Makna ‘For Sale’ : Istilah Dasar yang Wajib Dipahami oleh Pebisnis
Sales & Marketing | 10 Desember 2024
Insight Bisnis / Sales & Marketing / Ketahui Perbedaan Outbound dan Inbound Marketing!
19 April 2023 | marketing
Marketing adalah salah satu bagian penting dalam sebuah bisnis. Marketing bertujuan untuk menarik perhatian pelanggan dan meningkatkan penjualan produk atau jasa yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan.
Ada dua jenis marketing yang umum dilakukan oleh perusahaan, yaitu outbound marketing dan inbound marketing.
Meskipun keduanya bertujuan untuk meningkatkan penjualan, namun terdapat perbedaan yang signifikan antara keduanya.
Artikel ini akan membahas perbedaan antara outbound marketing dan inbound marketing.
Perbedaan antara outbound marketing dan inbound marketing dapat dilihat dari beberapa segi, di antaranya:
Outbound marketing menggunakan cara-cara yang cenderung intrusive untuk mencari perhatian konsumen, seperti iklan di televisi, radio, brosur, telemarketing, dan sejenisnya.
Sedangkan inbound marketing menggunakan cara-cara yang lebih ramah dan tidak mengganggu konsumen, seperti konten di media sosial, SEO, email marketing, dan sejenisnya.
Baca Juga: Perbedaan Digital Marketing dan Digital Selling, Ini Penjelasannya!
Outbound marketing lebih fokus pada promosi produk dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.
Sementara itu, inbound marketing lebih fokus pada memberikan informasi yang bermanfaat dan relevan kepada konsumen yang dapat membantu mereka dalam memecahkan masalah atau mencapai tujuan mereka.
Interaksi dalam outbound marketing cenderung satu arah, di mana perusahaan mencoba untuk mengirimkan pesan promosi mereka ke konsumen.
Sedangkan dalam inbound marketing, interaksi bersifat dua arah, di mana perusahaan dan konsumen saling berinteraksi untuk membangun hubungan yang lebih baik.
Outbound marketing cenderung membutuhkan biaya yang lebih besar, seperti biaya iklan, produksi materi promosi, dan sejenisnya.
Sedangkan inbound marketing membutuhkan biaya yang lebih rendah, seperti biaya produksi konten dan SEO.
Outbound marketing biasanya kurang efektif dalam menjangkau target pasar yang tepat, karena pesan promosi yang disampaikan tidak selalu relevan dengan kebutuhan konsumen.
Sedangkan inbound marketing lebih efektif dalam menjangkau target pasar yang tepat, karena konten yang disajikan dibuat berdasarkan kebutuhan dan minat konsumen.
Dari perbedaan-perbedaan di atas, terlihat bahwa inbound marketing memiliki pendekatan yang lebih ramah, fokus pada memberikan nilai kepada konsumen, lebih interaktif, dan lebih efektif dalam menjangkau target pasar yang tepat.
Meskipun demikian, outbound marketing tetap memiliki perannya sebagai salah satu strategi pemasaran yang dapat digunakan oleh perusahaan.
Baca Juga: Terapkan 3 Langkah Ini untuk Analisis Marketing Strategy!
Apa Itu Kasir Pintar?
Aplikasi Kasir Pintar adalah Mobile Point of Sales yang dirancang khusus untuk membantu para pebisnis UMKM dalam menjalankan segala transaksi penjualan dengan simple, akurat dan ekonomis.
Kenapa Harus Kasir Pintar?
- Aplikasi POS berbasis cloud yang khusus untuk UMKM
- Fitur aplikasi lengkap dan terintegritas satu sama lainnya
- Mendukung perkembangan usaha dengan penyajian data yang lengkap
- Tampilan aplikasi mudah dipelajari untuk orang yang pertama kali menggunakan
- Aplikasi selalu diupdate dan diperbaiki untuk layanan yang lebih baik
Aplikasi kasir terlengkap kelola semua kebutuhan bisnis sobat KasPin! Sudah dipercaya oleh 1.500.000+ UMKM di Indonesia.
Artikel Terkait
Artikel Populer
Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar
Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat