UMKM Penggerak Sektor Ekonomi, Apa Alasanya?

Apakah bisnis kamu termasuk kategori UMKM? Ternyata kategori ini memiliki peran yang sangat besar bagi perekonomian Negara Indonesia loh. Bahkan Pemerintah memandang penting terhadap pelaku Usaha tersebut, Pemerintah memberikan wadah khusus di bawah Kementerian Koperasi dan UKM

Pemerintah memeberikan perhatian yang tinggi kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah tak lain sebagai wujud Pemerintah untuk mengangkat Ekonomi Rakyar Kecil, bahkan UKM mampu memberikan dampak yang sangat besar secara langsung terhadap kehidupan Masyarakat di sektor bawah.

Baca Juga : 5 Tips Sukses Bisnis tanpa Bantuan Investor

Berikut 3 peran Usaha UMKM yang sangat penting di dalam masyarakat kecil

Memberikan devisa bagi negara

Saat ini Usaha UMKM tidak hanya mencangkup di lokal saja akan tetapi pangsa pasarnya bisa sampai skala Internasional. Tentu ini membuat peran mereka sangat penting bagi pemasukan Negara dalam bentuk devisa

Data dari Kementerian Koperasi dan UKM menunjukkan tingginya devisa negara dari para pelaku Usaha UMKM. Angkanya pun sangat tinggi, mencapai Rp 88,45 miliar.

UMKM Sarana Mengentaskan Masyarakat Kemiskinan

Dengan adanya usaha kecil menengah memberikan dampak terhadap tingginya angka penyerapan tenaga kerja, Usaha UMKM mampu memberikan opsi lapangan pekerjaan bagi masyarakat kecil dan menengah. Sehingga disini peran Usaha UMKM sangat penting sebagai sarana untuk mengentaskan Masyarakat kecil dari kemisikan.

Baca Juga : 5 Tips Mengatur Keuangan Untuk UKM

Hal ini terbukti dalam data milik Kementerian Koperasi dan Usaha UMKM tahun 2011. Disebutkan, lebih dari 55,2 juta unit usaha mampu menyerap sekitar 101,7 juta orang. Angka tersebut meningkat menjadi sekitar 57,8 juta unit Usaha dengan jumlah tenaga kerja mencapai 114 juta orang.

Sarana untuk Pemerataan Tingkat Perekonomian Rakyat Kecil

mereka juga memiliki peran yang sangat penting dalam pemerataan ekonomi masyarakat. Berbeda dengan perusahaan besar, mereka memiliki lokasi di berbagai tempat. Termasuk di daerah yang jauh dari jangkauan perkembangan zaman sekalipun.

Keberadaan mereka di 34 provinsi yang ada di Indonesia tersebut memperkecil jurang ekonomi antara yang miskin dengan kaya. Selain itu, masyarakat kecil tak perlu berbondong-bondong pergi ke kota untuk memperoleh penghidupan yang layak.

Dengan tiga peran yang dimilikinya tersebut, tidak salah jika para pelaku Usaha UMKM tak bisa dipandang sebelah mata.

Dapatkan Promo Bedug Kasir Pintar sekarang juga
Klik Disini untuk info lebih lanjut

Baca juga artikel lainya :
  1. Permudah transaksi online dengan Olshopin Kasir Pintar
  2. Permudah Operasional Restoran dengan sistem online
  3. 5 Bisnis yang masih eksis di tengah wabah
  4. Menjadi pemimpin yang bisa diandalkan disaat krisis
  5. Konsep Mengatur Keuangan di tengah Wabah Corona
  6. Tips potong modal usaha untuk UMKM disaat wabah COVID-19

www.kasirpintar.co.id
Instagram : @kasirpintar
Facebook : Kasir Pintar