk menarik perhatian mereka.
Jadi, apa arti SEO media sosial bagi kamu? Lebih dari segalanya, itu berarti bahwa jika kamu ingin orang menemukan bisnis secara online, profil sosial perlu dioptimalkan—seperti Google.
Kamu dapat memecah membangun strategi media sosial menjadi tiga langkah mudah :
Untuk pemaparan maksimum, penting bagimu untuk membuat profil sebanyak mungkin. Facebook dan Twitter adalah pilihan yang jelas, tetapi apakah Anda sudah mengoptimalkan halaman instagram-mu?
Semakin banyak profil yang kamu miliki, maka semakin besar peluang utnuk ditemukan. Masing-masing profil ini harus ditautkan kembali ke situs web utama, yang meningkatkan otoritas SEO secara keseluruhan.
Namun berhati-hatilah—setiap profil yang kamu buat perlu diperbarui secara konsisten untuk menguntungkan bisnis. Jangan menyiapkan lebih banyak profil daripada yang dapat kamu tangani secara realistis.
Profil yang diabaikan akan menjadi semakin tidak relevan, dan pada akhirnya tidak melakukan apa pun untukmu (dan mungkin bahkan memberikan kesan yang salah kepada pelanggan).
Kamu memerlukan halaman Facebook jika menginginkan akun bisnis di Instagram, karena kedua platform ini dimiliki oleh perusahaan yang sama, yakni Meta.
Mereka juga memiliki demografi dominan yang serupa, dengan rentang usia 25-34 tahun merupakan kelompok pengguna terbesar di kedua situs, menurut penelitian dari Sprout Social.
Facebook adalah tujuan umum untuk mencari informasi bisnis dan berkomunikasi dengan bisnis, sementara Instagram lebih banyak berada di sisi gaya hidup pengguna untuk mencari konten visual yang menginspirasi.
Twitter cenderung sedikit lebih muda dari Instagram dan Twitter, dengan kelompok pengguna terbesar berada di kisaran 18-29.
Percakapan di Twitter sangat cepat, dengan tag trending yang muncul dan menghilang dalam beberapa jam. Jika kamu cepat dan tanggap maka akan lebih mudah untuk dapat berpartisipasi dan mendapatkan eksposur untuk bisnis.
Beberapa pengguna mungkin memilih untuk berkomunikasi dengan bisnis melalui tweet daripada melalui Facebook, jadi jika kamu punya waktu, ada baiknya untuk tetap menggunakan profil Twitter dan Facebook.
Seberapa bagus hasil optimasi sosial media untuk SEO sangat tergantung dari bagaimana kamu menerapkannya, Berikut adalah cara yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan ranking SEO dengan sosial media :
Sebuah akun sosial media tidak akan artinya tanpa basis follower atau fanbase. Memiliki basis fans dengan jumlah banyak dan berkualitas tinggi akan mempengaruhi pencarian website kamu di mesin pencari.
Follower berkualitas tinggi disini adalah real follower atau follower yang benar- benar nyata di akun sosmed-mu, bukan dari bot dan yang lainnya, sehingga di dalam sosial media tersebut benar- benar ada interaksi secara real antara kamu (pemilik akun) dan follower-nya.
Dengan fanbase yang bagus dan berkualitas, maka akun sosmed akan memiliki engagement atau keterlibatan yang cukup bagus antar penggemar. Engangement ini bisa berarti likes, comment dan share jika di Facebook, retweet atau favorit di Twitter dan pemberian + di Google Plus.
Ketika engagement di akun sosmed bagus, berarti sosial media-mu memiliki social signal yang baik, maka mesin pencari dapat melihat dan menganalisa aktifitas tersebut.
Social signal ini adalah salah satu faktor yang sangat penting di era SEO modern ini. Semakin baik social signal, maka popularitas website akan semakin baik di mesin pencari.
Ketika membuat untuk akun sosial media, pikirkan lah konten yang disukai oleh fans-mu, bukan kamu. Sebagai inspirasi, kamu bisa sering- sering melihat newsfeed Anda dan melihat tipe- tipe postingan yang sering mereka bagikan.
Sambil menyajikan konten yang mereka sukai, sesekali keluarkan lah konten andalan yang membawa mereka ke website-mu. Membagikan konten website boleh semakin sering ketika fanbase sudah benar- benar terbentuk.
Biar bagaimana pun tujuan orang menggunakan akun sosial media adalah untuk bersosialisasi. Jadi jangan buru- buru mengajak mereka untuk datang ke website kamu untuk membeli produk yang kamu tawarkan sebelum kamu benar- benar cukup dekat dengan mereka.
Salah satu hal penting yang perlu diingat juga adalah untuk menyetting akun sosial media ke publik, bukan private. Di YouTube, Twitter, Instagram dan Pinterest, beberapa blogger kerap memilih untuk menggunakan private profil.
Sama halnya dengan Facebook, pastikan privasi kamu di setting untuk dapat dilihat semua orang, bukan hanya teman ( Friend ) atau hanya untukmu sendiri. Untuk dapat melihat setting, silahkan masuk ke ‘Setting’ ( Pengaturan ) >> ‘Privacy’.
Keyword bukan hanya penting untuk konten blog dan website, tapi juga untuk sosial media. Misanya di Pinterest, salah satu strategi bagus untuk mendapatkan rangking bagus di mesin pencari adalah dengan menggunakan kata kunci yang dibidik dalam Pin atau boards.
Sama halnya dengan channel YouTube, penemepatan kata kunci yang tepat akan membawa lebih banyak trafik ke channel video dan juga website sekaligus.
Hal yang sama juga berlaku untuk akun sosial media lainnya. Dengan menggunakan keyword yang dibidik, maka konten akan semakin mudah ditemukan, di semua platform sosial media yang kamu gunakan.
Sebagai catatan : penggunaan keyword ini bisa kamu gunakan langsung dalam deskripsi status atau sebagai hashtag ( # ).
Apakah kamu sedang memulai akun baru atau sudah memiliki akun untuk sementara waktu, kamu pasti ingin memastikan semua akun memiliki pengalaman pengguna dioptimalkan yang benar-benar memamerkan merek, bukan?
Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan :
Untuk memaksimalkan setiap algoritme situs dan juga untuk meningkatkan peluang bisnis-mu ditemukan, mungkin praktik ini bisa kamu terapkan :
1. Facebook
1 postingan sehari (paling banyak), keterlibatan akan menurun jika kamu memposting lebih dari dua kali sehari
2. Instagram
2 hingga 3 kali seminggu di feed (dengan saran tambahan 2 cerita sehari sebagai tambahan, meskipun tidak semua bisnis mengikuti kecepatan itu, bahkan pakar media sosial Hootsuite hanya memposting 2 hingga 3 cerita seminggu)
3. Twitter
1 hingga 2 tweet sehari, meskipun berpotensi lebih banyak jika audiens-mu merespons dengan baik
Nah kami yakin bahwa kamu sudah paham akan pemeringkatan SEO untuk sosial media ini, jika kamu membacanya dengan baik.
Setelah kamu mengetahui cara pemeringkatan SEO yang baik ini, seakarang saatnya untukmu mengenal dengan sebuah sistem POS yang dapat membantumu untuk berbagai hal dalam meningkatkan pendapatan bisnismu dengan baik.
Ya, Kasir Pintar solusinya. Apa kamu tau apa itu Kasir Pintar?
Kasir Pintar adalah sebuah aplikasi mobile Point of Sale yang dirancang khusus untuk membantu para pebisnis UMKM dalam menjalankan segala transaksi penjualan dengan simple, akurat dan ekonomis.
Kenapa Harus Kasir Pintar?
Aplikasi kasir terlengkap kelola semua kebutuhan bisnis sobat KasPin! Sudah dipercaya oleh 1.500.000+ UMKM di Indonesia.
Yuk download aplikasi Kasir Pintar sekarang juga dan dapatkan promo menariknya 👇
Artikel Terkait
Artikel Populer
Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar
Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat