UKM Penggerak Sektor Ekonomi, Apa Alasanya?

Apakah bisnis kamu termasuk kategori UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah)? Ternyata UMKM memiliki peran yang sangat besar bagi perekonomian Negara Indonesia loh. Bahkan Pemerintah memandang penting terhadap pelaku UMKM, Pemerintah memberikan wadah khusus kepada UMKM di bawah Kementerian Koperasi dan UKM

Pemerintah memeberikan perhatian yang tinggi kepada UMKM tak lain sebagai wujud Pemerintah untuk mengangkat Ekonomi Rakyar Kecil, bahkan UKM mampu memberikan dampak yang sangat besar secara langsung terhadap kehidupan Masyarakat di sektor bawah.

Baca Juga : 5 Tips Sukses Bisnis tanpa Bantuan Investor

Berikut 3 peran UMKM yang sangat penting di dalam masyarakat kecil 

Memberikan devisa bagi negara

Saat ini UMKM tidak hanya mencangkup di lokal saja akan tetapi pangsa pasarnya bisa sampai skala Internasional. Tentu ini membuat peran UMKM sangat penting bagi pemasukan Negara dalam bentuk devisa

Data dari Kementerian Koperasi dan UKM menunjukkan tingginya devisa negara dari para pelaku UMKM. Angkanya pun sangat tinggi, mencapai Rp 88,45 miliar.

Sarana Mengentaskan Masyarakat Kemiskinan

Dengan adanya UMKM memberikan dampak terhadap tingginya angka penyerapan tenaga kerja, UMKM mampu memberikan opsi lapangan pekerjaan bagi masyarakat kecil dan menengah. Sehingga disini peran UMKM sangat penting sebagai sarana untuk mengentaskan Masyarakat kecil dari kemisikan.

Baca Juga : 5 Tips Mengatur Keuangan Untuk UKM

Hal ini terbukti dalam data milik Kementerian Koperasi dan UMKM tahun 2011. Disebutkan, lebih dari 55,2 juta unit UMKM mampu menyerap sekitar 101,7 juta orang. Angka tersebut meningkat menjadi sekitar 57,8 juta unit UMKM dengan jumlah tenaga kerja mencapai 114 juta orang.

Sarana untuk Pemerataan Tingkat Perekonomian Rakyat Kecil

UMKM juga memiliki peran yang sangat penting dalam pemerataan ekonomi masyarakat. Berbeda dengan perusahaan besar, UMKM memiliki lokasi di berbagai tempat. Termasuk di daerah yang jauh dari jangkauan perkembangan zaman sekalipun.

Keberadaan UMKM di 34 provinsi yang ada di Indonesia tersebut memperkecil jurang ekonomi antara yang miskin dengan kaya. Selain itu, masyarakat kecil tak perlu berbondong-bondong pergi ke kota untuk memperoleh penghidupan yang layak.

Dengan tiga peran yang dimilikinya tersebut, tidak salah jika para pelaku UMKM tak bisa dipandang sebelah mata.