5 Keuntungan Menggunakan Aplikasi POS (Point Of Sales)

Membuka suatu bisnis tak lepas dari pencatatan transaksi yang kita lakukan dalam bisnis itu sendiri, sudah menjadi hal yang wajar bagi pebisnis untuk selalu teliti dalam menghitung setiap transaksi yang terjadi.

Dulu pengusaha konvensional menggunakan mesin kasir (cash register) untuk menjalankan proses penjualan. Di penghujung hari, ini dapat memberitahukan Anda apa saja yang telah dijual dan berapa banyak yang Anda telah ambil barangnya. Data ini kemudian secara manual ditransfer ke rekening atau daftar persediaan barang.

Tentu untuk saat ini efisiensi waktu sangat dibutuhkan demi kelancaran suatu bisnis, tak terkecuali untuk hal yang berkaitan dengan transaksi, karena transaksi adalah bagian terpenting dari sebuah bisnis itu sendiri, tanpa transaksi yang terkontrol bisnis itu akan amburadul dan tidak akan terkendali.

Kemunculan aplikasi POS berbasis android saat ini sangat membantu pebisnis dalam mengatur transaksi mereka, karena segala sesuatunya diatur dalam proses yang serba otomatis. Sistem POS (Point-of-Sale) seperi Kasir Pintar terpercaya penting bagi Anda sebagai seorang peritel bisnis kecil dan menengah, dan juga sebuah aplikasi POS dapat memberikan Anda untuk melakukan lebih dari proses pembelian pelanggan. Hal ini dapat mengefisienkan bisnis Anda dalam berbagai macam cara.

Pada akhirnya, titik yang bagus dari sistem penjualan dapat membebaskan waktu sehingga manajemen dan karyawan dapat fokus pada hal-hal yang lebih penting seperti layanan pelanggan dan keseimbangan kehidupan kerja.

Berikut ini beberapa keuntungan yang Anda bisa dapatkan dengan menjalankan Aplikasi POS (Point-of-Sale):

1. Meningkatkan kepercayaan

Sementara sistem POS menawarkan berbagai hal positif untuk pengelola atau direktur bisnis, mari kita pertama menjelajahi keuntungan yang ditawarkan untuk pengguna sistem utama ini (yaitu karyawan) yang akan memiliki kontak langsung baik dengan sistem dan pelanggan setiap hari.

Memang, itu cukup aman untuk mengatakan bahwa, sistem POS dapat meningkatkan kepercayaan pengguna dalam sejumlah cara. Misalnya, mereka tidak harus menghabiskan banyak waktu menghafal harga produk, atau secara manual memasukkan data dalam jumlah besar sebagaimana mereka lakukan pada mesin kasir biasa.

Hal ini akan memungkinkan mereka untuk menawarkan layanan pelanggan yang lebih baik, yang pada akhirnya dapat memberikan perusahaan Anda basis pelanggan lebih loyal, sederhananya karena kenyataan orang yang mereka layani sudah berbicara dengan ramah, tenang, menghadap.

Menggunakan sistem POS dengan scanner barcode secara signifikan akan mempercepat proses check-out. Ini memberi Anda kemampuan untuk mengenali pelanggan terbaik Anda dan menghargai mereka atas dukungan mereka. Hal ini dapat dengan mudah mengumpulkan data pelanggan (dari transaksi kartu kredit) yang dapat Anda gunakan untuk program iklan dan insentif yang ditargetkan.

Baca Juga : Bisnis Mantul di HUT Kemerdekaan RI

2. Mengurangi Tingkat Kesalahan

Aplikasi POS seperti Kasir Pintar berguna untuk mengurangi beberapa kesalahan yang terjadi seperti penginputan data dan hal lainya yang berkaitan dengan transaksidan pelaporanya. Dengan menggunakan aplikasi pos kita dapat meminimalisir kesalahan yang terjadi  baik itu dari missing input ataupun out put.

3. Meningkatkan efisiensi

Saat ini efisiensi waktu sangat dibutuhkan dalam bisniss, karena semakin banyak transaksi semakin cepat juga kebutuhan untuk penginputanya. Dengan menggunakan aplikasi POS kita bisa mendapatkan efisiensi waktu yang lebih tinggi, karena dengan proses ini user hanya tinggal menggunakan aplikasi yang serba otomatis, mudah dan cepat.

Mempercepat keseluruhan proses transaksi tidak hanya membuat hidup lebih mudah bagi staf, itu juga berarti omset lebih cepat, lebih efisien dan dengan potensi untuk lebih banyak pelanggan per jam, ini tentu akan membantu meningkatkan pendapatan perusahaan dalam jangka panjang .

4. Manajemen stok

Untuk bisnis yang menggunakan sistem 

Pendekatan secara tradisional untuk manajemen stok memerlukan pedagang untuk secara fisik meninjau tingkat stok mereka saat ini secara berkala. Tentu hal ini bisa menjadi proses yang memakan tenaga dan waktu, terutama untuk bisnis skala besar.

Titik modern sistem penjualan memungkinkan semua saham yang akan dipindai pada saat pengiriman dan dimasukkan ke dalam database digital. Oleh karena itu, pedagang dapat meninjau tingkat stok mereka secara keseluruhan dalam sekejap dan membuat keputusan pembelian yang sesuai akurat.

5. Pelacakan Karyawan

Kadang para pebisnis selalu was-was dengan kinerja dari karyawanya, karena terkadang si owner tidak selalu ada di tempat dan berpindah-pindah melakukan aktivitasnya. So dengan Aplikasi Kasir Pintar berbasis POS, kita bisa memantau kinerja karyawan, karena data akan otomatis terupload menuju cloud dan terhubung ke aplikasi pusat (owner)

 

Sudah merasa Aplikasi POS itu penting kan? Kamu bisa download Aplikasi Kasir Pintar Pro dengan fitur yang bisa membantu bisnis mu berkembang pesat. kamu juga bisa daatkan tambahan bonus jika melakukan referral ke orang terdekat mu cek ketentuanya disini